Marrin News

Listrik Padam saat Bimtek WUB IKM, Tual-Malra Belum Merdeka Masalah Kelistrikan

Kadis Perindag Tual Darnawati Amir, S.KM., MM., ketika menyampaikan sambutannya pada pembukaan Bimtek Penumbuhan dan Pengembangan WUB IKM di Aula Aurelia Hotel Kimson, Langgur, Selasa (23/03/2021). Foto: Nick Renleuw


Pewarta: Nick Renleuw

“Kalau persoalan listrik saja susah kita tuntaskan, bagaimana kita mau menuntaskan IKM-IKM kita? Mudah-mudahan ini selalu jadi perhatian. Ini saja di kota sudah seperti ini bagaimana dengan Kur-Tayando, bagaimana dengan Kei Besar yang ada di wilayah-wilayah kita,” Kadis Perindag Tual Darnawati Amir, S.KM., MM

Langgur, Marrinnews.com – Pelaksanaan kegiatan pembukaan bimbingan teknis wira usaha baru industri kecil menengah (WUB IKM) yang digelar di Aula Aurelia Hotel Kimson Langgur, Selasa (23/03/2021) pagi sempat harus dijeda selama sejam lebih akibat pemadaman listrik yang dilakukan PT. PLN setempat.

Sesuai pantauan, listrik PLN mengalami pemadaman sekitar pukul 10.30 WIT. Pemadaman tersebut berlangsung tanpa pemberitahuan dari pihak PLN. Sementara genset dari pihak hotel pun mengalami gangguan teknis sehingga baru bisa dioperasikan sekitar sejam lebih kemudian.

Listrik dari PLN sendiri baru tersambung kembali ketika acara bimtek sudah memasuki tahapan ishoma (istirahat, sholat, makan) siang sekitar pukul 12:45 WIT.

Pemadaman sepihak dari pihak PLN tersebut telah menyebabkan kegiatan yang juga tersambung secara virtual dengan sejumlah narasumber di Jakarta itu harus tertunda sekitar sejam lebih. Bukan hanya tertunda, sejumlah agenda kegiatan pun harus diganti.

Penyampaian sambutan secara virtual dari Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut (LMEA) Ditjen IKMA Kemenperin RI, Ir. Dini Hanggandari., M.Si., akhirnya harus diwakili oleh Pejabat Fungsional Perindustrian Perdagangan Ditjen IKMA Kemenperin RI, Sunandar yang hadir di Aula Kimson.

Demikian pula, kegiatan yang rencananya dibuka secara virtual oleh penggagas kegiatan Anggota Komisi VI DPR RI Hendrik Lewerissa, SH., LL.M., dari Jakarta pun terpaksa diwakilkan oleh Anggota DPRD Kota Tual, Ir. Jacob Silubun.

Situasi pemadaman listrik sepihak ini langsung ditanggapi oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tual, Darnawati Amir, S.KM., MM., ketika menyampaikan sambutannya sesudah kegiatan pembukaan bimtek dilanjutkan kembali pasca pemadaman listrik.

Menurutnya, persoalan listrik di Kota Tual dan Maluku Tenggara ini selalu menjadi catatan kritis yang sudah berulang kali disampaikan ke pemerintah pusat, namun sampai saat ini belum bisa juga dituntaskan.

“Kalau persoalan listrik saja susah kita tuntaskan, bagaimana kita mau menuntaskan IKM-IKM kita? Mudah-mudahan ini selalu jadi perhatian. Ini saja di kota sudah seperti ini bagaimana dengan Kur-Tayando, bagaimana dengan Kei Besar yang ada di wilayah-wilayah kita,” paparnya.

Anggota DPRD Kota Tual dari Partai Gerindra, Ir. Jacob Silubun menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan Bimtek Penumbuhan dan Pengembangan WUB IKM mewakili oleh Anggota Komisi VI DPR RI Hendrik Lewerissa, SH., LL.M., di Aula Aurelia Hotel Kimson, Langgur, Selasa (23/03/2021). Foto: Nick Renleuw

Ia berharap Anggota Komisi VI DPR RI Hendrik Lewerissa, SH., LL.M., dan Direktur IKM LMEA Ditjen IKMA Kemenperin RI, Ir. Dini Hanggandari., M.Si., yang mengalami langsung kejadian pemadaman listrik tersebut bisa membantu untuk menyuarakan ke pemerintah pusat.

“Ini bukan persoalan kecil ya karena memang sangat sangat vital bagi upaya-upaya pengembangan industri kecil menengah di Kota Tual maupun Maluku Tenggara,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Anggota DPRD Kota Tual, Ir. Jacob Silubun. Ia menyampaikan permohonan maaf karena seyogyanya kegiatan bimtek dibuka secara virtual oleh Anggota Komisi VI DPR RI Hendrik Lewerissa, SH., LL.M., tetapi karena persoalan pemadaman listrik yang terjadi, ia dipercayakan untuk mewakili Lewerissa.

“Tadi sudah disampaikan oleh Ibu Dar (Kadis Perindag Tual, Darnawati Amir) tadi, kondisi listrik di mana kita belum merdeka dari kelistrikan,” ujarnya singkat mengomentari pemadaman listrik sepihak yang dilakukan pihak PT. PLN Tual.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar