Marrin News

Wali Kota : MTQ Mempunyai Posisi Vital dan Strategis dalam Membangun Mental Spiritual Bangsa

Wali Kota : MTQ Mempunyai Posisi Vital dan Strategis dalam Membangun Mental Spiritual Bangsa
MTQ Tingkat Kota Tual Ke-VII yang berlangsung di Desa Sermaf Kecamatan Pulau Pulau Kur Kota Tual


Tual, Marrinnews.com.- Wali Kota Tual Adam Rahayaan S.Ag., M.Si secara resmi membuka MTQ Kota Tual Ke VII di Desa Sermaf Kecamatan Pulau Pulau Kur, Selasa (25/05/2021).

Dalam sambutannya Wali Kota mengatakan MTQ mempunyai posisi vital dan sangat strategis dalam  membangun mental spiritual. Hal tersebut mengingat masalah moral atau mental spiritual sangat menentukan masa depan peradaban bangsa. 

"Sebagaimana syair Arab bahwa suatu bangsa akan tetap eksis atau terkenal karena budi pekertinya, tetapi kalau budi pekertinya hancur, maka bangsa itu akan hancur bersama hancurnya budi pekerti itu,” Ujar Wali Kota Tual Adam Rahayaan S.Ag.,M.Si.

Lebih lanjut ia mengatakan  Realisme-historis menunjukan bahwa banyak bangsa serta imperium atau kerajaan besar yang pernah berjaya berabad-abad hancur juga banyak tokoh besar dan punya pengaruh di dunia pun hancur hal ini menurutnya akibat rusaknya budi pekerti atau akhlak Bangsa.

Dirinya sependapat bahwa sejatinya dalam pelaksanaan acara-acara keagamaan tidak membuat kita terjebak pada acara-acara serimonial saja tetapi seharusnya dapat menangkap makna dan intisarinya terhadap pembangunan akhlak dan peradaban bangsa.

"Dalam konteks ini pelaksanaan MTQ sejatinya dapat meninggalkan jejak-jejak peradaban, yang ditandai dengan terjadinya perubahan pola pikir, karakter, habitus (kebiasaan), dan pola hidup," Harapnya.

"Adanya perubahan pola pikir dari pemikiran yang sempit kepada pemikiran yang terbuka dan transformatif, dari cara hidup yang konfliktual kepada kehidupan yang lebih rukun dan damai" Tambahnya.

Juga tinggalkan cara hidup yang otoriter dan totaliter kepada kehidupan yang lebih kolegial dan demokratis serta kehidupan yang ekslusif berbasis kampung, suku dan agama menjadi kehidupan yang lebih egaliter dan multikultural.

Hal tersebut sambungnya merupakan ciri masyarakat Madani atau bertamaddun yaitu masyarakat berkeadaban tinggi, Pada masyarakat yang berkeadaban tinggi ini akan terpancar nilai-nilai kasih sayang, kemanusiaan, kedamaian, persaudaraan, kebersamaan, keadilan, kejujuran, serta ketulusan atau keikhlasan di dalam menyangga peradaban masyarakat.

Pantauan Media ini pembukaan ditandai dengan menekan tombol sirene oleh Wali kota, hadir dalam acara pembukaan Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, Dandim 1503/Tual, Letkol Inf, Mario Christian Noya, Sekda Kota Tual, Ahmad Yani Renuat, Ketua Pengadilan Agama Tual Anwar Fauzi, pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tual, Mewakili Danlanal Tual, Pasi Intel, Mayor Laut (P) Slamet, Mewakili Danlanud D Dumatubun Langgur, Dansat (PM) Lettu PM Alfi Setiawan, Mewakili Kapolres Tual, Kanit Bimas Polres Tual, Iptu J. Rahaded, Kepala Kementrian Agama Kota Tual, Hanafi Kasim, Ketua MUI Kota Tual, Hi Ahmad Kabalmay serta unsur Kepala OPD Lingkup Kota Tual, Para Camat Lingkup Kota Tual, Para Raja Raja Lingkup Kota Tual dan pesert MTQ.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar