Marrin News

KRI Malahayati 362 Tangkap Kapal Pengebom Ikan di Pulau Serua-MBD

KRI Malahayati 362 saat tiba di Dermaga Lanal Tual, Kamis (29/04/2021) pagi. Foto: Nick Renleuw

Pewarta: Nick Renleuw

Tual, Marrinnews.com – Kapal Perang Indonesia (KRI) Malahayati 362 berhasil menangkap dan mengamankan KM Nadia Jaya 01 (20 GT) di Pantai Pulau Serua, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) pada Selasa (27/04/2021) lalu, sekitar pukul 13.30 WIT.

“Berdasarkan informasi dari masyarakat setempat bahwa KM Nadia Jaya 01 tersebut telah melakukan pengeboman ikan di sekitar pantai Pulau Serua sejak setahun terakhir,” ungkap Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada III, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Rudhi Aviantara I. H. (Han), dalam keterangan pers yang diterima Marrinnews.com, Kamis (29/04/2021) pagi.

Menurut Danguspurla III bahwa setelah dilaksanakan penggeledahan, di atas kapal ditemukan beberapa barang bukti bahan peledak berupa urea yang sudah dikemas dalam jeriken kecil, botol bir dan botol aqua yang siap digunakan untuk pengeboman ikan. 

Adapun rincian barang bukti dimaksud berupa urea dalam 17 buah jeriken urea, urea dalam 48 botol bir, urea dalam 10 botol aqua, 15 detonator besar terangkai, 86 detonator plastik terangkai, 125 detonator mini belum terangkai serta hasil tangkapan ikan kurang lebih 1 ton. 

Sebanyak 15 anak buah kapal (ABK) KM Nadia Jaya 01 turut diamankan bersama barang bukti.

Mengingat lokasi penangkapan masih berada dalam wilayah kerja Pangkalan TNI AL Tual, selanjutnya KRI Malahayati 362 mengawal (shadowing) KM Nadia Jaya 01 menuju dermaga Lanal Tual untuk diproses lebih lanjut.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar