Marrin News

Disdukcapil Malra Dinilai Berhasil Bangun Sistem Layanan Prima

Potret Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maluku Tenggara, A. Dahlan Tamher (keempat dari kiri) bersama Pimpinan Organisasi Kemahasiswaan, Gereja dan Pemerintahan Ohoi (desa). FOTO: Istimewa

Penulis: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur, Marrinnews.com - Sistem pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Maluku Tenggara, sejauh ini dinilai lebih efektif dan efisien. 

Pencapaian mekanisme pelayanan tersebut tentunya tak terlepas dari sosok kepemimpinan Ahmad Dahlan Tamher, yang dalam kurun beberapa tahun terakhir menjabat sebagai Kepala Dinas Dukcapil di Kabupaten berjuluk Larvul Ngabal ini. 

"Sejak masa kepemimpinan Kadis Dukcapil, yang sering disapa abang Dahlan Tamher, pelayanan adminduk di Maluku Tenggara sangat luar biasa. Masyarakat diberikan kemudahan dan tidak dipersulit urusannya saat hendak mengurusi data kependudukannya," ungkap Ketua OMK wilayah Kei Kecil, Ronald Toatubun kepada Marrinnews.com di Ballroom Kimson Center, Kamis (4/3/2021). 

Toatubun menilai, Dahlan Tamher bersama jajaran staf Disdukcapil Malra berhasil menerapkan sekaligus mewujudkan sistem pelayanan berbasis sosial kemasyarakatan. 

Perwujudan itu, kata Ronald, dapat dilihat dari pelayanan yang dilakukan Disdukcapil, yang mana tidak hanya sebatas melayani pada wilayah perkantoran saja, melainkan langsung menyisir ke ohoi-ohoi (desa-desa). 

Hal yang sama diakui pula oleh Kepala Ohoi Namar, Antonius Sirwutubun. Bagi dia, pelayanan yang ditunjukan oleh jajaran Disdukcapil sudah sangat maksimal.

Tak bisa dipungkiri bahwa dampak Pandemi Covid-19 saat ini sangat mempengaruhi stabilitas kinerja maupun kondisi lainnya. Kendati begitu, menurut Sirwitubun, kinerja Kadis Dukcapil Dahlan Tamher dan seluruh jajarannya tidak surut. 

"Pa kadis dan staf yang ada pada Disdukcapil Malra sudah bekerja dengan maksimal, sehingga memang mereka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di 192 ohoi," kata Antonius. 

Kepuasan terhadap kinerja pelayanan Disdukcapil tak hanya dirasakan masyarakat di wilayah Kei Kecil saja. Masyarakat di Pulau Kei Besar juga turut merasakan hal yang sama, sebagaimana diungkapkan Penjabat Kepala Ohoi Mun Issoy, Muhamad Arsyad Renel. 

"Untuk pelayanan di Disdukcapil sendiri bagi kami masyarakat Kei Besar, terlebih khusus masyarakat wilayah Kei Besar Utara Barat dan di ohoi saya sendiri merasa puas dengan kinerja Disdukcapil karena memang selama ini memberikan pelayanan terbaik," ujar Renel. 

Ia mengakui, pelayanan Disdukcapil saat ini belum menyentuh langsung ke ohoi yang dipimpinnya. Namun dirinya bahkan masyarakat ohoi setempat tidak pernah merasa kecewa dengan hal tersebut. 

"Ya, katong (kami, red) seng (tidak, red) merasa kecewa karena walaupun katong harus menyebrang lautan untuk urus data dan surat kependudukan di Langgur tapi su seng kaya dolo lai supaya antri berjam-jam, bahkan bisa tunggu sampai berhari-hari. Sekarang dalam hitungan menit sa, urusan selesai," kata Arsyad.

Ketua Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Malra, Barken Rahayaan mengungkapkan, eksistensi Disdukcapil terhadap pelayanan publik mengalami kemajuan yang sangat pesat seiring perkembangan zaman. 

"Dewasa ini memang ada kemajuan-kemajuan, juga kemudahan yang dirasakan masyarakat melalui sistem pelayanan di Disdukcapil Malra. Oleh karena memang saat ini masyarakat dipermudah dalam mendapatkan data-data kependudukan, seperti KTP, KK dan administrasi lainnya," kata Rahayaan. 

Kemudahan tersebut didapatkan melalui pemanfaatan sistem teknologi. Dimana perekaman, pemutakhiran hingga pencetakan data kependudukan (terkecuali untuk KTP), kini dapat dilakukan langsung di ohoi ataupun oleh masyarakat sendiri melalui aplikasi khusus Adminduk dengan menggunakan handphone. 

"Sebagaimana dikatakan Kadisdukcapil dalam Forum LPD tadi bahwa kedepannya ia akan mendorong agar pelayanan adminduk berbasis IT dapat dilakukan di ohoi-ohoi yang telah memiliki akses jaringan internet. Jadi masyarakat tidak perlu untuk datang lagi ke kantor Dinas terkait, melainkan dapat langsung diakses di ohoi masing-masing. Ini bukti bahwa ada inovasi baru yang dilakukan Disdukcapil Malra," tutur Rahayaan. 

Diketahui, akses layanan adminduk berbasis IT yang dilakukan di wilayah pedesaan oleh Pemerintah Ohoi, salah satunya terdapat di Ohoi Wab, Kecamatan Hoat Sorbay. 

Sementara itu, Layanan terbaik oleh Disdukcapil dirasakan juga oleh seorang pemuda asal Kei Besar Utara Timur. Dia adalah Ketua DPC GMNI Malra, Stevi Tanyanan. 

Kepada Marrinnews.com, Stevi menceritakan pengalaman tersendiri bersama rekan-rekan GMNI saat mendatangi kantor Disdukcapil Malra. Pengalaman itu lantas membuatnya terkagum-kagum kepada Kadisdukcapil hingga saat ini.

"Beberapa kali saya sendiri maupun saat bersama rekan-rekan dari GMNI mendatangi Kantor Disdukcapil Malra, dan kami menemukan adanya kemudahan yang diberikan Disdukcapil bagi masyarakat mengurus data kependudukan," tutur Tanyanan. 

"Saat itu juga kami mendengar dan melihat langsung Pa Dahlan bercengkrama dengan masyarakat yang sementara mengurus data kependudukan. Dimana ia (Kadisdukcapil) kemudian mengarahkan stafnya untuk segera mendekati warga dan melayani kebutuhan yang diperlukan," imbuh dia

Bahkan, Stevi mengaku pernah dengan begitu mudahnya medapatkan kemudahan pelayanan adminduk meski saat itu ia sedang berada di Saumlaki. 

"Saya sendiri pernah mangalami bagaimana kemudahan pelayanan yang diberikan Disdukcapil Malra. Dimana waktu itu saya melakukan perekaman KTP di MBD, namun pengurusannya sempat terhambat karena tidak ada surat pindah penduduk dari daerah asal," beber Stevi. 

Lantas, ia pun diminta untuk mengurus data tersebut ke Disdukcapil Malra. Alhasil, berkat komunikasi yang baik antara Disdukcapil Malra dan MBD, sehingga data kependudukannya dapat terakomodir. 

"Saya sangat terbantukan dengan kemudahan pelayanan yang diberikan Disdukcapil Malra. Saya berterima kasih dan bangga bisa dilayani dengan cepat," ucap Tanyanan. 

Seiring bentuk pelayanan maupun pengalaman yang didapatkan masyarakat dalam hal layanan adminduk, kelima tokoh pemuda Kepulauan Kei ini menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pimpinan dan seluruh staf pada Disdukcapil Maluku Tenggara.

Kelima pemuda itu berharap, pelayanan prima Disdukcapil senantiasa dipertahankan, bahkan lebih ditingkatkan lagi dari yang nampak saat ini. 

"Semoga kedepan Disdukcapil tampil lebih baik lagi dari sekarang untuk melayani masyarakat," pinta Ronald, Antonius, Stevi, Arsyad dan Barken. 

Mereka menegaskan, akan mendukung dan mengawal sepenuhnya misi Disdukcapil Malra dalam rangka menghadirkan pelayanan berbasis IT di ohoi-ohoi. 

"Kami berharap program yang diperjuangkan Pa Kadis Dukcapil dapat terwujud. Dengan demikian maka kepada Dinas teknis terkait juga untuk dapat bersama-sama mewujudkan program dari Disdukcapil ini dengan menggenjot pembangunan jaringan internet yang memadai pada setiap wilayah kecamatan maupun ohoi yang belum terakses jaringan," tandas mereka. 


Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar