Marrin News

Gandeng Dinkes, Lanal Tual Gelar Vaksinasi Covid-19

Danlanal Tual, Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Wisnawa, M.Tr. (Hanla), memberikan keterangan kepada awak media di sela-sela pelaksanaan vaksinasi di Lanal Tual, Rabu (31/03/2021)
Danlanal Tual, Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Wisnawa, M.Tr. (Hanla), memberikan keterangan kepada awak media di sela-sela pelaksanaan vaksinasi di Lanal Tual, Rabu (31/03/2021). Foto: Mei Maturbongs


Pewarta: Nick Renleuw

Tual, Marrinnews.com – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tual bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Tual menggelar vaksinasi Covid-19, Rabu (31/03/2021). Kegiatan dipusatkan di Gedung Yos Sudarso Lanal Tual.

“Kesiapan kami Dinas Kesehatan (Tual) dari kemarin sudah ada koordinasi dengan pihak AL (Lanal Tual), dalam pelayanan ini ada 3 faskes (fasilitas kesehatan) yang melayani Puskesmas Tamedan, Puskesmas Ngadi dan Puskesmas Taar. Tim semua siap dengan dokter, bidan dan perawat,” ungkap Penanggung Jawab Imunisasi untuk Vaksinasi Covid-19 di Kota Tual, J. M Sairlela.

Lebih lanjut Sairlela mengungkapkan, kegiatan vaksinasi kali ini merupakan bagian dari tahapan kedua penyelenggaraan vaksinasi di Kota Tual. Vaksin yang digunakan baru tiba dari Ambon sehari sebelumnya. Sementara penyuntikan untuk dosis kedua direncanakan akan berlangsung pada 28 April mendatang.

“Harapan kami Dinas Kesehatan agar untuk TNI/Polri khususnya Angkatan Laut bisa semua selesai dan bisa aman untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Kota Tual,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Komandan Lanal Tual, Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Wisnawa, M.Tr. (Hanla), menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Tual yang menurutnya sudah maksimal dalam menekan laju penyebaran Covid-19 di Kota Tual.

“Kami TNI AL yang melaksanakan vaksin tahap kedua untuk pelayan publik di sini dari Dinas (Kesehatan) Kota (Tual) begitu bersemangat untuk bekerja sama dengan TNI AL jadi untuk pelayanan publik yang pertama melaksanakan vaksin ada di TNI AL,” paparnya.

Penanggung Jawab Imunisasi untuk Vaksinasi Covid-19 di Kota Tual, J. M Sairlela, menjawab pertanyaan awak media di sela-sela pelaksanaan vaksinasi di Lanal Tual, Rabu (31/03/2021). Foto: Freddy Yamrewav

Danlanal mengungkapkan, pihaknya mendapatkan jatah vaksin sebanyak 120 dosis untuk personil Lanal Tual dan keluarga. Vaksinasi kali ini akan dimulai dengan kurang lebih 70-an personil Lanal dan kemudian diikuti oleh keluarga personil.

“Bagi saya, kalau personil (Lanal Tual) dan keluarganya sudah divaksin, walaupun personil dari (melaksanakan kegiatan di) luar selesai melaksanakan kegiatan, minimal di rumah sudah diamankan juga dengan vaksin juga,” bebernya.

Ia menegaskan, pelaksanaan vaksinasi akan berlangsung secara disiplin sesuai dengan aturan meski tetap mengutamakan ketenangan dan kenyamanan bagi personil yang divaksin. Kegiatannya sendiri tidak dipatok harus selesai dalam sehari tetapi apabila ada yang tidak siap kondisinya untuk hari ini, akan dilaksanakan lagi pada keesokan harinya.

Kolonel Gusti menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi bagi personil Lanal Tual akan berdampak pada tingkat kepercayaan diri dan akan lebih maksimal untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan di lapangan.

“Kami lihat antusias dan semangat dari personil kami juga begitu luar biasa dilihat tadi dari kegiatan apel pagi yang kita laksanakan dan kegiatan apel untuk pelaksanaan vaksin Covid ini mereka begitu bersemangat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Danlanal mengungkapkan, pihaknya berkoordinasi ketat dengan Dinas Kesehatan berkaitan dengan segala persiapan yang dilaksanakan mulai dari kedatangan hingga penyimpanan vaksin.

Menurutnya, koordinasi penting dilakukan supaya lebih maksimal dan bermanfaat bagi prajurit Lanal Tual serta untuk menyukseskan program pemerintah supaya wabah Covid-19 cepat berakhir.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar