Marrin News

Pangdam XVI Pattimura Sambangi Tanah Leluhur Kei

Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Jeffry A. Rahawarin didampingi Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun, Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge serta Dandim 1504 Tual Letkol Inf. Cristian Noya berarak menuju ruang Bandara Karel Sadsuitubun Langgur, Rabu (17/3/2021) sore. Foto: Ghege

Penulis : Gerry Ngamel | Marrin News


Langgur, Marrinnews.com -
Panglima Kodam XVI Pattimura, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin menyambangi Kepulauan Kei, Maluku, Rabu (17/3/2021) dalam rangka melakukan kunjungan kerja perdana di negeri Raja-Raja. 

Pangdam beserta rombongan tiba di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur dengan menumpagi maskapai penerbangan Wings Air, sekira pukul 17.30 WIT. 

Kehadiran salah satu Putra terbaik Nuhu Evav (Kei) ini di bumi Larvul Ngabal diterima langsung oleh Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun, Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge, Sekertaris Daerah serta jajaran Pimpinan OPD Pemkab Malra dan Kota Tual. Turut pula Pimpinan dan Anggota DPRD di kedua daerah, Pimpinan TNI/Polri serta tokoh adat. 

Guyuran hujan mengiringi kehadiran Mayjen Jeffry bersama ibu Arni Jeffry Rahawarin dan rombongan di Kepulauan Kei. Walau begitu, sesaat setelah pesawat mendarat, Sang Mayor dan istrinya tetap melangkah keluar dan berarak menuju ruang bandara. 

Setibanya di ruangan bandara, Mayjen Jeffry dan Ibu Arni disuguhi sajian ritual adat. Dalam proses ini, ia dipasangi gelang mas adat oleh Bupati Thaher Hanubun. Selanjutnya disambut kembali dengan tarian adat. 

Untuk diketahui, Pangdam direncanakan berada di Kepulauan Kei selama tiga hari. Dalam kurun waktu itu, Pangdam akan melakukan kunjungan ke sejumlah wilayah Kecamatan dan Ohoi, baik Kota Tual maupun Maluku Tenggara. 

Identitas dan Riwayat Militer

Sesuai data yang dihimpun dari berbagai sumber, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin adalah putra asli Kei, Maluku. Ia lahir di Ambon, 21 Januari 1964. Ayahnya berasal dari Ohoi (desa, red) Duroa (Dullah Laut) Kota Tual, sementara ibu berasal dari Maluku Tengah. Mayjen Jefry menyunting Arni Sukarni dan kini memiliki tiga putra-putri.

Ia merupakan lulusan akademi militer (Akmil) atau Akabri tahun 1988.

Sebelum menempuh pendidikan di Akmil, Mayjen Jeffry Rahawarin bersekolah di SMAN 1 Ambon tahun 1984. Sementara pendidikan menengah pertama ditekuninya di SMP 4 Ambon. Untuk pendidikan sekolah dasar, dia tamatkan di SD 8 Kudamati, Ambon. 

Jeffry juga sempat tercatat sebagai mahasiswa jurusan Matematika di Universitas Pattimura (Unpatti). Di kampus ini, dia menjalani kuliah selama tiga semester. 

Sebelum menjabat Pangdam Pattimura, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin merupakan Satf Ahli (Sahli) Bidang SDM dan Teknologi Kemenko Polhukam sejak sejak 26 Januari 2021. Mayjen Jeffry Rahawarin menggantikan posisi Pangdam Pattimura yang sebelumnya dijabat Mayjen TNI Agus Rohman. 

Ia mulai bertugas sebagai Pangdam Pattimura sejak 5 Maret 2021, usai gelaran sertijab di Mabesad, Jakarta Pusat pada Jumat (5/3/2021). 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar