Marrin News

Lanal dan Pemkot Siap Gelar Serbuan Vaksin Maritim di Pelabuhan Tual

Baliho Serbuan Vaksin Maritim di Pelabuhan Tual

Pewarta: Nick Renleuw

“Dan yang terpenting adalah, masyarakat Kei dapat membentuk lingkaran kekebalan (herd immunity) untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 di Bumi Hukum Larvul Ngabal.” – Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Wisnawa, M. Tr (Hanla) (Danlanal Tual)

Tual, Marrinnews.com – Pangkalan TNI AL (Lanal) Tual bekerja sama dengan Pemkot Tual akan menggelar vaksinasi massal di lokasi Pelabuhan Tual pada hari Selasa tanggal 6 Juli 2021. Kegiatan dilakukan dalam rangka menyukseskan Pekan Serbuan Vaksin Nasional Covid-19 TNI AL Peduli Masyarakat Pesisir dan Nelayan.

Komandan Lanal (Danlanal) Tual, Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Wisnawa, M. Tr (Hanla) menegaskan bahwa pelaksanaan program ini bukan semata-mata hanya untuk mengejar target vaksinasi dari pemerintah pusat dan kesatuan TNI AL.

“Tetapi kami bekerja untuk masyarakat, salah satunya melindungi masyarakat dari virus corona dengan melakukan vaksinasi ke orang per orang yang belum divaksin, agar lingkaran kekebalan dapat terbentuk pada lingkungan masyarakat," ungkap Danlanal Tual sebagaimana dilansir dari rri.co.id, Sabtu (03/07/2021).

Menurut Danlanal, Pelabuhan Tual dipilih sebagai lokasi pelaksanaan vaksinasi karena merupakan salah satu pusat mobilisasi masyarakat. Dengan vaksinasi di Pelabuhan Tual, diharapkan masyarakat yang masuk maupun keluar daerah tidak ikut membawa dan menyebarkan virus Covid-19. Pihaknya menargetkan sasaran penerima vaksin sebanyak 500 orang.

Harapan Herd Immunity

Sebelumnya, Lanal Tual bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara telah menggelar kegiatan serupa di Kampung Bahari Nusantara, Desa Dian Darat. Pelaksanaan serbuan vaksin maritim dimaksud bahkan melampaui target kuota penerima sasaran.

Danlanal Tual mengungkapkan, keberhasilan serbuan vaksin maritim di Desa Dian Darat telah menjadi motivasi tersendiri bagi pihaknya. Oleh karena itu, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Tual dan Kabupaten Malra, Lanal Tual telah menyiapkan sejumlah titik lain pelaksanaan serbuan vaksin maritim.

Selain lokasi Pelabuhan Tual, serbuan vaksin maritim juga akan digelar di Pelabuhan Debut dan Pelabuhan Uf Mar. Kedua pelabuhan terakhir juga dipilih sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan karena merupakan pusat berkumpulnya warga dari beberapa desa terdekat. Hal ini cocok dengan target Lanal Tual untuk menyasar sebanyak mungkin masyarakat Kei.

Danlanal berharap, dengan kerja sama dan kerja tanggap pelayanan antara Lanal Tual dan pemerintah kedua daerah kepada masyarakat, target pemerintah pusat dan Presiden Republik Indonesia terkait program serbuan vaksinasi 1 juta orang perhari dapat terpenuhi secepatnya.

“Dan yang terpenting adalah, masyarakat Kei dapat membentuk lingkaran kekebalan (herd immunity) untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 di Bumi Hukum Larvul Ngabal,” paparnya.

Imbauan Terkait Vaksinasi Anak

Lebih lanjut Danlanal juga turut menyosialisasikan pelaksanaan vaksinasi untuk anak-anak usia 12-17 tahun. Saat ini vaksin untuk anak memang belum tersedia dalam Serbuan Vaksin Maritim yang turut digelar pihaknya di Kepulauan Kei. Tetapi sesuai dengan arahan dari pusat, lanjutnya Pemerintah Indonesia sudah meluncurkan vaksin untuk anak-anak.

Batas usia 12-17 tahun juga sudah sesuai dengan syarat, ketentuan dan peruntukkan vaksin dari pemerintah pusat. Apalagi, lanjutnya, pelaksanaan vaksinasi untuk anak di Kota Tual nantinya akan diawasi langsung oleh Dinas Kesehatan serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk meyakinkan masyarakat, Danlanal bahkan akan mengikutsertakan anak kandungnya yang baru berusia 12 tahun pada saat pelaksanaan vaksinasi untuk anak. Aksi ini merupakan salah satu wujud pembuktiannya kepada masyarakat bahwa Vaksin Sinovac sangat aman digunakan untuk anak-anak.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada orang tua agar turut mengedukasi anak-anaknya yang berusia 12-17 tahun tentang pentingnya vaksinasi. Ia bahkan mengajak orang tua untuk turut memboyong anaknya dalam pelaksanaan vaksinasi untuk anak pada saatnya nanti.


 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar