Marrin News

Bertambah Lagi! Total 11 Staf Puskesmas Tual Terpapar Covid-19

Marrin News
dr Rifai Kabalmay dan La Sidi tenaga kesehatan yang bertugas menangani pasien covid di Hotel Anugrah beberapa waktu lalu

Pewarta: Nick Renleuw

“Tren peningkatan kasus Covid-19 bukan hanya terjadi di Jawa saja tapi di Tual hal itu juga terjadi. Olehnya itu, kita harus lebih waspada dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan dan lakukan vaksinasi sebagai upaya pencegahan kita.” – dr. dr. Muhamad Rivai Kabalmay (Kepala Puskesmas Tual)

Tual, Marrinnews.com – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kota Tual hari ini, Selasa (06/07/2021) resmi menutup pelayanan sementara kepada masyarakat. Penutupan layanan ini akan berlangsung selama 3 hari ke depan hingga Kamis tanggal 08/07/2021) nanti.

“Karena berdasarkan hasil pemeriksaan rapid antigen di mana ada 8 staf yang hasilnya positif,” demikian konfirmasi langsung Kepala Puskesmas Tual, dr. Muhamad Rivai Kabalmay kepada Marrinnews.com, Selasa (06/07/2021) pagi.

Sekitar pukul 15:41 sore ini, Dokter Rivai menyampaikan kabar terbaru bahwa jumlah staf Puskesmas Tual yang terpapar Covid-19 bertambah 3 orang. Secara keseluruhan, sudah 11 staf Puskesmas Tual yang terpapar Covid-19 berdasarkan pemeriksaan antigen.

“Hari ini baru tambah lagi 3 staf yang positif,” tulis Dokter Rivai dalam pesan singkatnya kepada Marrinnews.com, sore ini.

Kabalmay menjelaskan, layanan Puskesmas Tual harus ditutup sementara guna melakukan penyempotan disinfektan di gedung Puskesmas serta testing lanjutan dan tracking atau pelacakan kontak aktif terhadap mereka yang terpapar Covid-19. Penutupan sudah sesuai dengan arahan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Plt. Kadinkes) Kota Tual, drg. Maxie TInggogoy

Tracking ini kita lakukan karena ada beberapa staf yang sakit dengan keluhan khas Covid-19 yaitu hilang fungsi penciuman dan rasa, ditambah lagi dengan ada banyaknya pelaku perjalanan yang positif juga,” jelasnya.

Lebih lanjut Dokter Rivai menjelaskan, sebagai tindak lanjut pemeriksaan antigen kemarin, sejak pukul 10.00 WIT tadi pagi di RSUD Maren, sudah dilakukan pemeriksaan swab PCR sebagai gold standard bagi ke-8 staf Puskesmas Tual. Pemeriksaan yang sama akan dilakukan kepada ke-3 staf lainnya. Saat ini, lanjutnya, semua staf yang positif sudah lakukan isolasi mandiri.

“Tren peningkatan kasus Covid-19 bukan hanya terjadi di Jawa saja tapi di Tual hal itu juga terjadi. Olehnya itu, kita harus lebih waspada dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan dan lakukan vaksinasi sebagai upaya pencegahan kita,” himbaunya.


Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar