Marrin News

Tiga Ohoi di Kei Besar Utara Timur Teraliri Listrik 24 Jam

Peresmian Listrik 24 Jam di tiga desa Kecamatan Kei Besar Utara Timur. Foto: Bag. Prokopim Malra

Penulis: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur, Marrinnews.com - Tiga ohoi atau desa di Kecamatan Kei Besar Utara Timur Kabupaten Maluku Tenggara, akhirnya bisa menikmati layanan listrik 24 jam setelah berpuluh tahun lamanya hanya bergantung pada cahaya lamps pelita. Ketiga desa tersebut, yakni Ohoifau, Ohoifaruan dan Ohoi Watlar.

Layanan listrik bagi tiga ohoi ini telah dapat dimanfaatkan usai diresmikan Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun pada Rabu (5/5/2021).

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tual Alexander J. Manuhuwa mengatakan, pembangunan jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 5,9 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah sepanjang 1,1 kms dan 3 buah gardu distribusi ke tiga wilayah desa tersebut, mengeluarkan total biaya investasi senilai Rp 1,08 milyar.

“Terdapat 235 pelanggan, dimana 125 pelanggan sudah berhasil menyala dan 110 pelanggan lagi dalam proses pembayaran biaya penyambungan secara kolektif dari Kepala Desa setempat,” ujar Alex dalam keterangan pers yang diterima media ini di Langgur, Kamis (6/5).

Manuhuwa menyampaikan ucapan terima kasih kepada para stakeholder di Kabupaten Maluku Tenggara yang telah memberikan dukungan kepada pihak PLN.

“Terimakasih kepada seluruh stakeholder khususnya Bupati Maluku Tenggara, DPRD Maluku Tenggara serta seluruh masyarakat ketiga desa di Kecamatan Kei Besar Utara Timur yang terus mendukung kami dalam menghadirkan listrik di Kabupaten Maluku Tenggara,”bebernya.

Manuhuwa menambahkan, dengan berhasil dilistrikinya ketiga desa tersebut maka sepanjang tahun 2021 PLN telah berhasil melistriki 9 (sembilan) desa di Pulau Kei Besar dengan total jumlah pelanggan yang berhasil dinyalakan sebanyak 370 pelanggan.

Sementara itu, Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara menyampaikan terima kasih kepada PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara.

“Ini sesuatu yang luar biasa, saya ucapkan terima kasih kepada pihak PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara. Semoga masyarakat desa lainnya dapat merasakan juga apa yang kini telah dirasakan oleh masyarakat di Kecamatan Kei Besar Utara Timur ini,” ujar Thaher.

Bupati berkomitmen akan mengupayakan infrastruktur pelistrikan 24 jam dapat teraliri di seluruh wilayah Pulau Kei Besar.

“Untuk mencapai hal itu maka dukungan dari masyarakat juga sangat penting. Saya tidak bisa berbuat lebih jika tidak ada dukungan dari seluruh elemen masyarakat,” pungkas Hanubun.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar