Marrin News

Umat Muslim Malra Diizinkan Ikut Shalat Idul Adha di Masjid

Ilustrasi. Sumber foto: Detik.com

Reporter: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

LANGGUR, MARRINNEWS.com – Perkembangan sebaran wabah Covid-19 secara nasional dan khususnya di Kabupaten Maluku Tenggara, masih menunjukan adanya trend peningkatan kasus.

Ditengah kondisi tersebut, pelaksanaan Shalat Idul Adha 1442 H/2021 M di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara akan tetap berlangsung secara berjamaah di Masjid-Masjid.

Kebijakan ini merupakan hasil keputusan bersama dalam rapat koordinasi Pemerintah daerah dengan Ketua FKUB, Ketua MUI, Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama dan Ketua PHBI serta Forkopimda Kabupaten Maluku Tenggara.

Demikian disampaikan Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun dalam keterangan pers yang diterima Marrinnews.com, Senin (19/7/2021) sore.

“Masyarakat Maluku Tenggara dibolehkan melakukan Shalat Idul Adha secara berjamaah di masjid-masjid dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19,” jelas Thaher Hanubun.

Bupati meminta masyarakat untuk tidak melakukan takbir keliling dengan berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan.

Ketetapan lainnya, lanjut kata Thaher bahwa malam takbiran dan Shalat Idul Adha hanya dapat diikuti oleh Jemaah berusia 17-59 tahun.

Selain itu, jamaah yang akan melakukan shalat di masjid harus berada dalam kondisi sehat, tidak sedang menjalani isolasi mandiri, tidak sedang dalam kondisi hamil atau menyusui serta tidak baru kembali dari perjalanan luar kota.

“Masjid yang akan menyelenggarakan shalat Idul Adha wajib menyediakan alat pengukur suhu tubuh (thermogun), hand sanitizer dan sarana mencuci tangan,”

“Jumlah jamaah yang dapat masuk ke dalam masjid dibatasi hanya 30% dari kapasitas dan diusahakan agar jarak antar shaf dan antar jamaah minimal 1,5 meter,” imbuhnya.

Bupati meminta juga pihak masjid yang akan menyelenggarakan Shalat Idul Adha agar hanya membuka 1 pintu masuk bagi jamaah yang akan melaksanakan shalat.

Kepada para Camat dan Kepala Ohoi, Bupati menginstruksikan juga untuk mengkoordinir serta memantau pelaksanaan Shalat Idul Adha di wilayahnya masing-masing serta berkoordinasi TNI/Polri.

Sementara itu, untuk mencegah meningkatnya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Maluku Tenggara, Bupati menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19 yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan serta membatasi mobilitas.

“Bagi masyarakat yang merasakan adanya gangguan kesehatan mohon agar berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mendapatkan pelayanan kesehatan”

“Bagi masyarakat yang telah dinyatakan positif berdasarkan hasil test antigen atau PCR dan sementara menjalani isolasi mandiri, dianjurkan untuk tetap berada di dalam rumah dan berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” pungkas Thaher.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar