Marrin News

Dikukuhkan Wali Kota, Let-Let Pimpin Paskibraka Tual 2021

Para anggota Paskibraka Kota Tual 2001 bersama para pelatih berfoto bersama Wali Kota Adam Rahayaan, Wakil Wali Kota Usman Tamnge, Sekda Ahmad Yani Renuat dan Forkopimda usai upacara pengukuhan di Aula Balai Kota Tual, Senin (16/08/2021). Foto: Nick Renleuw

Pewarta: Nick Renleuw ||

Wali Kota Adam Rahayaan menggarisbawahi ikrar yang diucapkan Paskibraka sebagai panduan rasa nasionalisme dalam menyatakan kesetiaan kepada Ibu Pertiwi Bangsa Indonesia.

Tual, MARRINNEWS.com – Wali Kota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag., M.Si., mengukuhkan 9 (sembilan) orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Merah Putih yang akan bertugas pada 17 Agustus 2021 besok dalam upacara yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Tual.

Upacara pengukuhan Paskibraka Kota Tual 2021 dihadiri oleh Forkopimda Kota Tual bersama sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkot Tual dan berlangsung di Aula Balai Kota Tual, Senin (16/08/2021) sore.

Sebelum dikukuhkan oleh Wali Kota Tual, kesembilan Paskibraka yang dipimpin Julia Ivanka Let-Let mengucapkan ikrarnya. Pengucapan Ikrar Paskibraka dipandu oleh Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah (Kabag Prokopim Setda) Kota Tual, Mochsen Ohoiyuf.

Sesudah berikrar, Wali Kota Tual kemudian mengukuhkan kesembilan Paskibraka Kota Tual dengan menyematkan lencana dan sejumlah aksesoris pendukung Paskibraka lainnya. Adapun kesembilan anggota Paskibraka Kota Tual dimaksud adalah sebagai berikut:

  1.        Julia Ivanka Let-Let dari SMK           Kesehatan Romel
  2.      Nazwa Indah Attarini Putri dari SMA Negeri 1
  3.       Abd. Lurah Banyal dari SMA Negeri 1
  4.       Ariel A. Saroinsong dari SMA Negeri 1I
  5.       Ibnu Hisyam dari SMA Negeri 1 
  6.       Fernando Rahakbauw dari SMA Negeri 5
  7.       Lamusa Bannyal dari SMK Pelayaran Bahari NusantaraR
  8.       Rosmalia Basri dari SMA Terpadu Al-Ikhlas
  9.       Nizar Sether dari SMA Negeri 4

Amanat Wali Kota

Dalam amanatnya, Wali Kota Adam Rahayaan menggarisbawahi ikrar yang diucapkan Paskibraka sebagai panduan rasa nasionalisme dalam menyatakan kesetiaan kepada Ibu Pertiwi Bangsa Indonesia.

Wali Kota juga menyampaikan terima kasih kepada para pelatih dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) yang sudah setia melatih dan membimbing kesembilan anggota Paskibraka. Ucapan yang sama ia sampaikan kepada para orang tua yang telah turut memberi dukungan.

“Banyak ilmu yang ade-ade dapatkan, mudah-mudahan itu menjadi pegangan dan suatu waktu nanti menjadi kenangan dan pasti teringat kalau sekolah kuliah sampai sukses menyandang sarjana, suatu waktu jadi kenangan manis bagi ade-ade,” ujar Wali Kota.

Rahayaan mengungkapkan, para personil Paskibraka telah melewati seleksi dari tingkat sekolah dan terpilih menjadi yang terbaik. Ia menyatakan, menjadi Paskibraka juga merupakan modal apabila kelak ingin mengabdi sebagai TNI/Polri.

“Insya Allah itu (menjadi TNI/Polri) bisa sangat mudah. Saya bicara ini karena memang pengalaman. Dan itu kenyataan membuktikan ada ade-ade yang dulu terpilih menjadi Paskibraka se-Kota Tual dan dia lolos baik itu di TNI maupun Polri,” paparnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, menjadi Paskibraka merupakan sebuah pengalaman yang langka dan berharga karena tidak semua anak punya kesempatan untuk mengalaminya.

“Mudah-mudahan saja nanti besok semua konsentrasi terarah pada puncak pelaksanaan 17 Agustus detik-detik proklamasi esok supaya jangan sampai ada yang salah dan tanpa kekurangan apa pun,” pungkasnya.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar