Marrin News

Wali Kota Tual: Kei Panggil Pulang Pangdam XVI Pattimura

Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin. Foto: Istimewa

Pewarta: Nick Renleuw | Editor: Ghege Ngamel

Tual, Marrinnews.com – Wali Kota Tual, Adam Rahayaan menyambut gembira kedatangan Pangdam XVI Pattimura, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Jeffry Apoly Rahawarin dan rombongan di Kepulauan Kei. Wali Kota juga memberikan apresiasi dan terima kasih yang setingginya-setingginya. 

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Wali Kota (Wawali) Tual Usman Tamnge, saat menjamu Pangdam Pattimura bersama rombongan dalam tatap muka dan makan malam bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tual dan tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh adat di Aula Balai Kota Tual, Rabu (17/03/2021) malam.

“Saya menyampaikan selamat datang kepada Bapak Pangdam XVI Pattimura dan rombongan dalam rangka melakukan kunjungan kerja di tanah Kei, Bumi Evav, lebih khusus lagi Bumi Maren Kota Tual tercinta ini yang juga merupakan tanah leluhur dan tanah tumpah darah dari orang tua dan moyang Mayjen TNI Jeffry Rahawarin,” ucap Wali Kota Tual sebagaimana disampaikan Wawali Usman Tamnge. 

Menurut Rahayaan, momentum kunjungan kerja Pangdam XVI Pattimura dan kesempatan jamuan makan malam ini bagi masyarakat Kei memiliki nilai kehormatan yang luar biasa. 

Kendati begitu, kata dia, dibalik jamuan itu bukan hanya karena ini adalah kunjungan perdana, tetapi terutama karena Pangdam XVI Pattimura yang baru dilantik adalah putra daerah Kei. 

“Kunjungan Bapak Pangdam merupakan kunjungan perdana, namun berbeda dengan kunjungan Pangdam sebelumnya. Kunjungan kali ini dapat dikatakan dengan bahasa kearifan bahwa Kei panggil pulang,” ungkap Adam. 

Bagi Wali Kota, hal ini tentunya akan menambah rasa kekeluargaan. Apalagi, sebagaimana yang ditunjukan Komandan Kodim 1503 dan jajarannya selama ini, dimana telah menjiwai nilai kultur dan budaya Kei sebagai syarat terbinanya stabilitas dan sekaligus menjadi modal kekuatan bangsa.

“Sungguh kami yakin seluruh orang Kei di mana saja berada sudah pasti merasa bangga atas salah satu putra terbaik Kei yang diangkat dalam jabatan Panglima dan berpangkat bintang dua di tubuh (TNI) Angkatan Darat,” imbuh Rahayaan. 

Ia menjelaskan, Mayjen Jeffry Rahawarin merupakan orang Kei kedua yang mencapai jenderal bintang tertinggi di lingkungan TNI/Polri setelah Laksamana Madya Purnawirawan TNI AL Stani Fofid.

“Hal ini tentu mendorong sebuah harapan dan keyakinan bahwa sejumlah bintang di sana menanti generasi Kei. Namun demikian, daya dukung sangatlah diperlukan dari basudara basudara orang Kei, orang Maluku yang sudah menggapai bintang di pundak,” ujar Wali Kota Tual. 

Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge menyerahkan cendera mata Pemkot Tual kepada Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Jefry Rahawarin di Aula Balai Kota Tual, Rabu (17/02/2021) malam. Foto: Ghege Ngamel
Pantauan Marrinnews.com, rombongan Pangdam XVI Pattimura antara lain terdiri dari sang istri, Arni Sukarni Rahawarin, Staf Ahli Pangdam XVI Pattimura, serta Danrem 151 Binaiya. 

Turut pula dalam jamuan makan malam, Kepala BNNP Maluku Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol MZ Muttaqien yang juga sedang melakukan kunjungan kerja di Tual.

Sementara dari jajaran Pemkot Tual, tampak Ketua dan Para Wakil Ketua DPRD, Forkopimda Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, Sekretaris Daerah serta para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Tual. Hadir pula Ketua MUI, Wakil Uskup, Ketua Klasis, Para Raja, tokoh pemuda, serta tokoh masyarakat.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar