Marrin News

MTH dan Bunda Eva Antar Yelim "Imam Baru" di Ohoinol

Potret Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun bersama Istri Eva Elliya Hanubun serta Kerala Kejaksaan Negeri Tual, Dicky Darmawan saat mengantar Yelim kepada keluarga Imam baru di Ohoi Ohoinol, Selasa (27/4/2021) sore. Foto/Dok: Marrinnews.com

Penulis: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur, Marrinnews.com – Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun dan Istri Eva Eliya Hanubun pada Selasa (27/4/2021) sore, mengantar 'Yelim' atau bantuan kepada keluarga Imam (Pastor) baru asal Ohoi Ohoinol, Kecamatan Kei Kecil Timur.

Yelim tersebut diberikan Bupati Thaher dan Bunda Eva secara kekeluargaan. Bupati dan Istri didampingi Kepala Kejaksaan Negeri Tual Dicky Darmawan.

Kedatangan Bupati bersama rombongan di Ohoinol disambut secara adat oleh para tetuah. Dalam prosesi adat itu, Bunda Eva Elliya diangkat menjadi bagian dari Vat Vat Dit El Walken, yang ditandai dengan penyematan gelang mas adat.

Penyematan yang sama juga diberikan kepada Kejari Tual. Dicky diangkat sebagai Bran Ran Welau Far Far di Woma El Simreuw.

Usai dari situ, Bupati bersama rombongan berarak menuju pelataran woma (pusar kampung) dan rumah adat. Di woma, tetuah adat kembali melakukan prosesi adat.

Sementara saat berada di rumah adat, Bupati menyampaikan maksud kehadirannya bersama sang istri.

Ler i, ya’a ba dis tugas ed ne ba yan tete. Kebetulan fuk ne u hov i ya waring turan Kejari n'hov ning tebtuan ma ba dat i tagal u dinar ne urat ar kerja na'a ohoi i. Ak bo afa ar kerja i ya it yan te besa din ma it besa ta fikir hak harmes mes-

(Hari ini saya datang bukan karena urusan kerja dinas tapi ini perjalanan kekeluargaan. Kebetulan saya datang dengan saudara bapak Kejari dan istri saya karena saya dengar ada acara dan kerja di kampung ini. Acara ini adalah milik semua keluarga yang ada, termasuk saya. Jadi saya merasa turut bertanggung jawab bersama keluarga disini),” tutur Thaher.

“Ma u dat ler i ya m'far kokat fatu hov i ya afa den he fo nan tul ne ya'a fel te u hof fuk afa im bi ras ras he-

(Jadi saya datang ini dengan membawa sebutir beras dan barang lainnya supaya menjadi tanda bahwa saya turut sepenanggungan dengan apa yang keluarga rasakan),” tambah dia.

Bupati memastikan, saat acara misa pertama nanti ia akan datang membawa serta pimpinan OPD lingkup Pemkab Malra.

"Tek ni waktu akbo, ba kubni, ya’a hov kepala dinas besa m’dat (Nanti tiba waktunya, baru saya dan para kepala dinas datang lagi),” ungkap MTH.

Sementara itu, salah satu tokoh adat Ohoi Ohoinol mewakili keluarga menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Istri.

Bagi dia, sekalipun kehadiran Bupati saat itu mengatasnamakan keluarga, namun akan menjadi suatu catatan sejarah tersendiri.

“Am her terima kasih banyak fe im vat baran ru karena selama i tal Bupati ke Bupati, kat ler i kabo ma ketemu. U her banyak terima kasih. U her na’a miran raf ru, duad nit hir batang, hir na did umur panjang (Kami sangat berterima kasih kepada bapak dan ibu berdua karena selama ini dari Bupati ke Bupati, baru hari ini kami ketemu,” tutur tokoh adat tersebut.

Untuk diketahui, Imam baru asal Ohoi Ohoinol adalah RP. Aloysius Z. Lefubun. Aloysius dan salah satu Putra Ohoi Isso, RP. Nicholaus Jamrewav telah ditahbiskan sebagai Imam MSC oleh Mgr. Benedictus Rolly Untu di Gereja Katolik Hati Tersuci Katedral Manado pada 17 April 2021 lalu.

Dua Imam baru asal Kei ini telah tiba di Langgur dengan menumpangi pesawat komersial melalui Bandara Karel Sadsuitubun tadi siang, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar