Marrin News

8 Staf Terpapar Covid-19, Puskesmas Tual Tutup Layanan

Puskesmas Tual

Pewarta: Nick Renleuw

Sementara rilis terbaru dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kluster Kesehatan Provinsi Maluku, per hari ini (05/07/2021) Kota Tual memiliki 33 kasus aktif terkonfirmasi Covid-19.

Tual, Marrinnews.com – Puskesmas Tual dipastikan akan menutup sementara pelayanan kepada masyarakat selama 3 hari kedepan,pasalnya sebanyak 8 orang stafnya terpapar Covid-19. Hal ini diungkapkan Kepala Puskesmas Tual, dr. Muhamad Rivai Kabalmay dalam postingan di akun facebook miliknya, Senin (05/07/2021) sore.

“Sehubungan dengan hasil pemeriksaan swab antigen covid19 pada staff puskesmas tual didapatkan 8 org staff puskesmas tual dengan hasil positif,” tulis Kabalmay dalam postingannya.

Lebih lanjut Kabalmay menulis, sesuai dengan arahan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Plt. Kadinkes) Kota Tual, drg. Maxie Tinggogoy, maka pelayanan kesehatan di Puskesmas Tual akan ditutup selama 3 hari ke depan.

Penutupan layanan, menurut Dokter Rifai, bertujuan untuk dilakukan disinfektan pada gedung puskesmas serta dilakukan tracking atau pelacakan kontak aktif terhadap mereka yang terpapar Covid-19.

Sementara itu, Plt. Kadinkes Tual, drg. Maxie Tinggogoy ketika dikonfirmasi lewat pesan singkat aplikasi WhatsApp, Senin (05/07/2021) malam, membenarkan kabar penutupan pelayanan kesehatan di Puskesmas Tual. Ia menambahkan, akan dilakukan pemeriksaan lanjutan bagi para staf Puskesmas Tual yang terpapar Covid.

Lebih lanjut Tinggogoy juga menganjurkan masyarakat agar tetap disiplin terapkan protokol kesehatan 3M dengan penekanan pada menggunakan masker 2 lapis.

“Benar. Pemeriksaan AG (antigen) akan dilanjutkan. Bukan PCR. Anjuran disiplin 3M. Masker 2 lapis. Terima kasih,” tulis Dokter Maxie dalam pesan singkatnya.

Untuk kondisi terkini berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Tual (per 03/07/2021) situasi covid-19 mencapai 23 kasus aktif dengan rincian sebanyak 12 orang dalam perawatan di fasilitas kesehatan sedangkan 11 orang isolasi mandiri (isoman). Selain itu, ada pula 77 kasus probable atau berpotensi Covid-19.

Sementara rilis terbaru dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kluster Kesehatan Provinsi Maluku, per hari ini (05/07/2021) Kota Tual memiliki 33 kasus aktif terkonfirmasi Covid-19.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar