Marrin News

Sasaran Vaksinasi di Kecamatan KKB Capai 37,5 Persen

Pelaksanaan Vaksinasi di Ohoi Somlain, Jumat (9/7/2021). Tampak berdiri; Bupati Maluku Tenggara (kiri) bersama Kapolsek Kei Kecil Barat (tengah) dan Bhabinkamtibmas (kanan) menyaksikan langsung penyuntikan vaksin terhadap Kepala Ohoi Somlain Andreas Ngamel. Sumber foto: Ghege

Reporter: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

LANGGUR, MARRINNEWS.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara melalui Puskesmas Ohoira melakukan percepatan vaksinasi tahap II bagi pekerja publik dan lansia di sejumlah Ohoi atau desa di Kecamatan Kei Kecil Barat.

Penanggung jawab Vaksinator dr. Jasmine Hatane mengatakan, tahapan vaksinasi terhadap pekerja publik dan lansia di wilayah Kecamatan Kei Kecil Barat telah dilaksanakan sejak 28 Juni 2021 lalu.

Selama kurang lebih dua minggu itu, sebut Jasmine, vaksinasi sudah menyasar ke lima ohoi atau desa.

“Ohoi Somlain merupakan ohoi kelima pelaksanaan vaksinasi. Sebelumnya, sudah kami lakukan di Ohoi Ohoira, Madwaer, Ohoidertom dan Yatwav,” kata Jasmine kepada Wartawan di sela-sela kegiatan vaksinasi di Ohoi Somlain, Jumat (9/7/2021).

Menurut Jasmine, penyuntikan vaksin di tiap ohoi berlangsung selama dua hari. Hal ini dilakukan agar layanan vaksinasi dapat terpenuhi.

“Satu ohoi, dua hari kegiatan. Supaya misalnya ada yang tunda, bisa datang kembali di hari kedua. Karena setelah dua hari dari ohoi Somlain, misalnya, kami langsung bergerak pindah ke ohoi yang lain,” tutur dia.

Lebih lanjut, kata Jasmine, vaksinasi untuk wilayah pulau seperti Ohoi Tanimbar Key, Ur Pulau dan Warbal baru akan dilaksanakan setelah cakupan layanan di wilayah daratan terpenuhi.

Sementara itu, Jasmine mengungkapkan total target vaksinasi yang diberikan pihak Dinas Kesehatan untuk 7 Ohoi di wilayah daratan Kecamatan KKB mencapai 884 sasaran.

“Untuk 3 Ohoi di wilayah pulau, belum diberikan targetnya karena harus menunggu yang di daratan selesai,” imbuhnya.

Ia merincikan, jumlah sasaran yang telah menerima suntikan vaksin di Ohoi Ohoira sebanyak 180 orang. Sedangkan di Ohoi Ohoidertom sebanyak 50 orang, Madwaer 50 orang Yatwav 20 orang.

Sementara di Ohoi Somlain, tercatat hingga Jumat (9/7) sore, sebanyak 32 orang. Dari jumlah tersebut capaian sasaran vaksinasi untuk 7 Ohoi daratan di Kecamatan KKB mencapai 332 orang atau 37,5 persen.

“Sekitar 60-70 persen masyarakat antusias untuk menerima vaksin. Tapi ada juga yang masih merasa ragu karena terkecoh dengan informasi hoax tentang vaksinasi,” tutur Jasmine

Jasmine memastikan ketersedian vaksin masih terpenuhi sesuai target yang ditetapkan. Vaksin yang digunakan adalah Sinovac.

“Sejauh ini jatah vaksin untuk wilayah Kecamatan KKB masih tersedia dan mencukupi. Vaksin yang diperuntukan bagi tiap Ohoi juga diberikan sesuai jumlah sasaran yang terdata,” tandas Jasmine.

Untuk diketahui, pelaksanaan vaksinasi di Ohoi Somlain pada Jumat (9/7/) kemarin disaksikan langsung Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar