Marrin News

Wali Kota Serahkan Masterplan Perencanaan Pengembangan Kota Tual Kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa sesaat sebelum menaikan kapal bertolak ke Pulau Adranan dan Pulau Bair, Jumat (18/06/2021). Foto: Nick Renleuw

1.    Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa sesaat sebelum menaikan kapal bertolak ke Pulau Adranan dan Pulau Bair, Jumat (18/06/2021). Foto: Nick Renleuw


Pewarta: Nick Renleuw

Ia (Wali Kota Tual) berharap, dengan kunjungan Gubernur Maluku dan Menteri PPN/Kepala Bappenas yang sudah melihat langsung situasi Kota Tual, apa yang sudah dituangkan dalam dokumen masterplan perencanaan pengembangan Kota Tual dapat diakomodir di dalam kebijakan nasional.

Tual, Marrinnews.com – Wali Kota Tual Adam Rahayaan, S. Ag., M. Si., menyerahkan langsung dokumen masterplan perencanaan pengembangan Kota Tual kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Dr. (H.C.) Suharso Monoarfa.

Dokumen itu diserahkan langsung Wali Kota sesudah pelaksanaan dialog Menteri PPN/Kepala Bappenas bersama Gubernur Maluku Murad Ismail, Bupati Malra M. T. Hanubun, Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Dumar Silvinus Jaftoran, Forkopimda Tual-Malra dan sejumlah tokoh masyarakat di kawasan PPN Dumar, Jumat (18/06/2021).

Sebelumnya, dalam sambutan singkatnya Wali Kota Adam Rahayaan atas nama segenap masyarakat Kota Tual mengucapkan selamat datang dan ribuan terima kasih atas kehadiran Gubernur Maluku Murad Ismail dan teristimewa Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di Bumi Maren.

“Sejak kemarin kami merindukan kehadiran Pak Menteri ini yang membuat perencanaan di Republik Indonesia, yang selama Indonesia merdeka, baru pernah berkunjung ke Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara,” ungkap Wali Kota yang disambut tepuk tangan hadirin.

Ia berharap, dengan kunjungan Gubernur Maluku dan Menteri PPN/Kepala Bappenas yang sudah melihat langsung situasi Kota Tual, apa yang sudah dituangkan dalam dokumen masterplan perencanaan pengembangan Kota Tual dapat diakomodir di dalam kebijakan nasional.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Murad Ismail yang sudah mengeluarkan izin untuk reklamasi Pantai Kiom. Ia menyatakan syukur karena menurutnya Pantai Kiom merupakan pintu masuk yang menjadi wajah Kota Tual.

Untuk diketahui, kehadiran Menteri PPN/Kepala Bappenas ke Kepulauan Kei ini antara lain bertujuan untuk meninjau lokasi Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Dumar dalam rangka mendukung penetapan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (M-LIN).

Selain itu, Menteri Suharso bersama Gubernur Murad Ismail juga berkesempatan mengunjungi sejumlah kawasan pariwisata di Kota Tual dan Kabupaten Malra antara lain Pulau Adranan, Pulau Bair dan Pantai Pasir Panjang Ngurbloat.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar