Marrin News

Bupati Thaher Kukuhkan 34 Anggota Paskibraka Maluku Tenggara 2021

Anggota Paskibraka Maluku Tenggara berpose bersama Bupati Muhamad Thaher Hanubun dan jajaran Pimpinan Forkopimda usai acara pengukuhan di Aula Kantor Bupati Maluku Tenggara, Senin (16/8/2021) pagi. Foto: Beranda FB CL. 

Reporter: Ghege Ngamel ||

Langgur, MARRINNEWS.com - Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun mengukuhkan 34 pelajar untuk menjadi anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) pada upacara peringatan kemerdekaan Indonesia ke 76 nanti.

Pengukuhan digelar di aula Kantor Bupati Maluku Tenggara, Senin (16/8/2021). Pengukuhan berlangsung khidmat.

Ada prosesi yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Para paskibraka tahun ini adalah pertama yang bertugas di masa pandemi COVID-19 setelah tahun 2020 lalu, kegiatan serupa ditiadakan akibat pandemi yang baru masuk ke Indonesia.

Lantas, pada tahun ini seluruh anggota paskibraka menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Meski demikian, suasana tetap berlangsung khidmat dan haru. Terutama saat mereka mengucapkan ikrar Putra Indonesia dan saat melakukan prosesi mencium sang saka merah putih sambil diiringi lagu 'Padamu Negeri'. Tak sedikit yang terlihat berkaca-kaca.

Usai mengukuhkan ke 34 Paskibraka ini, orang nomor satu di bumi Larwul Ngabal itu mengucapkan selamat.

“Selamat kepada anak-anakku anggota Paskibraka yang baru saja dikuhkuhkan, semoga kalian senantiasa diberikan kekuatan untuk mengemban amanah dan tugas ini dengan baik,” ujar Thaher.

Bupati menyebut, mendapatkan kepercayaan untuk mengibarkan sang saka merah putih pada peringatan HUT RI adalah suatu kebanggaan tersendiri.

Hal itu, kata Thaher bahwa karena banyak pemuda berkeinginan untuk menjadi anggota Paskibraka. Namun tak semua pemuda memiliki kesempatan yang sama karena penetapan anggota Paskibraka dilakukan melalui tahapan seleksi ketat.

Ia meyakini dengan ada adanya masa pelatihan selama kurang lebih 30 hari lamanya, ke-34 anggota Paskibraka Maluku Tenggara dapat menunaikan tugas dan tanggung jawab yang diembani dengan baik.

“Pada saatnya nanti semua mata akan memandang kesungguhan dan darmabahkti yang ditunjukan. Karena khimat atau tidaknya upacara nanti sangatlah ditentukan oleh keseriusan dan kesiapan menjalankan tugas, termasuk sinergi derap langkah pasukan,” imbuhnya.

“Saudara-saudara yang mewakili seluruh pemuda Maluku Tenggara, dipundak saudara tergambar tanggung jawab dan komitmen untuk meneruskan perjuangan pendahulu untuk membangun bangsa dan daerah,” tegas dia.

Bupati Thaher menyampaikan apresiasi kepada ke 34 anggota Paskibraka. Ia mengklaim kebanggaan dan penghargaan itu patut diterima ke 34 anggota Paskibra Malra.

“Ini adalah pengalaman saudara yang tidak dimiliki pemuda lain. Meski ditengah pandemi Covid-19, saudara (anggota Paskibra, red) dapat berlatih dengan baik. Semoga amanah,” pungkas Thaher.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar