Marrin News

Apresiasi Pencapaian Pembangunan Ohoi, Ngamel Ajak Warga Somlain Kejar Ketertinggalan

Kepala Ohoi Somlain, Andreas Ngamel. Foto: Ghege Ngamel

Pewarta: Nick Renleuw | Editor: Ghege Ngamel

Langgur (Somlain), Marinnews.com – Kepala Ohoi (Desa) Somlain Andreas Ngamel mengakui dan mengapresiasi sejumlah keberhasilan pembangunan di Ohoi Somlain yang dicapai dalam kurun waktu 13 tahun terakhir. 

Capaian itu ia ungkapkan saat menyampaikan sambutan pada acara syukuran pelantikan Kepala Ohoi Somlain, Sabtu (10/04/2021) di Ohoi Somlain. 

Andi Ngamel menyebut fakta bahwa Ohoi Somlain pernah dinobatkan sebagai Desa Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat di Provinsi Maluku pada tahun 2017 lalu.

Menurut dia, hal tersebut merupakan salah satu pencapaian dan keberhasilan Ohoi Somlain yang patut dibanggakan dan diapresiasi.

Kendati demikian, Ngamel menyatakan bahwa  keberhasilan sebagaimana dimaksud masih menyisakan berbagai masalah sosial kemasyarakatan yang diperkirakan akan muncul di masa mendatang. 

Andi menyebut, tantangan yang masih harus dihadapi terutama adalah minimnya pemahaman masyarakat terhadap suatu kemajuan pembangunan.

Ia meyakini, permasalahan tersebut tidak akan mampu diatasi oleh pemerintah ohoi tanpa adanya kerja sama yang harmonis dengan seluruh komponen masyarakat yang ada di Ohoi Somlain.

“Oleh karena itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mengajak kita semua masyarakat Ohoi Somlain untuk bersama-sama bergandeng tangan membangun Ohoi kita yang tercinta ini. Kemajuan Ohoi Somlain tidak hanya bergantung pada pemerintah ohoi tapi ini menjadi tugas kita bersama,” paparnya.

Secara blak-blakan, Ngamel memohon bimbingan dan pencerahan dari para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat agar dapat mengemban tugas kepo sebagaimana mestinya demi kemajuan Ohoi Somlain.

Ia juga mengajak dan berharap agar dapat berkolaborasi secara baik dengan jajaran pemerintah daerah dan TNI/Polri. Ia berjanji, aparat Ohoi Somlain akan bersikap kooperatif ketika menjalankan tugas dan kewajiban dalam hal-hal terkait kedinasan, keperluan administrasi dan lain sebagainya.

“Generasi muda Somlain, marilah kita bangkit dan bersemangat, hindarilah hal-hal yang merugikan dirimu sendiri, keluarga dan masyarakat, karena masa depan ohoi ini ada pada kalian semuanya. Jadilah generasi muda yang penuh rasa tanggung jawab, bekalilah dengan ilmu pengetahuan hingga menjadi kebanggaan kita semua,” tutur Ngamel.

Tak luput, Andi menyampaikan apresiasi kepada Bupati Maluku Tenggara, Muhammad Thaher Hanubun dan seluruh jajaran di lingkup Pemkab Malra. 

Bagi dia, Bupati Thaher Hanubun telah berandil besar, sehingga penantian panjang masyarakat Somlain selama 13 tahun kini dapat terjawab sudah dengan hadirnya seorang kepala ohoi definitif. 

"Terima kasih Bapak Bupati Haji Thaher Hanubun yang telah mendukung proses selamat ini. Terima kasih yang sama juga says sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung dan mewujudkan impian masyarakat Somlain, terima kasih," ucap Andi. 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar