Marrin News

Apresiasi Pemkot Tual, Pattiwael: Pos Rayon SS Untuk Masyarakat

Marrin News
Kapolres Tual AKBP Afaris Pattiwael S.I.K., MH saat berada di Pos Rayon SS Polres Tual

Pewarta: Nick Renleuw

Dengan komitmen dan kerja sama dalam pembangunan Pos Rayon SS, Pemkot Tual bukan terutama membantu Polres Tual melainkan membantu masyarakat sekitar dalam mewujudkan keamanan di lingkungannya.

Tual, Marrinnews.com – Kapolres Tual, AKBP Alfaris Pattiwael, S.I.K, M.H., meresmikan Pos Rayon SS Polres Tual yang berlokasi di perempatan Un Wartel, Senin (02/08/2021). Keberadaan pos polisi dimaksud bisa terwujud berkat kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tual.

“Ini namanya Pos Rayon SS, mudah-mudahan pos ini bisa menjadi wahana kita untuk menjaga Kamtibmas dan berusaha untuk bersama-sama dengan masyarakat untuk kita menjaga wilayah kita tetap aman terlebih di daerah ini yang memang beberapa kali terjadi kejadian di sini,” ungkap Kapolres dalam sambutannya.

Pos Rayon SS Polres yang berlokasi diperempatan Un wartel Tual.

Cegah Potensi Konflik

Kapolres Tual menjelaskan, Pos Rayon SS awalnya hanya berupa tenda yang sering dibongkar pasang. Keberadaannya bermula dari sejumlah permasalahan kamtibmas yang sering terjadi di kawasan Un Wartel.

“Kita tahu bersama pernah ada permasalahan kelam antara basudara dorang di Un sama yang di Taar ya. Itu permasalahan lama, sudah puluhan tahun. Tapi terakhir pada bulan Maret tahun kemarin itu menurut saya cukup besar yang kita bisa selesaikan saat ini puji Tuhan alhamdulillah aman sampai saat ini,” bebernya.

Meski demikian, ia merasa berkewajiban untuk mendirikan satu pos permanen demi menjamin keamanan sehingga bisa mencegah dan tidak ada lagi permasalahan-permasalahan lanjutan. Atas bantuan pemerintah daerah, keberadaan gedung permanen Pos Rayon SS akhirnya bisa terwujud.

“Dan selanjutnya pos ini nanti dikehendaki untuk menjadi Pos Rayon yang memang 24 jam, bekerja polisi 24 jam di daerah ini, di pos ini,” paparnya.

Menurutnya, pemilihan nama Pos Rayon SS sendiri sengaja tidak menyertakan nama lokasi tertentu demi mencegah munculnya stigma negatif terkait permasalahan-permasalahan yang pernah terjadi.

Foto bersama usai diresmikan

Apresiasi Pemkot Tual

Lebih lanjut Pattiwael mengungkapkan, keberadaan Pos Rayon SS merupakan komitmen bersama Polres Tual dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tual untuk menjaga kamtibmas. Oleh karena itu, secara khusus ia mengapresiasi Wali Kota Tual yang sudah mau membantu mewujudkan keberadaan pos polisi dimaksud.

Menurutnya, dengan komitmen dan kerja sama dalam pembangunan Pos Rayon SS, Pemkot Tual bukan terutama membantu Polres Tual melainkan membantu masyarakat sekitar dalam mewujudkan keamanan di lingkungannya.

“Jadi saya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini Pak Wali Kota yang sudah mendukung karena memang komitmen kita untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di sini,” ungkapnya tulus.

Tidak lupa, Kapolres Pattiwael menitipkan pesan kepada awak media agar turut membantu pihak kepolisian dalam hal memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan upaya untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban.

“Sekali lagi saya sampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya buat kita semua,” pungkasnya.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar