Marrin News

Kantongi Putusan Mahkamah Partai, Nus Kei Bertekad Kembalikan Kejayaan Golkar Malra

Pengurus DPD II Golkar Malra 2020-2025 menunjukkan salinan putusan Mahkamah Partai Golkar di Kantor DPD II Golkar Malra, Sabtu (19/06/2021) malam. Kiri ke kanan: Petrus P. Salomon Savsavubun, Drs. Agrapinus Rumatora (Ketua DPD), Ernes Betaubun, SE., dan Yeremias Jimmy Renyut. Foto: Nick Renleuw
Pengurus DPD II Golkar Malra 2020-2025 menunjukkan salinan putusan Mahkamah Partai Golkar di Kantor DPD II Golkar Malra, Sabtu (19/06/2021) malam. Kiri ke kanan: Petrus P. Salomon Savsavubun, Drs. Agrapinus Rumatora (Ketua DPD), Ernes Betaubun, SE., dan Yeremias Jimmy Renyut. Foto: Nick Renleuw


Pewarta: Nick Renleuw

“Hari ini Partai Golkar di Maluku Tenggara tidak punya apa-apa, tetapi saya hadir di sini untuk mengembalikan itu marwah partai ini di Maluku Tenggara. Tekad saya cuma satu, bagaimana Golkar kembali berjaya seperti Golkar dulu!” – Drs. Agrapinus Rumatora (Ketua DPD II Golkar Malra)

Langgur, Marrinnews.com – Ketua Dewan Pimpinan Daerah tingkat II (DPD II) Partai Golkar Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) 2020-2025, Drs. Agrapinus Rumatora menegaskan bahwa segala hal menyangkut keabsahan hasil Musyawarah Daerah Ke-10 (Musda X) Partai Golkar Malra sudah selesai.

“Perselisihan Partai Golkar Musda X yang kemarin bulan Oktober tahun lalu tahun 2020 di Kota Ambon dan dilanjutkan di Mahkamah Partai karena ada sengketa, ada gugatan dari Ibu Eva Eliyah (Hanubun), sudah diputuskan kemarin tanggal 11 Mei 2021,” ungkap pria yang populer dikenal sebagai Nus Kei ini.

Rumatora tidak sekadar beretorika. Ia membawa serta salinan putusan Mahkamah Partai Golkar itu dan menunjukkan langsung kepada awak media dalam konferensi pers yang digelar di Gedung Sekretariat DPD II Golkar Malra, Jalan Soekarno-Hatta Pemda, Langgur, Sabtu (19/06/2021) malam.

“Sudah tidak ada lagi sengketa, sudah tidak ada lagi gugatan, sudah tidak ada lagi hal-hal yang menyangkut Musda X Maluku Tenggara, itu sudah selesai, itu sudah finish. Ini yang paling tinggi dari Mahkamah Partai Golkar, sudah selesai,” ungkap Rumatora sambil mengangkat dan menunjukkan hasil putusan Mahkamah Partai Golkar dimaksud kepada awak media.

Ketua DPD II Golkar Malra, Drs. Agrapinus Rumatora usai konfrensi pers, Sabtu (19/06/2021) malam. Foto: Nick Renleuw
Ketua DPD II Golkar Malra, Drs. Agrapinus Rumatora usai konfrensi pers, Sabtu (19/06/2021) malam. Foto: Nick Renleuw

Adapun Mahkamah Partai Golkar telah menelurkan hasil putusan yang mengesahkan kepengurusan Rumatora serta membatalkan atau menolak berbagai sengketa atau gugatan yang diajukan oleh pihak-pihak terkait.

“Saya kemarin kebetulan baru datang dari Ambon, kemarin saya bawa, saya sudah serahkan salinan putusan ini ke DPD I Propinsi Maluku untuk memproses SK,” ungkap Rumatora.

Sikap Tegas Terhadap Perongrong

Sebagai Ketua DPD II Golkar Malra terpilih hasil putusan Mahkamah Partai, Rumatora berharap agar tidak ada lagi pihak-pihak yang berusaha mengutak-atik Partai Golkar Malra. Harapan ini ia sampaikan kepada para kader, mantan kader dan bahkan siapa pun di luar Partai Golkar Malra.

“Jangan lagi dia mau datang supaya mau merecoki siapa pun untuk mengurusi Partai Golkar khususnya untuk Kabupaten Maluku Tenggara karena kami ini sudah sah! Secara de facto sudah, secara de jure sudah! Tinggal nanti pelantikan,” tegas Rumatora.

Rumatora menjelaskan, saat ini pihaknya sementara mempersiapkan acara pelantikan pengurus lengkap DPD II Partai Golkar Malra. Menurutnya, prosesi pelantikan sejatinya hanya merupakan sebuah seremoni penegasan keabsahan. Meski demikian, ia kembali mengingatkan agar tidak ada lagi yang mengganggu proses dimaksud.

“Saya berharap supaya jangan sampai lagi tadi ada riak-riak ada orang-orang yang masih membawa atau melempar isu yang terkait dengan pribadi saya terus mereka kaitkan masuk di partai. Pelantikan ini kan acara cuma seremoni jadi saya pikir saya mohon, karena nanti kalau itu direcoki terus saya sebagai ketua partai juga akan bersikap,” tambahnya.

Suasana rapat persiapan Panitia Pelantikan Pengurus DPD II Golkar Malra 2020-2025, Sabtu (19/06/2021) malam. Foto: Nick Renleuw
Suasana rapat persiapan Panitia Pelantikan Pengurus DPD II Golkar Malra 2020-2025, Sabtu (19/06/2021) malam. Foto: Nick Renleuw


Bangun Konsolidasi Internal

Lebih lanjut Rumatora menjelaskan, agenda pertama yang sudah direncanakan oleh pihaknya sesudah seremoni pelantikan adalah konsolidasi internal partai. Menurutnya, konsolidasi internal adalah sesuatu yang mendesak mengingat dari antara 11 kabupaten/kota se-Maluku, Partai Golkar Malra termasuk sangat terlambat berproses akibat sengketa internal yang baru saja diputuskan Mahkamah Partai.

Dalam kaitannya dengan upaya membangun konsolidasi partai, Rumatora mengklaim sudah ada kader Golkar di beberapa desa Malra yang sudah datang langsung kepadanya menyatakan dukungan pada Partai Golkar.

“Konsolidasi kami akan jalan itu dan janji saya itu saya akan jalan keliling seluruh desa-desa yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara untuk mengkonsolidasikan Partai Golkar,” janjinya.

Ditanya terkait para kader yang sempat berseberangan dalam sengketa, Rumatora menjelaskan bahwa sejak pasca Musda X Golkar Malra di Kota Ambon, ia sudah berusaha mengajak dan merangkul para kader yang berseberangan pendapat. Kala itu, upaya rangkulan darinya belum diterima.

“Mungkin saya pikir ya udahlah, mereka sudah di luar sana biarlah kami yang bekerja, biarlah kami yang sudah ada ini karena saya juga sudah punya tim. Kami, komposisi personalia kami sudah terbentuk jadi biarlah kami ini yang bekerja,” bebernya.

“Saya ga mungkin pakai lagi orang yang kalau kemarin mereka sudah tidak bisa berbuat apa-apa untuk Partai Golkar kenapa kita pakai lagi? Masih ada orang lain, masih ada orang baru, masih ada harapan baru semangat baru yang punya jiwa baru untuk kami. Ya udah kami pakai saja yang sekarang kami bentuk, yang kemarin untuk sementara dilupakan saja dulu,” ujarnya blak-blakan.

Fokus Kembalikan Marwah Partai

“Hari ini Partai Golkar di Maluku Tenggara tidak punya apa-apa, tetapi saya hadir di sini untuk mengembalikan itu marwah partai ini di Maluku Tenggara. Tekad saya cuma satu, bagaimana Golkar kembali berjaya seperti Golkar dulu!” paparnya optimis.

Terkait tekad yang disampaikannya, Rumatora mengaku sudah memikirkan sejumlah agenda dan strategi untuk membesarkan kembali Partai Golkar Malra. Meski demikian, strategi tersebut akan menjadi rahasia intern pihaknya.

“Kalo yang teknisnya soal strategi, saya pikir itu kami tidak perlu (beberkan). Agenda yang saya bisa bicarakan kali ini menyangkut masyarakat umum adalah mungkin nanti pada tahun depan saya akan bikin event. Karena ulang tahun kami itu nanti di tanggal 21 Oktober, saya akan bikin Golkar Cup untuk merayakan HUT Golkar Kabupaten Maluku Tenggara,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan pihak terkait mengingat situasi pandemi Covid-19. Ia berharap, pandemi semakin mereda di tahun depan sehingga agenda Golkar Cup untuk merayakan HUT Golkar di tahun 2022 nanti bisa terlaksana.

Terkait target kursi Parlemen Malra, Rumatora menjawab dengan diplomatis. Ia mengaku belum berbicara tentang parlemen dan kembali memilih tetap berfokus untuk mengembalikan marwah Partai Golkar di Malra.

“Omong-kosong kalau nanti sebagai ketua partai tidak punya cita-cita politik. Tetapi saya belum bicara itu, saya hari ini bicara bagaimana marwah Golkar di Kabupaten Maluku Tenggara saya kembalikan dulu,” paparnya

Persiapan Panitia Pelantikan

Sementara itu, panitia persiapan pelaksanaan pelantikan pengurus DPD II Partai Golkar Malra 2020-2025 juga telah terbentuk. Ketua Panitia Pelantikan, Ernes Betaubun, SE., kepada awak media di tempat yang sama menyatakan bahwa pihaknya sudah sangat siap menggelar prosesi pelantikan.

“Tinggal kami berkoordinasi dengan DPD I kapan waktunya yang pas mereka turun dan melakukan proses pelantikan DPD II Kabupaten Maluku Tenggara. Mungkin nanti pelantikannya dilaksanakan pada akhir bulan ini atau paling lambat awal bulan depan,” ungkap Betaubun.

Tepat sebelum pelaksanaan konfrensi pers, panitia pelantikan bahkan telah melaksanakan rapat persiapan. Betaubun yang juga menduduki posisi Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu itu mengaku, itu merupakan rapat kedua terkait dengan kesiapan-kesiapan internal panitia.

“Kami panitia memang sangat siap karena didukung oleh ketua DPD II (Golkar Malra) terpilih. Susunan personalia untuk kepengurusan panitia semua sudah terbentuk,” pungkasnya.

Selain Rumatora dan Betaubun, hadir pula dalam konfrensi pers yang digelar antara lain Wakil Ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi Petrus P. Salomom Savsavubun, Wakil Ketua Korbid Kepartaian Yeremias Jimmy Renyut dan sejumlah pengurus DPD Golkar Malra 2020-2025.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar