Marrin News

Tommy Selitubun Resmi Pimpin Forum Pemuda Ohoi Rumaat

Badan Pengurus Forum Pemuda-Pemudi Ohoi Rumaat. Potret bersama Kepala Ohoi Rumaat Andreas Setitit (tengah) dan Perwakilan Polsek Kei Kecil Timur. Sumber foto: Ghege

Penulis: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur (Rumaat), Marrinnews.com – Thomas Selitubun resmi memimpin Forum Pemuda-Pemudi Ohoi atau Desa Rumaat masa bakti 2021-2024 usai dilantik pada Jumat (28/5/2021).

Thomas Selitubun yang akrab disapa Bung Tomy dilantik bersama Gerardus Kirwelakubun selaku Wakil Ketua, Sekertaris Korneles Wellikin, Bendahara Anastasya Sadubun dan badan kepengurusan lainnya oleh Kepala Ohoi Rumaat Andreas Setitit di Balai Ohoi Rumaat, Kecamatan Kei Kecil Timur, Kabupaten Maluku Tenggara.

Pelantikan itu dilaksanakan sesuai Surat Keputusan Kepala Ohoi Rumaat Nomor 07 tahun 2021 tentang Pengangkatan Badan Pengurus Kepemudaan Ohoi Rumaat.

Hadir pada kesempatan itu, Camat Kei Kecil Timur (KKT) Abas Renwarin, Perwakilan Polsek KKT, Ketua Pemuda Kecamatan, Badan Saniri Ohoi dan tokoh adat lainnya.

Usai dilantik saat itu, Kepengurusan Forum Pemuda Ohoi Rumaat langsung tancap gas dengan melakukan penetapan program kerja.

Ketua Forum Pemuda-Pemudi Ohoi Rumaat, Thomas Selitubun. Sumber foto: Ghege
Ketua FPPO Rumaat Thomas Selitubun mengatakan, program kerja yang akan ditetapkan nanti berkaitan dengan upaya Pemuda Ohoi Rumaat dalam mendukung pembangunan dan kelestarian lingkungan di ohoi setempat.

Ia menyebutkan, salah satu program kerja yang akan dilaksanakan kedepannya, yakni penanaman bibit pohon mangrove di area pantai Ohoi Rumaat.

“Program ini direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2021, bertepatan dengan hari Pancasila,” ungkap Tommy.

Selitubun menegaskan, kemajuan suatu bangsa ataupun daerah tak terlepas dari peran pemuda.

Untuk itu, bagi dia, dalam misi memajukan negara, tak perlu harus pergi ke ibukota negara untuk melakukan sesuatu hal. Melainkan dengan hanya mengabdikan diri kepada ohoi nuhu, kita (Pemuda/i) sudah mengabdikan diri kepada negara.

“Tak perlu kita makan sawi untuk menjadi manusiawi. Tak perlu juga harus ke Jakarta untuk bisa makan nasi, cukup dengan makan enbal saja disini (di desa), kita sudah mengabdikan diri kepada bangsa dan negara ini,” ucap Bung Tommy.

Tommy menjelaskan, pengabdian konkret pemuda, khususnya bagi kemajuan ohoi disesuaikan dengan isu global yang mendera dunia saat ini. Isu-isu dimaksud berkaitan dengan kesehatan dan lingkungan, sosial kemasyarakatan dan politik.

“Saat ini di berbagai negara sedang diterpa wabah Covid-19 yang berdampak pada berbagai sektor. Disisi lain masalah lingkungan juga turut mencederai keberlangsungan pembangunan. Untuk itu, program kerja yang diprioritaskan akan mengacu pada masalah-masalah tersebut,” kata Selitubun.

Tommy optimis dapat membangkitkan semangat kaum muda sehingga mampu bersama Pemerintah Ohoi memajukan desa Rumaat. Optimisme itu ia sandarkan dengan misi ‘bangun jiwanya, bangun badannya'.

Sementara itu, Kepala Ohoi Rumaat Andreas Setitit menaruh harapan besar dengan hadirnya badan pengurus baru FPPO Rumaat.

“Badan pengurus yang dilantik ini nantinya merupakan tulang punggung dari Pemerintah Ohoi dalam rangka mewujudkan kemajuan pembangunan di Ohoi Rumaat,” kata Andreas.

Kepo meminta agar program kerja dari Forum Pemuda Ohoi Rumaat disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan dan masyarakat.

“Anggaran dan program Pemerintah Ohoi untuk tahun 2021 telah ditetapkan. Namun demikian, program-program dari Pemuda akan menjadi skala prioritas di tahun berikutnya,” ujar dia.

Andreas menyebut, sejumlah anggara melalui dana desa akan diperuntukan bagi keberlangsungan program kepemudaan. Baik dalam rangka peningkatan bakat, kegiatan sosial maupun nantinya mewakili ohoi dalam kegiatan ditingkat Kabupaten maupun Provinsi.

Ia berharap, setiap orang dalam struktur kepengurusan baru saat ini dapat saling bekerja sama dan berkoordinasi. Begitu juga sebaliknya hal yang sama dilakukan kepada Pemerintah Ohoi.

“Koordinasi dan konsultasi itu sangat penting. Selain itu, dalam organisasi harus ada kekompakan, kebersamaan dan transparansi. Kalau hal-hal ini berjalan baik, saya pastikan perjalanan oraganisasi ini akan berjalan hingga finish,” tutur Setitit.

Sama halnya dengan Kepala Ohoi, Camat KKT Abas Renwarin berharap, Pemuda-Pemudi di Ohoi Rumaat sebagai garda terdepan dapat menangkal bahaya pengunaan narkoba, minuman keras serta pergaulan bebas.

“Untuk menjadi pemuda-pemudi yang tangguh, setiap Pemuda/i yang ada di ohoi ini harus bisa bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan dinamika lingkungan sekitarnya. Disisi lain, mental dan karakteristik dari setiap Pemuda yang ada harus diberdayakan,” kata Renwarin.


Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar