Marrin News

Kota Tual Masuk 11 Besar yang Mendapat DAK Integrasi Dari 541 Daerah, Wali Kota Ajak Warganya Dukung Dan Sukseskan

Wali Kota Tual, Adam Rahayaan, melepaskan balon gas tanda diluncurkannya Program DAK Integrasi 2021 di Kawasan Reklamasi Kiom, Selasa (02/03/2021) siang. Foto: Nick Renleuw

Pewarta: Nick Renleuw

“Katong sukseskan keberhasilan yang sekarang kita dipercayakan oleh pemerintah pusat, kita punya ide banyak sekali tapi semua tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi masyarakat dan (jika) yang ini berhasil, beta yakin Tahun 2022 kita pasti dipercayakan lagi mendapat bantuan yang sama,” Wali Kota Tual Adam Rahayaan S.Ag., M.Si.


Tual, Marrinnews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tual melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) menggelar kegiatan Peluncuran dan Peletakan Batu Pertama Dana Alokasi Khusus (DAK) Integrasi 2021 di Kawasan Reklamasi Kiom, Selasa (02/03/2021) siang.

“Kegiatan ini akan memberikan manfaat kepada 300 KK plus 71 KK di dalam kawasan DAK Integrasi. DAK integrasi ini pemerintah daerah melalui pemerintah pusat akan memberikan bantuan berupa Perumahan, integrasi dengan air bersih, integrasi dengan sanitasi, persampahan, PSU dan integrasi dengan penerangan jalan dan lain-lain,” ungkap Kepala Bappeda Dr. Fahri Rahayaan dalam laporan singkatnya.

Sementara itu, Kepala Pusat (Kapus) Fasilitasi Infrastruktur Daerah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR), Riono Suprapto, SE., ST., MT., menegaskan pentingnya peran pemerintah daerah dalam mewujudkan hunian yang layak bagi warga masyarakatnya.

Menurut Riono, pemerintah pusat berkomitmen membantu pemerintah daerah khususnya Kota Tual untuk menangani kawasan kumuh di wilayahnya serta meningkatkan kualitas dan fungsi perumahan dan permukiman yang baik dan layak.

“Hampir 1 tahun kami melakukan seleksi yang masuk dari 541 daerah kabupaten/kota lalu seleksi 50, 33, akhirnya 11 (kabupaten/kota se-Indonesia) yang terpilih. Jadi ini upaya Bapak Wali (Kota Tual) dan jajarannya untuk memperoleh perumahan ini kami memberikan apresiasi yang sangat tinggi,” paparnya bangga.

Kepada para penerima manfaat, Riono berpesan agar merawat semaksimal mungkin fasilitas rumah yang sudah disediakan. Ia juga meminta secara serius agar rumah hasil bantuan dimaksud tidak diperjualbeli atau dipindahtangankan.

Wali Kota Tual Adam Rahayaan dalam sambutannya juga menyatakan rasa syukur karena apa yang diperjuangkannya bersama jajaran boleh membuahkan hasil. Menurutnya, Pemkot Tual di bawah kepemimpinannya punya banyak ide besar yang hanya akan dapat terwujud jika didukung semua pihak dari pemerintah pusat hingga warga masyarakat setempat.

“Katong sukseskan keberhasilan yang sekarang kita dipercayakan oleh pemerintah pusat, kita punya ide banyak sekali tapi semua tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi masyarakat dan (jika) yang ini berhasil, beta yakin Tahun 2022 kita pasti dipercayakan lagi mendapat bantuan yang sama,” ujarnya.

Usai menyampaikan sambutan, Wali Kota melepaskan balon gas tanda diluncurkannya Program DAK Integrasi. Selanjutnya, Wali Kota bersama Kapus Fasilitasi Infrastruktur Daerah Kemen-PUPR dan Forkopimda setempat meletakkan batu pertama pembangunan perumahan layak huni program DAK Integrasi 2021.

Sesuai data yang dihimpun Marrin News, perumahan layak huni yang akan dibangun Pemkot Tual berjumlah 371 buah. Rinciannya, sebanyak 300 rumah berasal dari DAK Integrasi dengan total anggaran mencapai Rp30 Miliar. Sementara anggaran untuk 71 rumah lainnya bersumber dari APBD Kota Tual.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar