Marrin News

Bupati MTH Jamu Makan Malam Uskup Agung Mandagi, Uskup: Saya Rasa Senang Ada Disini ‘Tetapi'

Uskup Keuskupan Agung Merauke Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC menyampaikan sepatah dua kata dalam jamuan makan bersama di Kediaman dinas Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun, Minggu (13/6/2021) malam. Sumber Foto: unggahan video di Laman Facebook Kadis Kominfo Malra Walken Raharusun. 

Reporter: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur, Marrinnews.com – Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun menjamu santap malam Uskup Agung Keuskupan Agung Merauke Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC, Minggu (13/4/2021) malam di kediaman dinas Bupati Maluku Tenggara.

Jamuan makan malam Uskup Agung Mandagi di kediaman Bupati Maluku Tenggara yang berlokasi di wilayah Kota Tual dijaga ketat Tim Densus 88 Polri.

Turut hadir dalam acara jamuan tersebut, Sekertaris Daerah Maluku Tenggara Ahmad Yani Rahawarin dan sejumlah pimpinan OPD serta para Pastor.

Kehadiran Uskup Agung di kediaman dinas Bupati mendapat sambutan hangat. Tampak, Bupati memberikan hormat dan salam sesaat setelah sang Uskup tiba. Selanjutnya di dalam kediaman, Sekda Rahawarin menyalami, memeluk dan mencium tangan Uskup Mandagi.

Suasana santap malam tampak diselingi canda tawa dan rasa haru bahagia kala Uskup Agung menyapa pimpinan OPD. Begitu juga saat Uskup menyampaikan perasaannya saat melakukan kunjungan di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini.

Uskup Mandagi berkata bahwa selama 26 tahun bertugas sebagai Uskup Keuskupan Amboina, ia sudah berulang kali mengunjungi Kabupaten Maluku Tenggara.

Di balik kunjungan-kunjungan tersebut, sang Uskup Agung mengaku bahagia. Apalagi di era kepimpinan Bupati Thaher Hanubun.

“Saya bertugas 26 tahun di Keuskupan Amboina dan sudah puluhan kali saya datang ke Maluku Tenggara. Saya merasa senang saat berada di sini. Tetapi terlebih saat Bapak ( M. Thaher Hanubun, red) menjadi Bupati, luar biasa sekali,” ujar Uskup Agung Mandagi sebagaimana video yang diunggah pada laman Facebook Kadis Kominfo Maluku Tenggara Walken Raharusun.

Sang Uskup mengklaim memiliki hubungan pertemanan akrab dengan Bupati Thaher Hanubun. Tak terkecuali dengan Bupati/Wali Kota lainnya.

Walau begitu, Uskup Agung menganggap dalam hubungan pertemanannya dengan Haji Thaher Hanubun, ada Chemistry (kecocokan, red), sekalipun mereka berbeda agama. Uskup Mandagi beragama Katolik dan Bupati Thaher penganut agama Islam.

Uskup Agung Merauke ini menekankan bahwa perbedaan agama  bukanlah suatu alasan untuk tidak saling mengikat dalam suatu hubungan. Untuk itu, kata dia, agama manapun tidak boleh memisahkan hubungan antar manusia.

“Saya punya banyak teman, akrab sekali tapi bukan se-agama dengan saya. Tapi kita sama-sama manusia yang dikasihi Allah. Dari sini (hubungan ini) kita buktikan bahwa agama tidak boleh memisahkan kita,” tutur Mandagi.

Administrator Apostolik Keuskupan Amboina ini mengingatkan agar relasi antar sesama umat beragama di Kepulauan Kei harus senantiasa terjaga.

“Ini harus kita bawah terus karena seringkali justru agama menghancurkan kita.  Padahal agama harus memperbaiki kita, membuat kita lebih manusiawi bukan sebaliknya karena agama kemanusian itu hancur,” imbuhnya.

Uskup Agung menyampaikan terima kasih atas jamuan makan malam yang dihidangkan malam tadi. Bagi dia, jamuan yang disiapkan itu sangat luar biasa.

"Terima kasih atas penyambutan ini. Ini sangat bagus. Bagi Pemerintah Daerah dan umat sekalian, terima kasih," ucap Uskup Agung Mandagi. 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar