Marrin News

Bupati Thaher Kawal Penyaluran Bansos Tunai dan Beras CBP

Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun melihat kualitas beras bansos yang masih berada dalam mobil truck. Sumber foto: Ghege. 

Reporter: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

LANGGUR, MARRINNEWS.com – Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun gencar melakukan pendampingan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) dan bantuan beras yang bersumber dari cadangan beras pemerintah (CBP) kepada keluarga penerima manfaat di daerah setempat. Hal ini dilakukan agar penyaluran bansos tepat sasaran.

Pendampingan tersebut telah dilakukan sejak bansos mulai disalurkan, pada Selasa (27/7/2021) hingga Kamis (29/7/2021) kemarin di wilayah Kecamatan Kei Kecil Timur.

Sesuai jadwal, orang nomor satu di Bumi Larwul Ngabal ini akan kembali mengawal dan melakukan pengawasan pada wilayah Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan dan Kei Kecil Barat, Jumat (30/7/2021) pagi ini.

Thaher mengatakan, pengawasan ini dilakukan guna dapat melihat dan memastikan langsung hambatan penyaluran, ketepatan sasaran, ketepatan jumlah, ketepatan kualitas, dan ketepatan waktu.

“Saya harus memastikan bansos ini tersalurkan sebagaimana mestinya. Untuk itu, saya pastikan juga bahwa saya akan mengawasi penyaluran bantuan ini hingga selesai,” kata Thaher kepada Wartawan di Langgur.

Sejauh ini, penyaluran bantuan beras CBP PPKM dan bansos tunai sudah menyasar kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah Kecamatan Kei Kecil dan Kecil Timur.

Untuk wilayah Kei Kecil, khususnya jumlah penerima di Ohoi Langgur sebanyak 856, terdiri dari penerima BST 557 dan 279 KPM program PKH. Sementara KPM di 9 Ohoi lainnya di wilayah Kecil juga sudah menerima bantuan tersebut, ditandai dengan penyaluran kepada 19 perwakilan yang dipusatkan di Balai Ohoi Faan.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Kei Kecil Timur sebanyak 921 keluarga, yang terdiri dari penerima PKH sebanyak 409 KPM dan penerima BST 512 KPM.

Lebih lanjut, Thaher menekankan para Camat dan Kepala Ohoi untuk tidak menghambat penyaluran bantuan beras maupun bantuan tunai.

“Begitu bantuan sudah disalurkan ke Kecamatan, Camat dan Kepala Ohoi harus langsung meneruskannya ke penerima yang berhak. Jangan ditumpuk dalam ruangan kantor camat atau desa. Saya tidak mau dengar ada keluhan dari masyarakat terkait hal itu. Jadi sekali lagi, jangan ditumpuk, beras tiba hari itu, hari itu juga langsung dibagikan,” ujar dia.

Bupati menyatakan, akan menindak tegas Camat dan Kepala Ohoi yang menghambat proses penyaluran bansos. Ia juga meminta kepada masyarakat untuk melaporkan langsung apabila ditemukan hal-hal yang tidak berkenan dalam penyaluran bantuan sosial.

“Masyarakat jangan sungkan untuk melaporkan langsung kepada saya, apabila ada kendala yang ditemui. Handpone saya selalu aktif 24 jam, telepon atau SMS saya,  akan saya tindak lanjuti,” imbuhnya.

Bupati Maluku Tenggara M Thaher Hanubun menyerahkan langsung bansos beras dan bantuan tunai kepada KPM di wilayah Kecamatan Kei Kecil Timur, Kamis (29/7/2021). Sumber foto: Ghege. 

Dalam pengawasan tersebut, Bupati Thaher berkesempatan langsung menyerahkan bantuan tunai dan beras CBP kepada para KPM di kedua kecamatan. 

Tampak keluarga penerima sangat antusias menerima bansos. Tak luput, mereka menyampaikan Terima kasih kepada Kemensos dan pemerintah daerah Maluku Tenggara, dalam hal ini Bupati yang telah mengawasi langsung proses penyaluran. 

"Terima kasih atas bantuan ini, tentunya bantuan ini sangat membantu kami. Terima kasih juga kepada bapak Bupati Thaher Hanubun yang sudah mengawal proses penyaluran bantuan ini," ujar salah satu keluarga penerima di wilayah Kecamatan Kei Kecil Timur. 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar