Marrin News

Wali Kota Buka Kegiatan Konsultasi Publik Peran Strategis Kota Tual Dalam Mendukung M-LIN

Wali Kota Tual Adam Rahayaan (kiri) dan Ketua DPRD Hassan Borut (kanan) serta para narasumber bersama-sama memukul tifa sebagai tanda dimulainya Konsultasi Publik, Senin (01/03/2021). Foto: Humas Tual

Tual, Marrinnews.com - Wali Kota Tual Adam Rahayaan membuka kegiatan Konsultasi Publik bertajuk Peran Strategis Kota Tual dalam Mendukung Maluku Sebagai Lumbung Ikan Nasional (M-LIN). Kegiatan berlangsung di Aula Balai Kota Tual, Senin (01/03/2021).

Dalam sambutannya, Wali Kota Tual menyatakan rasa syukurnya karena Provinsi Maluku akhirnya ditetapkan secara resmi menjadi lumbung ikan nasional. 

Apalagi, sambung dia, program atau kebijakan itu sejatinya sudah ditetapkan sejak 2010 dan baru bisa terlaksana saat ini. 

Ia berharap agar pengembangan program M-LIN ini dapat bermanfaat untuk seluruh rakyat Maluku, bahkan hingga tingkat nasional.

“Salah satu masalah yang mendasar dalam pengembangan program lumbung ikan ini adalah kontinuitas produksi dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua. Di lain sisi, dampak ekonomi yang muncul dari program tersebut juga tentunya diharapkan memiliki multiplayer effect bagi seluruh rakyat di Maluku,” ungkapnya.

Secara blak-blakan, Wali Kota Adam Rahayaan meminta agar berbagai kebijakan terkait Program M-LIN tidak hanya dipusatkan di Ambon mengingat Maluku punya 11 kabupaten/kota dan sumber atau potensi ikan yang dihasilkan berasal dari akumulasi seluruh kabupaten/kota dimaksud.

“Jadi mungkin kita ini lebih diarahkan ke industri ya, atau pelatihan-pelatihan. Kalau fokus atau konsentrasinya di arahkan ke sana (Ambon), maka bagian-bagian lain diarahkan ke kabupaten/kota yang lain,” pinta Rahayaan.

“Saya berharap sekali ini pak. Nanti mungkin di forum-forum rapat para kepala daerah dengan Bapak Gubernur, Insha Allah saya ingat untuk saya juga bisa sampaikan. Supaya kita ini bisa dapat bias-bias sedikit pak dari kebijakan yang satu ini,” harapnya.

Sebagai Wali Kota Tual, Adam Rahayaan nyatakan mendukung sepenuhnya M-LIN sesuai dengan kapasitas dan kewenangannya. Ia berharap, semoga M-LIN juga dapat memberikan dampak, baik secara langsung maupun tidak langsung, bagi masyarakat di Maluku khususnya di Kota Tual.

Konsultasi Publik terkait peran Kota Tual dalam mendukung M-LIN menghadirkan dua narasumber yakni Prof. Dr. Ir. Alex S. W. Retraubun dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Dr. Ir. Abdul Haris, M.Si.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge, pimpinan dan anggota DRPD setempat, sekda, pimpinan OPD lingkup Pemkot Tual, pimpinan instansi vertikal terkait bidang kelautan dan perikanan di Kota Tual, camat, unsur Perguruan Tinggi, LSM, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (Nick Renleuw)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar