Marrin News

Sekda Malra Lantik Kepala Ohoi Maar Definitif “Sayuti Fakaubun”

Sekertaris Daerah Ahmad Yani Rahawarin memasangkan tanda jabatan Kepala Ohoi Definitif Maar Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan atas nama Sayuti Fakaubun usai proses pengambilan sumpah di Ohoi Danar, Kamis (20/5/2021). Foto: Prokopim Malra

Penulis: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur (Maar), Marrinnews.com – Sayuti Fakaubun kini menjabat Kepala Ohoi atau Desa Maar Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan (KKTS) hingga 6 tahun kedepan, usai dilantik pada Kamis (20/5/2021) siang.

Pelantikan dan pengangkatan Sayuti sebagai Kepala Ohoi Maar definitif masa bahkti 2021-2027, secara resmi dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Ahmad Yani Rahawarin, bertempat di Ohoi Danar.

Ahmad Yani diamanatkan langsung Bupati Muhammad Thaher Hanubun untuk memimpin jalannya proses tersebut. Lantaran Bupati saat ini sedang melakukan kunjungan kerja ke luar daerah.

Bupati Thaher Hanubun dalam amanatnya yang dibacakan Ahmad Yani menyatakan bahwa pelantikan dan pengangkatan Sayuti Fakaubun sebagai Kepala Ohoi Maar telah melalui serangkaian proses panjang. Baik dari aspek administrasi, tatanan adat maupun dengan pertimbangan teknis lainnya.

Thaher menyebut, dalam rangkaian proses tersebut terdapat perbedaan pandangan dan pendapat tentang siapa yang berhak ditunjuk dan diangkat sebagai Kepala Ohoi.

“Namun, alhamdulilah semuanya dapat diselesaikan dengan baik,” kata dia.

Bupati menekankan perbedaan itu bukanlah sarana pemecah hidup kekeluargaan dan bermasyarakat. Namun merupakan cermin dari kehidupan ohoi yang dinamis dan harmonis guna mewujudkan kemajuan ohoi itu sendiri.

Menurut Bupati, setelah dari pelantikan Kepala Ohoi Maar, ia akan kembali melantik Kepala ohoi lainnya di wilayah Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan dan ohoi-ohoi lainnya di negeri berjuluk Larwul Ngabal yang hingga kini belum didefinitifkan.

Sementara itu, Bupati menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Camat KKTS, Rat atau Raja Famur Danar, Penjabat Kepala Ohoi Maar,  Badan Saniri Ohoi (BSO) dan BPOS yang telah berproses sehingga pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut dapat terlaksana.

“Saya berharap agar kita semua mendukung proses Kepala Ohoi definitif di Kabupaten Maluku Tenggara. Kiranya terbangun sinergitas antara para Raja, Camat, BSO dan keluarga turunan orang kay dan soa sehingga harapan untuk 190 Ohoi memiliki kepala ohoi definitif dapat terwujud,” ujar Hanubun.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar