Marrin News

Tim Penggerak PKK Malra Gelar Peringatan ke-49 HKB PKK

Tampak sebagian pemenang lomba menerima sertifikat dan piagam penghargaan pada peringatan ke-49 HKB PKK di Aula Kantor Bupati setempat, Kamis (25/3/2021). Foto: Chemo Labetubun


Pewarta: Nick Renleuw | Marrin News


Langgur, Marrinnews.com – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menggelar Peringatan ke-49 Hari Kesatuan Bergerak (HKB) PKK dengan tema Melalui Peringatan Hari Kesatuan PKK, Keluarga Pelopor Perubahan, Menuju Indonesia Maju di Aula Kantor Bupati setempat, Kamis (25/3/2021).

Dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Malra Eva Elya Hanubun menjelaskan bahwa sesuai dengan tema peringatan HKB, Tim PKK Malra didorong untuk melakukan revitalisasi dan pembangunan dari pinggiran

“Selama tahun 2020, Tim Penggerak PKK Malra telah memprioritaskan program revitalisasi kelompok dasawisma untuk ketahanan pangan teristimewa kesiapan keluarga dalam menghadapi pandemi Covid-19,” ungkapnya

Ia menuturkan, program revitalisasi dilakukan secara bertahap. Pertama, dengan peningkatan kualitas dan kompentensi sumber daya manusia kader PKK di semua jajaran. Tujuannya adalah agar setiap kader mampu berperan sebagai motivator, fasilitator, dan dinamisator pelaksanaan 100 program pokok PKK dengan melaksanakan bimbingan teknis.

Tahapan kedua yakni memberikan motivasi serta semangat kerja kepada seluruh jajaran tim penggerak PKK untuk secara aktif memberikan kontribusi optimal selama pelaksanaan program-program PKK. Ketiga, peningkatan pengelolaan administrasi PKK yang semakin jelas, lengkap, efisien dan efektif.

“Untuk medukung revitalisasi, dilakukan pembenahan kelembagaan pada semua jenjang kepengurusan. Tim Penggerak PKK Kecamatan diarahkan bekerja sesuai agenda tahunan dengan metode percepatan perubahan lomba secara bertahap dimulai dari lomba dasawisma, lomba tingkat ohoi dan kecamatan,” jelas Eva.

Pada kesempatan itu juga, ia mengingatkan kepada Tim Penggerak PKK, para kader PKK dan kader dasawisma agar menggelorakan semangat pengabdian dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang diemban.

“Teruslah mengembangkan kualitas koordinasi dan kerjasama dengan komponen masyarakat. Teruslah bekerja dengan baik, ingatlah bahwa karya yang baik tidak akan terwujud tanpa kerja yang baik pula,” pungkasnya.

 

Apresiasi Bupati MTH

Bupati Malra M. Thaher Hanubun, dalam sambutannya yang dibacakan Assisten Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Zainal Arifin, mengapresiasi setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Malra.

Menurutnya, Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Malra telah memberikan banyak bantuan dalam menangani beberapa masalah sosial di daerah. Ia menilai, Tim PKK telah menjalankan program-program kegiatan yang bermanfaat serta membantu masyarakat mengatasi ketersediaan pangan keluarga selama pandemi covid-19

“Masalah sosial seperti penanganan stunting dapat diatasi melalui edukasi pengelolaan bahan pangan yang mengandung gizi tinggi bagi anak sehingga menjadi salah satu faktor penekanan peningkatan angka stunting,” ungkapnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Malra Eva Elya Hanubun bersama para pengurus dan kader PKK dalam peringatan ke-49 HKB PKK di Aula Kantor Bupati setempat, Kamis (25/3/2021). Foto: Chemo Labetubun 


“Sementara program pemberdayaan dan bimbingan kepada generasi muda telah membantu mengatasi terjadinya penurunan nilai moral yang jika diabaikan akan memberikan dampak negatif di tengah masyarakat,” tambah Bupati.

Thaher mengingatkan, keseluruhan program PKK tidak bisa berjalan maksimal tanpa dukungan dari setiap stakeholder dan kerja sama masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dia berharap agar hasil capaian dan kinerja saat ini terus dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan demi terwujudnya masyarakat yang sehat, kuat, dan cerdas sehingga mampu membantu pemerintah membangun Maluku Tenggara yang maju.

Turut hadir dalam kegiatan antara lain Sekretaris Daerah (Sekda) Malra, Para Staf Ahli Bupati, Forkopimda, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Kepala Ohoi dan Tim Penggerak PKK di 11 kecamatan. Sementara Assisten Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Zainal Arifin, dipercayakan untuk membacakan sambutan Bupati.

Kegiatan juga dimeriahkan dengan pengumuman hasil sejumlah lomba yang telah digelar jelang peringatan ke-49 HKB PKK, serta penyerahan sertifikat dan hadiah uang tunai kepada para juara dari berbagai kategori.



Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar