Marrin News

Angka Kriminalitas di Kepulauan Kei Turun, Bupati Malra Beri Apresiasi ke Polres Tual

Kapolres Tual AKBP Alfaris Pattiwael didampingi tiga Kepala Satuan pada Polres Tual. 

Penulis: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur, Marrinnews.com – Mapolresta Tual menyatakan, angka kasus Kriminalitas di wilayah Kepulauan Kei menurun.

Kapolres Tual AKBP Alfaris Pattiwael mengatakan, jumlah kasus kriminal secara umum di tahun 2020 berbanding tahun 2019 mengalami penurunan hingga 23,8 persen.

“Orang bilang daerah ini rawan, orang bilang kacau dan segala macam, buktinya ada pada kami. Yang bisa merilis adalah dari pihak Kepolisian selaku penanggung jawab kamtibmas, jadi data kriminalitas tahun 2020 dibanding tahun 2019 itu menurun 23,8 persen,” tegas Pattiwael di halaman Mapolresta Tual, Rabu (5/5/2021).

Ia mengklaim, capaian tersebut merupakan prestasi  nomor satu di wilayah hukum Polda Maluku.

Pattiwael juga melaporkan angka kasus tindak kriminalitas dan gangguan keamanan di wilayah Kepulauan Kei, baik Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara selama triwulan pertama 2021, terhitung Januari-Maret.

“Kasus tindak kriminalitas dan gangguan keamanan di triwulan satu 2021 berbanding triwulan satu tahun 2020, juga mengalami penurunan 29,2 persen,” sebut Pattiwael.

Kapolres Alfaris menilai, catatan tersebut menandakan bahwa kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di negeri Raja-Raja ini semakin hari kian membaik.

Menurut dia, kondisi itu dikarenakan adanya peningkatan operasi pengamanan oleh pihak Kepolisian setempat. Operasi ini mendapat dukungan penuh dari satuan TNI bersama instansi terkait di daerah ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada pimpinan TNI yang selalu membackup kegiatan operasi Polres Tual. Kita selalu bersama-sama sehingga memang dampaknya cukup signifikan dalam upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban di kedua wilayah ini,” ujar Alfaris.

Disisi lain, Pattiwael mengaku, karakter masyarakat di wilayah Kepulauan Kei akhir-akhir ini cukup baik.

“Masyarakat kita ini sangat dengar-dengaran, walaupun satu sisi kapala batu, keras tapi sesungguhnya mereka taat pada aturan yang berlaku. Sikap inilah yang dibutuhkan sehingga dapat mendukung kegiatan TNI/Polri dapat berjalan dengan baik,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun menyampaikan apresiasi bagi Kepolisian Resort Tual yang sejauh ini telah berupaya maksimal dalam memberantas tindak kriminal dan menjaga keamanan dan ketertiban.

“Saya sangat berterima kasih yang mendalam. Mudah-mudahan situasi keamanan dan ketertiban di dua daerah ini senantiasa kondusif. Saat ini angka kriminalitas sudah menurun, itu juga suatu prestasi yang sangat membanggakan bagi kita semua,” ujar Thaher.

Ia menambahkan, beberapa waktu kedepan akan memasuki hari Raya Idul Fitri. Dengan begitu, kata Bupati bahwa sesuai amanah Kapolri maka seluruh elemen, baik TNI/Polri maupun Pemerintah daerah harus bekerja keras meningkatkan pengamanan dan pembatasan mudik sebagaimana diamanatkan.

“Surat Edaran bahkan Perda sudah ada, tinggal bagaimana nanti kita memperketat pengamanan itu,” tandas Hanubun.


Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar