Marrin News

Bupati MTH Hadiri Pelantikan PAC dan Buka Raker DPC GAMKI Malra

Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun didampingi Wakil Ketua DPRD, Yohanes Boscho Rahawarin melakukan sesi foto bersama Pengurus PAC Kei Kecil Barat usai prosesi pelantikan di Gereja Protestan Ohoi Werka. Foto: Ghege

Penulis: Ghege Ngamel | Editor: Ghege

Langgur (Werka), Marrinnews.com - Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun menghadiri acara pelantikan Pengurus PAC Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kei Besar dan Kei Kecil Barat yang dilangsungkan di Gereja Protestan Ohoi Werka, Kecamatan Kei Besar, Minggu (14/3/2021). 

Pengurus Anak Cabang (PAC) Kecamatan Kei Besar dan Kei Kecil Barat periode 2021-2023 ini dilantik oleh Ketua DPC GAMKI Maluku Tenggara, Luther Rahayaan. 

Acara ini turut dihadiri pula oleh sejumlah Pimpinan OPD, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Pimpinan dan Anggota DPRD Malra serta Pimpinan Pemerintah Ohoi di wilayah Kecamatan Kei Besar. 

Foto bersama Bupati Malra, Muhamad Thaher Hanubun, Wakil Ketua DPRD Yohanis Boscho Tawarin dan Pengurus Baru PAC Kecamatan Kei Besar. Foto: ghege
Bupati Malra, M. Thaher Hanubun mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus PAC GAMKI Kecamatan Kei Besar dan Kei Kecil Barat. 

Sembari meyampaikan ucapan selamat, Thaher mengingatkan bahwa GAMKI merupakan perpanjangan tangan Gereja dan Pemuda Kristiani yang perannya diharap turut serta dalam menggerakan kemajuan pembangunan di negeri berjuluk Larvul Ngabal. 

"Perubahan itu butuh gerakan dan gerakan itu bukan dari siapa-siapa, tetapi dari kita sendiri selaku Pemuda. Gerakan itu juga harus didasari dengan fangnanan (kasih)," tegas Hanubun. 

Bupati mengajak GAMKI untuk senantiasa dapat berkoordinasi dengan Pemerintah daerah dalam rangka keberlanjutam pembangunan daerah, terutama di wilayah Pulau Kei Besar. Ajakan yang sama pula ditujukan kepada seluruh Pemuda yang terhimpun dalam wadah OKP Cipayung di daerah ini. 

"Pemerintah selalu terbuka terhadap setiap masukan dan kritikan atas penyelenggaran pemerintahan maupun pembangunan daerah. Tetapi saya harap agar ketika memberi kritikan maka harus disertai pula dengan solusi untuk bagaimana menyelesaikan suatu masalah," kata Bupati. 

"Bagi seluruh anggota GAMKI ataupun Pemuda lainnya yang terlibat dalam organisasi apapun, perlu diingat bahwa kita semua adalah orang Kei. Dengan begitu, setiap masalah yang terjadi agar dapat diselesaikan secara baik-baik sesuai adat-istiadat Kei," imbuh dia.

Usai dari pelantikan tersebut, Bupati Thaher Hanubun kembali membuka secara resmi Rapat Kerja (Raker) Dewan Pimpinan Cabang GAMKI Maluku Tenggara, yang ditandai dengan pemukulan gong. 

Ritual dan Tarian Adat penyambutan Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun bersama Pimpinan dan Anggota DPRD di Ohoi Werka, Kecamatan Kei Besar. Foto: Istimewa
Sebelumnya dalam pantauan Marrinnews.com, Bupati Thaher Hanubun bersama Wakil Ketua DPRD Malra, Yohanis Boscho Rahawarin dan Legislator Dapil Kei Besar, Bram Beruat sesaat setelah tiba di Woma El Somlain Ohoi Werka, mereka disambut dengan upacara adat oleh Rat (Raja, red) Lor Labay Werka, H. A. Renurth. 

Setelah itu, Bupati bersama rombongan disuguhi tarian dan nyanyian adat oleh sejumlah kaum wanita dari Ohoi Werka. Kaum wanita dalam sebutan masyarakat adat Lor Labay Werka, disebut dengan Bo Wel Mas Laen Dit Koran Vomas. 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar