Marrin News

Pesta Puisi "Menunggu Kei Senja" di Negeri Larvul Ngabal Bareng BSNE

Penulis: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur, Marrinnews.com - Bengkel Sastra Nuhu Evav (BSNE) untuk pertama kalinya akan menyuguhkan pementasan puisi di Kepulauan Kei.

Pentas perdana bertajuk "Menunggu Kei Senja" tersebut di helat pada Sabtu (6/3/2021) pukul 16.00 WIT, bertempat di Cafe dan Resto Fid Tilus Ohoi Kolser, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara. 

Berbagai gendre puisi dari sehimpun penyair BSNE bakal berdenyut di panggung. Tak ketinggalan, penampilan maha karya sang meastro Oppa Rudy Fofid dipastikan menemani penantian setiap mata senja di ufuk barat negeri Larvul Ngabal. 

Menariknya juga, dalam pementasan besok akan disuguhkan perpaduan dua unsur keindahan "bunyi dan kata-kata" dengan balutan alat musik tradisional maupun modern. 

Bagi masyarakat pecinta sastra dapat hadir dan menyaksikan langsung acara tersebut. Bisa juga melalui media sosial Facebook BSNE. 

Keterangan pers yang diterima Marrinnews.com di Langgur, Jumat (5/3) malam menyebutkan bahwa saat ini berbagai persiapan tengah dilakukan guna menyukseskan acara pementasan nanti. 

Ketua BSNE, Muhammad Fahd Difinubun mengatakan, perhelatan ini sendiri merupakan kelanjutan dari deklarasi Bengkel Sastra Nuhu Evav di pantai Ngursadan Ohoililir pada tanggal 21 Februari 2021 lalu. 

"Beberapa waktu lalu, kami sudah mendeklarasikan pendirian bengkel sastra di Kepulauan Kei. Sehingga untuk mengawali segala aktivitas bengkel, maka kami menggelar pementasan puisi ini," jelas At Yho sapaan akrab Ketua BSNE.

Selain itu, pembacaan puisi digelar untuk membangkitkan daya cipta serta menumbuhkan cinta pada karya sastra. 

Difinubun mengungkapkan, kegiatan itu juga sebagai wahana perkenalan kepada publik. Dengan begitu, keberadaan BSNE di tanah Kei dapat memikat minat generasi muda terhadap bahasa dan sastra, khususnya bahasa dan sastra Evav (Kei, red). 

Mengingat situasi pandemi Covid-19, pementasan puisi oleh BSNE berlangsung dengan mengedepankan protokol kesehatan. 

"Bagi warga  yang ingin menyaksikan langsung acara tersebut, dihimbau agar tetap mematuhi protkes saat berada di lokasi acara," ujar At. 

Ketua DPRD Maluku Tenggara, Minduchri Koedoeboen turut memberi dukungan dan menyatakan kesiapannya untuk hadir dalam kegiatan dimaksud.

“Esok saya akan hadir di kegiatan itu. Sastra Evav adalah peninggalan orang tua-tua kita, dan ini harus kita dukung,” ujar Politisi PKB itu. 

Minduchri menghimbau, warga di Kepulauan Kei agar dapat menonton langsung pementasan puisi oleh para panyair BSNE. 

"Pementasan puisi seperti ini baru pertama kali digelar di Kepulauan Kei. Bagi masyarakat Malra dan Kota Tual, mari katong (kita) nonton sama-sama di Cafe dan Resto Fid Tilus Kolser," pinta Koedoeboen. 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar