Marrin News

Pemkot Tual Alokasikan Rp100 Juta Untuk Bangun Dinding Panjat Tebing di Taman Kota

Pemkot Tual Alokasikan Rp100 Juta Untuk Bangun Dinding Panjat Tebing di Taman Kota
Ketua Umum FPTI Provinsi Maluku Rovi Akbar Afifudin, SE., menandatangani berita acara pelantikan FPTI Kota Tual disaksikan Ketua FPTI Tual Mohamad Din Zaitun Sether (kiri) dan Plt. Kadisdikbud Mudatsir Tamher yang hadir mewakili Wali Kota Tual Adam Rahayaan, Senin (14/06/2021). Foto: Nick Renleuw

Pewarta: Nick Renleuw

“Dan beliau membuktikan itu dengan alhamdullilah kami diberikan dana dalam bentuk dana hibah sebesar Rp100 juta yang alhamdulillah sudah diplot masuk DPA Dinas Pemuda dan Olahraga.” – Mohamad Din Zaitun Sether (Ketua Umum FPTI Tual)

Tual, Marrinnews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tual menyatakan dukungannya terhadap pengembangan fasilitas olahraga panjat tebing. Dukungan tersebut dibuktikan dengan alokasi anggaran sebesar Rp100 juta untuk pembangunan wall atau dinding olahraga panjat tebing.

“Beberapa waktu lalu setelah kami terpilih (sebagai Ketua FPTI Tual) dalam Konfercab Kota Tual kami datang menghampiri Pa Wali Kota Tual dan beliau punya respons yang sangat baik selaku kepala daerah,” tutur Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Tual Mohamad Din Zaitun Sether saat acara pelantikan Pengurus Cabang FPTI Kota Tual di Pendopo Yarler, Senin (14/06/2021).

Menurut Sether, dalam pertemuan dengan Wali Kota Tual Adam Rahayaan, pihaknya membicarakan soal minimnya fasilitas pembinaan olahraga panjat tebing di Kota Tual. Wali Kota kemudian menanggapi keluhan itu dengan memproyeksikan pembangunan dinding panjat tebing di area Taman Kota Tual.

Selain sebagai tempat bermain dan area terbuka hijau, lanjut Sether mengutip pernyataan Wali Kota, nanti akan dibangun dinding panjat yang ada di dalam taman kota sebagai bagian dari fasilitas pendukung. Dinding panjat tersebut bisa dipakai sebagai tempat berlatih sekaligus memperkenalkan olahraga panjat tebing kepada masyarakat.

“Dan beliau membuktikan itu dengan alhamdullilah kami diberikan dana dalam bentuk dana hibah sebesar Rp100 juta yang alhamdulillah sudah diplot masuk DPA Dinas Pemuda dan Olahraga,” ujar Sether yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Sether menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Tual atas dukungan yang ditujukan bagi FPTI. Ia berharap bisa terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mengembangkan olahraga panjat tebing agar kelak bisa membanggakan daerah ini.

Suntikan Motivasi Bagi FPTI Maluku

Dukungan dari Pemkot Tual bagi pengembangan olahraga panjat tebing juga menjadi tambahan motivasi bagi FPTI Provinsi Maluku. Hal ini diakui secara langsung oleh Ketua Umum FPTI Provinsi Maluku, Rovi Akbar Afifudin, SE.

“Selaku Ketua Umum FPTI Provinsi Maluku saya ingin sampaikan terima kasih kepada pemerintah Kota Tual sebagaimana tadi disampaikan Ketua Pengcab (FPTI Tual) bahwa FPTI di-support oleh Pemerintah Kota Tual dalam rangka pembangunan wall yang baru yang akan menjadi penunjang buat pelaksanaan kegiatan federasi di Kota Tual ini,” ungkap Afifudin.

Menurutnya, dukungan terhadap pengembangan olahraga panjat tebing juga diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra). Dukungan dari Pemkab Malra disampaikan langsung oleh Bupati Muhammad Thaher Hanubun dalam kesempatan tatap muka dengannya.

Lewat dukungan dari kedua pemerintah daerah di Kepulauan Kei, Afifudin optimis bisa mencapai target yang sudah ditetapkan FPTI Provinsi Maluku. Secara khusus, ia menyebut persiapan Maluku sebagai tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Kelompok Umur tahun 2022 nanti yang diawali Kejuaraan Daerah untuk menyeleksi perwakilan Provinsi Maluku.

“Motivasi ini awalnya baru sekitar 30 persen tapi kita hadir di Buru, Tual, Malra, Malteng, keyakinan kita semakin kuat bahwa Insya Allah dengan konsolidasi seperti ini itu kita bisa meningkatkan infrastruktur dan minimal kita punya prestasi yang bisa dibanggakan,” pungkasnya.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar