Marrin News

Syukuran Pelantikan Kepo Somlain, Andreas Ngamel: Jabatan Ini Untuk Melayani Kepentingan Seluruh Masyarakat Ohoi

Kepala Ohoi Somlain, Andreas Ngamel saat membacakan sambutan perdana pada acara syukuran pelantikannya sebagai Kepala Ohoi Definitif. Acara berlangsung di Ohoi Somlain, Sabtu (10/4/2021). Foto: Ghege Ngamel

Pewarta: Nick Renleuw |Editor: Ghege Ngamel

Langgur (Somlain), Marrinnews.com – Warga Ohoi (Desa, red) Somlain, Kecamatan Kei Kecil Barat, Kabupaten Maluku Tenggara menggelar acara syukuran atas pelantikan Andreas Ngamel sebagai Kepala Ohoi Somlain masa bhakti 2021-2027, Sabtu (10/4/2021). 

Diketahui, Andreas Ngamel telah dilantik dan mengangkat sumpah jabatan bersama dengan sebelas Kepala Ohoi lainnya se-Kabupaten berjuluk Larvul Ngabal itu oleh Bupati Muhammad Thaher Hanubun di Aula Kantor Bupati setempat pada 23 Maret 2021 lalu.

Acara Syukuran diawali dengan perayaan misa syukur yang dipimpin oleh Pastor Paroki Hati Kudus Ohoidertutu, RD. Erick Mara di Ohoi Somlain. 

Setelah itu, dilakukan upacara serah terima jabatan dari Penjabat Kepala Ohoi kepada Kepala Ohoi definitif Somlain. Upacara dipimpin langsung oleh Camat Kei Kecil Barat, Jacob Rahajaan di Kantor Camat setempat. 

Upacara Serah Terima Jabatan dari Penjabat Kepala Ohoi Somlain kepada Kepala Ohoi Somlain Definitif di Kantor Camat Kei Kecil Barat, Sabtu (10/4/2021) pagi. Tampak Camat Kei Kecil Barat, Jacob Rahajaan sedang menandatangani berita acara serah terima. Foto: Ghege Ngamel

Sesaat setelah upacara tersebut, dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Ohoi Somlain. 

Tak sampai disitu, acara syukuran saat itu dirangkai juga dengan Pengukuhan Pengurus Gapoktan dan Kelompok Tani Ohoi Somlain binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Maluku Tenggara. 

Hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut, Anggota Komisi I  DPRD Malra, Thomas Ulukyanan, sejumlah pimpinan OPD Malra, Camat KKB, Kapolsek KKB, Danramil KKB, Pastor Paroki Ohoidertutu, Raja Yab Faan dan Raja Mantilur Kisu Vait, Kepala ohoi se Kecamatan KKB, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat. 

Acara Pengukuhan Pengurus Gapoktan dan Kelompok Tani Ohoi Somlain binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Maluku Tenggara. Foto: Ghege Ngamel

Kepala Ohoi Somlain, Andreas Ngamel dalam sambutan perdananya menegaskan bahwa jabatan kepala ohoi yang diembannya merupakan tanggung jawab untuk melayani kepentingan seluruh masyarakat ohoi, bukan untuk melayani kepentingan pribadi, keluarga, ataupun segelintir kelompok saja.

“Saya hanya kepala ohoi pelengkap administrasi pemerintah terkecil yang membawahi segala urusan tingkat ohoi. Tak ada arti apa-apa jika sekadar menjabat sampai 6 tahun ke depan kalau saja kita tidak bersama saling bahu-membahu,” kata Andi, sapaan Akrab Kepo Somlain. 

Oleh karena itu, Ngamel mengajak seluruh komponen masyarakat Ohoi Somlain untuk memandang jauh ke depan dengan penuh harapan dan semangat untuk membangun ohoi dari ketertinggalan, kemiskinan, infrastruktur, membangun Sumber Daya Manusia (SDM) dan sebagainya.

“Ini adalah tugas kita bersama. Sekarang saatnya kita bekerja menuju kebaikan bersama, lupakan segala macam gesekan dan intrik kemarin demi menjaga keamanan serta jalannya pemerintahan yang baik. T’dok foo hoi nuhu, lutur ain mehe ni sasa ai, woma ain mehe ni lo loang,” papar Andi. 

Ngamel bahkan membuka diri untuk setiap masukan dan kritikan yang disampaikan kepadanya. 

Ia mengingatkan semua warga masyarakatnya agar tidak segan memberi teguran atau pun masukan apabila dalam masa pemerintahannya, ada hal-hal yang dianggap tidak sesuai dengan sistem kerja pemerintahan sebagaimana yang diamanatkan.

“Silahkan singgah ke kantor desa atau rumah saya untuk berdiskusi, sharing pendapat, berkoordinasi dengan aparat desa. Kantor desa dan rumah saya terbuka bagi siapa pun yang ingin memajukan ohoi tercinta ini,” ujar dia. 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar