Marrin News

Maluku Tenggara Dapat Tambahan 500 Vial Vaksin Covid-19

Ilustrasi Vaksin Covid-19. Dok: Liputan6.com

Penulis: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur, Marrinnews.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) mendapat tambahan stok vaksin Covid-19 untuk menuntaskan program vaksinasi tahap kedua.

Kepala Dinas Kesehatan Malra dr. Katrinje Notanubun mengatakan, 500 vial (multi dose) tersebut diterima dari Provinsi Maluku pada Rabu (28/4/2021). Tambahan vaksin akan diperuntukan bagi 5.000 orang.

“Dua hari lalu, kami sudah mendapatkan tambahan vaksin kurang lebih 500 vial. Pihak Kantor Pos yang langsung mengantarnya ke Dinkes,” ungkap dokter Ketty kepada Marrinnews.com di Langgur, Sabtu (1/5). 

Ia menjamin tambahan 500 vial vaksin tersebut akan dapat memenuhi vaksinasi dosis kedua bagi peserta yang telah menerima suntikan dosis pertama.

Menurut Dokter Ketty, Dinas Kesehatan Maluku Tenggara bergerak cepat dalam melaksanakan program vaksinasi Covid-19.

Terhitung sejak 21-30 April 2021, sudah ada 3.182 pekerja publik yang menerima suntikan vaksin dosis pertama dari total yang ikut screening sebanyak 3.536 orang. Sedangkan untuk lansia, yang sudah menerima sebanyak 235 orang dari total 308 peserta yang discreening.

Capaian itu, menempatkan Maluku Tenggara di urutan kedua dengan cakupan penerima vaksin terbanyak, setelah Kota Ambon. Data tersebut berdasarkan infografis vaksinasi di Provinsi Maluku.

“Walaupun Maluku Tenggara baru memulai vaksinasi tahap kedua pada tanggal 21 April 2021, tetapi cakupan pelayanan terbanyak, mungkin nomor dua di Provinsi Maluku.  Daerah lain sudah berlangsung dua minggu lamanya tetapi hanya berkisar 400-500 saja,” ungkap Notanubun.

Dokter Ketty menyebut, pelayanan vaksinasi di Malra selama kurang lebih satu minggu kemarin dilakukan di Gedung Serbaguna Larwul Ngabal, dengan melibatkan tim tenaga medis dari Puskesmas Watdek dan Kolser serta Puskesmas Debut.

Sementara Puskesmas Ibra melayani vaksinasi di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur. Bahkan kini vaksinasi juga menyasar sampai di Ohoiel, Watsin, dan Puskesmas Elat.

“Pantauan kami untuk wilayah Kei Besar masih tetap berjalan dan kemarin jugakami laksanakan di GOTA Supermarket dan di gedung serbaguna,” ujar Plt. Direktur RSUD Karel Sadsuitubun Langgur ini.

Ia mengaku terjadi penurunan peserta vaksinasi CoronaVan, khususnya untuk pelayanan di gedung serbaguna Ohoijang. Meski begitu, pihaknya akan terus berupaya sehingga program vaksinasi tahap kedua dapat diselesaikan.

“Memang kemarin sudah terjadi sedikit penurunan di gedung serbaguna. Jadi pelayanan akan di lakukan pada setiap Puskesmas. Mungkin nanti juga dibuka kembali lagi untuk masyarakat umum, selama vaksin masih mencukupi,” kata dia.

Dokter Ketty optimis pihaknya akan mampu mengendalikan angka penderita Covid-19 di Maluku Tenggara.

Berdasarkan informasi yang diterima Marrinnews.com, mulai tanggal 1 Mei 2021 pelayanan vaksinasi  Covid-19 untuk pekerja publik dan lansia diatas 60 tahun akan di lakukan di seluruh Puskesmas yang tersebar di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara.

“Bagi seluruh vaksinasi yang telah menerima suntikan dosis pertama,  selanjutya akan menerima dosis kedua pada tanggal 19 Mei 2021 bertempat di Gedung Serbaguna Ohoijang. Pelayanan dibuka mulai Pukul 09.00-15.00 WIT,” sebut Dokter Ketty.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar