Marrin News

Pemkab Malra Gelar Forum Lintas Perangkat Daerah Tahun 2021

Acara Pembukaan Forum Perangkat Daerah Kabupaten Maluku Tenggara. Kegiatan dibuka oleh Bupati Muhamad Thaher Hanubun di Ballroom Aurelia Hotel, Kamis (4/3/2021). Foto: Ghege

Penulis: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur, Marrinnews.com - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) menggelar Forum Lintas Perangkat Daerah, Kamis (4/3/2021). 

Kegiatan yang berlangsung di Ballroom Aurelia Hotel tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun

Ketua panitia pelaksana, William Lamapaha dalam laporan panitia menyatakan bahwa forum perangkat daerah yang dilaksanakan ini dikhususkan bagi OPD yang tidak melaksanakan forum secara mandiri. 

"Terdapat 22 OPD yang tergabung dan mengikuti pembahasan dalam forum PD kali ini," sebut dia. 

Williams mengungkapkan, dari 22 perangkat itu selanjutnya dibagi dalam tiga kelompok pembahasan. Kelompok satu, yakni bidang infrastruktur dan kewilayahan, kelompok dua bidang pemerintahan dan pembangunan manusia serta kelompok tiga bidang ekonomi dan sumber daya alam.

Forum lintas perangkat daerah tahun ini diselenggarakan selama satu hari. Sementara anggaran kegiatan hari ini dibebankan pada DPA Bappelitbangda tahun anggaran 2021.

Lebih lanjut, Kepala Bagian Perencanaan pada Bappelitbangda Malra itu menjelaskan, output yang dihasilkan dari kegiatan forum berangkat daerah adalah berupa berita acara hasil kesepakatan forum perangkat daerah.

"Berita Acara dimaksud memuat rencana program dan kegiatan perangkat daerah untuk tahun 2022, beserta indikasi sumber pendanaan," kata Lamapaha. 

Sementara itu, menurut dia, Rencana program yang  di bahasa pada forum PD ini selanjutnya akan menjadi materi usulan yang dibahas di musrenbang kabupaten, musrenbang provinsi dan di tingkat nasional.

Lamapaha menyebut, adapun usulan yang merupakan hasil dari musrenbang kecamatan, akan diverifikasi lebih lanjut oleh perangkat daerah terkait, melalui sistem informasi pemerintahan daerah (SIPD) 

Sedangkan usulan yang menurut sifatnya dan atau menurut kewenangannya, tidak dapat didanai APBD Kabupaten, akan diteruskan sebagai usulan daerah untuk sumber pcmbiayaan APBN maupun Dana Alokasi Khusus (DAK). 

Forum Perangkat Daerah Kabupaten Maluku Tenggara tahun 2021 melibatkan  128 peserta dari berbagai unsur, seperti perangkat daerah, Anggota DPRD, Unsur pimpinan Perguruan Tinggi, organisasi kemasyarakatan dan pemuda, tokoh agama serta Stakeholder lainnya. 

Kegiatan ini berlangsung dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19. Seluruh peserta sebelum memasuki ruangan acara diperkenankan menggunakan masker, memeriksa suhu tubuh dan duduk dengan jarak yang ditentukan.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar