Marrin News

UPDATE: Kasus COVID-19 di Maluku Tenggara Capai 289

Sumber foto ilustrasi: Tempo.co

Reporter: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

LANGGUR, MARRINNEWS.com – Tingkat penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara, dalam kurun waktu dua hari terakhir ini mengalami peningkatan signifikan.

Berdasarkan data Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara pada Rabu (7/7/2021) sore, terjadi penambahan 35 kasus baru COVID-19 dalam 24 jam terakhir.

Dengan begitu, jumlah pasien di Maluku Tenggara yang terjangkit COVID-19 kini berjumlah 289 orang, terhitung sejak diumumkan pada Maret 2020.

Demikian informasi yang diterima Marrinnews.com dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Maluku Tenggara.

Tim Gustu menyebut untuk periode Kamis (8/7/2021), belum ada penambahan kasus baru.

Pasien Sembuh dan Meninggal

Selain itu, data yang sama juga menunjukan adanya penambahan pasien yang sembuh sebanyak 1 orang. Dengan begitu, jumlah pasien sembuh mencapai 234 orang.

Dalam periode yang sama juga, tercatat ada penambahan satu pasien tutup usia akibat COVID-19. Dengan demikian, pasien yang meninggal dunia akibat virus corona di Maluku Tenggara kini berjumlah 10 orang.

Adapun 26 orang menjalani isolasi mandiri. Sementara yang dirawat di RSUD Karel Sadsuitubun sebanyak 19 orang.

Dari jumlah yang dirawat pada RSUD, terdapat 4 orang asal Kota Tual dan 15 orang lainnya adalah warga Maluku Tenggara. Selanjutnya, sebanyak 4 orang ditempatkan di gedung karantina terpusat Ngilngof.

Dengan update data tersebut, kasus aktif virus corona disease 2019 di Kabupaten Maluku Tenggara kini berjumlah 45 orang.

Kasus aktif adalah jumlah pasien positif Covid-19 yang masih menjalani perawatan di rumah sakit atau isolasi mandiri.

Sebelumnya, berdasarkan laporan data periode Senin (5/7/2021) menunjukan jumlah pasien terkonfirmasi sebanyak 256 orang. Sembuh  233 orang, dan meninggal dunia 9 orang.

Sementara jumlah kasus aktif 13 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 5 orang (3 Warga Malra dan 2 warga Kota Tual) dirawat di RSUD Karel Sadsuitubun Langgur.

Sedangkan yang menjalani isolasi mandiri 7 orang, karantina terpusat Ngilngof 4 orang.

Angka Penyebaran

Sesuai grafik penyebaran virus corona yang dirilis Pemerintah daerah, periode Rabu (7/7/2021) kasus terkonfirmasi COVID-19 saat ini sudah tercatat di 11 ohoi atau desa yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara.

Dari jumlah terkonfirmasi di 11 wilayah itu, Pemerintah juga telah menetapkan status zona masing-masing. Diantaranya, Ohoi Ohoidertutu-Kecamatan Kei Kecil Barat 1 orang, berstatus zona kuning.

Untuk wilayah Kecamatan Kei Kecil, yakni Ohoi Wearlililir 4 orang (zona orange), Ohoi Kolser 1 orang (zona kuning), Ohoi Langgur 14 orang (zona merah), Ohoi Ohoidertawun 1 orang (zona kuning)

Selanjutnya di Kelurahan Ohoijang dan Watdek, yakni Ohoi Ohoijang sebanyak 7 orang (zona merah), Ohoi Perumnas 6 orang (zona merah), Ohoi Watdek 2 orang (zona kuning).

Kecamatan Menyeu, yakni Ohoi Ngilngof 1 orang (zona kuning), Ohoi Rumadian 3 orang (zona orange). Dan untuk Kecamatan Kei Besar, Ohoi Elat 1 orang (zona kuning).

Dari data penyebaran tersebut, ini berarti penularan virus corona sudah terjadi di lebih dari 1,74 persen wilayah Maluku Tenggara.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar