Marrin News

Tingkatkan Layanan LKPM Online, DPMPTSP Malra Gelar Bimtek Bagi Pelaku Usaha

Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun membuka kegiatan bimtek LKPM dan OSS online yang dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Ballroom Villia Hotel, Rabu (9/6/2021). Sumber foto: Prokompim Malra

Reporter: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur, Marrinnews.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggelar kegiatan bimbingan teknis laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) Online dan Online Single Submission (OSS) bagi pelaku usaha, Rabu (9/6/2021) di Ballroom Hotel Villia Langgur.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun.

Dalam sambutannya, Bupati Thaher mengungkapkan bahwa banyak pelaku usaha lupa password saat melakukan pendataan LKPM online. Ada juga yang belum memahami mekanisme pengisian laporan tersebut.

Hal ini, kata Hanubun, lantaran para pelaku usaha belum mendapatkan sosialiasi layanan pelaporan berbasis online itu.

Namun tak dipungkiri, lanjut dia, ada pelaku usaha yang tidak jujur melaporkan nilai investasinya saat pendataan LKPM.

“Untuk itu, bimtek LKPM dan OSS secara online ini dilaksanakan guna memberikan sekaligus menyatukan presepsi terkait pelaksanaan kebijakan penanaman modal serta kemudahan dalam pelaporan realisasi nilai investasi.

“Hal ini perlu dilakukan agar dapat mewujudkan iklim investasi yang kondusif dan meningkatkan kualitas pelayanan perizinan dan non perizinan di Kabupaten Maluku Tenggara,” jelas Thaher.

Bupati mengatakan, peluang investasi di bumi Larwul Ngakak masih terbuka luas. Dengan begitu, ia memastikan bahwa Pemda Malra melalui DPMPTSP akan senantiasa meningkatkan pelayanan perizinan yang cepat, tepat, akurat dan transparan.

Selain itu, memberikan jaminan kepastian hukum serta mewujudkan hak-hak masyarakat dan pelaku usaha maupun Investor dalam mendapatkan pelayanan perizinan.

“Peluang investasi di Kabupaten Maluku Tenggara masih terbuka luas. Dengan iklim usaha yang kondusif, pastinya akan menyerap tenaga kerja. Dengan begitu pula akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Bupati.

Bupati berharap kegiatan bimtek LKPM online  dapat memberikan nilai tambah, pengetahuan dan kemudahan-kemudahan bagi para pelaku usaha dimana saja berada. Mulai dari Ohoi – Ohoi di Ujung Kei Besar Utara Timur, Utara Barat sampai pada Kei Besar Selatan Barat dapat mengakses dan mengetahui hal ini.

“Saya inginkan Dinas PMPTSP dapat membuat inovasi-inovasi sistem perizinan yang terintegrasi antara Dinas, Badan dan Lembaga terkait sehingga pengusaha tidak lagi datang dengan membawa berkas dan dokumen yang banyak. Apalagi sampe harus menunggu berlama-lama,” pinta Thaher.

Bupati menandaskan, bila perlu kalau persyaratan dan dokumennya lengkap, maka proses perizinan 2 jam sudah harus selesai dan Izin dapat diterbitkan sesuai ketentuan yang berlaku.

Sementara itu, Kepala Dinas PMPTSP M. Tukloy mengatakan, pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis tahun 2021 sesuai petunjuk teknis BKPM untuk Kabupaten Maluku Tenggara    (yang masuk Klasifikasi Prioritas), dilaksanakan sebanyak
8 kali.

Kegiatan itu diantaranya, sosialisasi dan bimtek yang masing-masing dilaksanakan sebanyak 4 kali dan Bimtek 4 kali.

Adapun jumlah peserta pada kegiatan bimtek pagi tadi sebanyak 27 pelaku usaha dari berbagai bidang usaha.

Sedangkan untuk narasumber berasal dari Kepala Bidang Pengendalian Penanaman Modal dan Informasi Penanaman Modal DPMPTSP Provinsi Maluku, Bapak Agus selaku admin LKPM Online CV. Dua Sisi Kembar dan Iskandar Slameth, tenaga pendamping Helpdesk OSS dari PT. Sucofindo.

 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar