Marrin News

Ketum FPTI Maluku Minta Pengcab Tual Berfokus Siapkan Atlet Hadapi Kejurda dan Kejurnas

Ketum FPTI Maluku Minta Pengcab Tual Berfokus Siapkan Atlet Hadapi Kejurda dan Kejurnas
Ketua Umum FPTI Kota Tual Mohamad Din Zaitun Sether menerima bendera federasi dari Ketua Umum FPTI Provinsi Maluku Rovi Akbar Afifudin, SE., disaksikan seluruh Pengcab FPTI Tual yang baru dilantik di Pendopo Yarler, Senin (14/06/2021). Foto: Nick Renleuw


Pewarta:
Nick Renleuw

“Rumuskan program-program yang otentik saja, program-program yang pasti bisa dilakukan. Tidak usah membuat program kerja yang melebihi kemampuan kita. Fokus kita adalah menyiapkan atlet. Karena ini adalah federasi olahraga sehingga fokus kita adalah atlet.” - Rovi Akbar Afifudin, SE (Ketua Umum FPTI Maluku)

Tual, Marrinnews.com – Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Provinsi Maluku, Rovi Akbar Afifudin, SE., melantik Pengurus Cabang FPTI (Pengcab) Tual periode 2020-2024. Prosesi pelantikan berlangsung di Pendopo Yarler Tual, Senin (14/06/2021).

Pengcab FPTI Tual dilantik berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum FPTI Provinsi Maluku Nomor 044/SKP/PROV.MLK/VI/2021 tentang Pergantian Antar Waktu Susunan Pengurus Cabang Federasi Panjat Tebing Indonesia Kota Tual masa bakti 2020-2024.

Mereka yang dilantik adalah Ketua Umum Pengcab FPTI Tual Mohamad Din Zaitun Sether, Ketua Harian Afandi Latar, Sekretaris Umum Mirzak Tamher, Bndahara Umum Fentri Loho bersama 19 anggota yang terbagi dalam 2 Badan dan 10 Biro.

Susunan Pengcab FPTI Tual juga akan dibimbing oleh Dewan Penasehat yang terdiri dari Wali Kota Tual Adam Rahayaan, Ketua DPRD Hasan Sarifudin Borut, Kapolres AKBP Alfaris Pattiwael, Danlanal I Gusti Putu Wisnawa, serta AKP Basarona.

Ketum FPTI Maluku Minta Pengcab Tual Berfokus Siapkan Atlet Hadapi Kejurda dan Kejurnas
Suasana acara pelantikan Pengcab FPTI Kota Tual 2020-2024. Tampak di podium Ketua Umum FPTI Provinsi Maluku Rovi Akbar Afifudin, SE., sedang menyampaikan sambutannya, Senin (14/06/2021). Foto: Nick Renleuw

Pergantian Antar Waktu

Ketua Umum FPTI Tual Mohamad Din Zaitun Sether dalam sambutannya menjelaskan bahwa kepengurusan FPTI Tual yang baru dilantik merupakan kepengurusan kedua dalam periode 2020-2024.

Dengan kata lain, sebagaimana tercantum dalam Surat Keputusan Ketua Umum FPTI Provinsi Maluku, kepengurusan yang baru dilantik ini merupakan proses pergantian antar waktu terhadap kepengurusan sebelumnya.

“Cita-cita kami sederhana dalam kepengurusan ini. Yang paling utama adalah konsolidasi secara internal,” ungkap Sether. Ia berharap, FPTI Tual dapat bekerja sama dan bersinergi dengan pemerintah kota dalam membangun Kota Tual.

Persiapan Kejurnas

Sementara itu, Ketua Umum FPTI Provinsi Maluku Rovi Akbar Afifudin, SE., menjelaskan bahwa Provinsi Maluku telah ditetapkan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing Kelompok Umur tahun 2022 nanti.

Dalam rangka itu, akan dilaksanakan pula Kejuaraan Daerah (Kejurda) demi menyeleksi atlet-atlet panjat tebing yang akan mewakili Provinsi Maluku dalam Kejurnas 2022. Berdasarkan perkembangan konsolidasi internal, Rovi mengatakan bahwa sudah 8 (dari total 11) kabupaten/kota se-Provinsi Maluku yang menyatakan kesediaan untuk mengambil bagian dalam Kejurda Maluku.

Oleh karena itu Rovi meminta agar dalam penyusunan programnya, Pengcab FPTI Kota Tual berfokus pada pembinaan dan persiapan para atlet terutama sejak usia dini guna menghadapi Kejurda dan Kejurnas.

“Rumuskan program-program yang otentik saja, program-program yang pasti bisa dilakukan. Tidak usah membuat program kerja yang melebihi kemampuan kita. Fokus kita adalah menyiapkan atlet. Karena ini adalah federasi olahraga sehingga fokus kita adalah atlet,” pesannya.

Dirangkai dengan Rapat Kerja

Prosesi pelantikan FPTI Kota Tual 2020-2024 juga dirangkai dengan pelaksanaan Rapat Kerja Cabang (Rakercab). Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tual, Mudatsir Tamher, hadir mewakili Wali Kota Adam Rahayaan untuk membacakan sambutan sekaligus mewakili membuka jalannya rakercab.

“Atas nama Pemerintah Kota Tual saya mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia Kota Tual periode 2020-2024 yang baru saja dilantik,” ungkap Wali Kota Adam Rahayaan dalam sambutannya sebagaimana dibacakan Tamher.

Wali Kota berharap, kepengurusan FPTI yang baru dilantik mampu membawa perubahan di dalam organisasi, terutama untuk melahirkan atlet-atlet muda berbakat dan memiliki potensi di Kota Tual maupun di Kepulauan Kei secara umum.

“Semoga ke depan bisa membawa nama Kota Tual pada event-event baik skala lokal, regional, maupun nasional dan dapat mengukir prestasi,” pungkasnya.

Turut hadir dalam rangkaian acara pelantikan antara lain Bendahara Umum FPTI Provinsi Maluku, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Tual, serta ketua dan perwakilan sejumlah organisasi kepemudaan di Kota Tual.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar