Marrin News

Bupati Malra Dampingi Uskup Agung Mandagi Saat Tiba di Kepulauan Kei

Penyambutan Uskup Agung Keuskupan Merauke Mgr. Petrus Canisius Mandagi MSC di Pelataran Unio Projo Langgur. Tampak Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun (kanan) mendampingi Uskup Agung. 

Reporter: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur, Marrinnews.com – Uskup Agung Keuskupan Merauke Mgr Petrus Canisius Mandagi MSC, diketahui telah tiba di Kepulauan Kei, Minggu (13/6/2021) siang dengan menumpangi Pesawat Wings Air.

Uskup Agung Mandagi yang juga menjabat Administrator Apostolik Keuskupan Amboina ini, tiba di bandara Karel Sadsuitubun Langgur sekitar pukul 14.00 WIT. Sang Uskup langsung dijemput Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun dan Wakil Uskup Kei Kecil RD. Eko Reyaan.

Pantauan Marrinnews.com, kehadirin Uskup Mandagi di Kepulauan Kei kali ini tak seperti biasanya, dimana tak ada acara penyambutan di bandara. Hal tersebut lantaran memperhatikan keamanan sang Uskup pasca insiden teror yang menimpanya di Merauke-Papua baru-baru ini.

Saat tiba di bandara, Uskup Mandagi langsung diarahkan petugas Kepolisian ke mobil Bupati Thaher Hanubun. Selanjutnya di dalam mobil itu, Uskup didampingi Bupati Thaher Hanubun hingga memasuki Unio Projo Langgur.

Perjalanan rombongan Uskup Agung dan Bupati Malra dari bandara Karel Sadsuitubun ke Unio Projo mendapat pengamanan ketat aparat Kepolisian.

Setiba di Unio Projo barulah dilakukan ritual adat penerimaan Uskup Mandagi oleh Rat (Raja,red) Yab Faan Patrisius Renwarin. Bersamaan dengan itu juga hadir sejumlah pimpinan OPD Pemkab Maluku Tenggara dan para Pastor untuk menjemput sang Uskup.

Usai dari prosesi adat tersebut, Uskup dan Bupati bersama para Imam bercengkrama sejenak. Setelah itu, Yang Mulia Uskup Agung diantar kembali ke Pastoran Gereja Katedral Langgur.

Sesuai informasi yang dihimpun Marrinnews.com, Uskup Agung Mandagi dijadwalkan akan meresmikan Gereja Santo Yoseph Ohoijang pada Senin (14/6/2021) dan Gereja Katolik Santo Fransiskus Xaverius Tual pada Rabu (16/6/2021).

Selanjutnya, pada Kamis (17/6/2021) Uskup Mandagi akan memberikan Sakramen Krisma di Ohoi Rumaat, Kecamatan Kei Kecil Timur. Dan di hari Jumat (18/6/2021), Uskup akan berkunjung ke wilayah Kei Besar untuk melangsungkan Komuni Pertama bagi umat di Ohoi Uat.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar