Marrin News

Enam Ratusan Orang Ikut “Serbuan Vaksinasi” di Maluku Tenggara

Pelaksanaan program serbuan vaksinasi di Kabupaten Maluku Tenggara, Sabtu (26/6/2021). Lokasi pelayanan gedung serbaguna Larwul Ngabal, Maluku Tenggara. Sumber foto: Gg

Reporter: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur, Marrinnews.com – Program nasional vaksinasi massal yang digelar pada Sabtu (26/4/2021) kemarin di Kabupaten Maluku Tenggara disambut antusias masyarakat.

Pihak Dinas Kesehatan Maluku Tenggara menyebut, sebanyak 693 warga Maluku Tenggara mengikuti program serbuan vaksinasi tersebut.

“Estimasi total yang divaksin pada pelaksanaan program serbuan vaksinasi sebanyak 693 orang. Dosis pertama 679 orang dan dosis kedua 14 orang,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara Abdula Aziz, Sabtu (26/6/2021).

Aziz menjelaskan, program vaksinasi massal di Maluku Tenggara merupakan tindak lanjut dari kebijakan pemerintah pusat terkait serbuan vaksinasi Covid 19 menuju 1 juta orang per hari. Termasuk, kebijakan Pemprov Maluku yang menargetkan capaian 8 ribu per hari.

“Program serbuan vaksinasi di daerah ini terselenggara atas kerjasama Pemkab Maluku Tenggara dengan TNI dan Polri,” imbuhnya.

Aziz menambahkan, program vaksinasi massal di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara dilaksanakan di dua tempat berbeda, yakni di gedung serbaguna Larwul Ngabal dan aula Kodim 1503 Tual.

Untuk pelayanan di gedung serbaguna melibatkan tenaga medis dari tiga puskesmas, yakni puskesmas Debut, Ibra dan Rumaat. Sementara di aula Kodim 1503 Tual melibatkan tenaga medis puskesmas Watdek dan Kolser.

Menurut Aziz, program vaksinasi hari ini tidak hanya di wilayah perkotaan saja, melainkan juga di desa-desa. Pelayanan diberikan terutama bagi pelayanan publik dan lansia, tak terkecuali kelompok masyarakat.

Ketersedian Vaksin

Abdula Aziz memastikan ketersediaan vaksin Sinovac untuk Maluku Tenggara hingga hari ini masih tersedia sekitar 250 vial. Jumlah tersebut dapat diperuntukan untuk 1250 orang.

“Masih cukup. Satu vial bisa diberikan kepada 10 orang sehingga dari 250 vial yang tersisa itu dapat diperuntukan untuk 2500 orang. Hanya saja vaksinasi dilakukan dalam dua tahap, yakni dosis pertama dan kedua sehingga 250 vial vaksin itu hanya dapat diperuntukan bagi 1250 orang,” ujar Aziz.

Capaian Layanan

Aziz mengatakan, cakupan layanan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Maluku Tenggara, khususnya untuk pelayan publik dan lansia mengalami peningkatan.

Bahkan untuk mencapai target, pihak Dinas Kesehatan Maluku Tenggara gencar meningkatkan pelayanan hingga menyasar ke wilayah pedesaan.

“Semua Puskesmas yang tersebar di 11 Kecamatan, hingga hari ini masih melakukan pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di desa-desa. Pastinya juga bahwa capaian layanan akan terus kami tingkatkan,” ungkap dia.

Aziz menyebut capaian vaksinasi di Kabupaten Maluku Tenggara hingga 23 Juni 2021 mencapai kurang lebih 41 persen.

Rinciannya, sasaran vaksinasi untuk tenaga kesehatan berjumlah 1258 orang. Dari jumlah tersebut, yang telah divaksin dosis pertama sebanyak 1042 orang atau 82,83 persen dan dosis kedua 1011 orang atau 80,37 persen.

Selanjutnya, jumlah kumulatif sasaran vaksinasi usia lanjut (lansia) 1961 orang. Dan yang telah menerima dosis pertama sebanyak 556 orang atau 6 persen dan dosis kedua 246 orang atau tiga persen.

Sedangkan, sasaran pelayan publik sebanyak 9576 orang. Dari jumlah itu, yang telah menerima vaksinasi dosis pertama sebanyak 3.929 orang atau 41,03 persen dan dosis kedua 3007 orang atau 31,40 persen.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar