Marrin News

Bawa Jenazah ABK, Satgas Laut Covid-19 Tual Kawal Kedatangan KMN Pahala Melimpah 8


Pewarta: Nick Renleuw


Tual, Marrinnews.com – Satuan Tugas (Satgas) Angkutan Laut Covid-19 Kota Tual mengawal kedatangan KMN. Pahala Melimpah 8 (GT. 69) yang membawa 1 jenazah saat tiba di Dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Dumar Tual, Rabu (10/03/2021).

Berdasarkan data yang dihimpun marrinnews.com, identitas jenazah atas nama Syamsul Bahri dengan umur 48 tahun dan beralamat Padang, Sumatera Barat. Almarhum berstatus sebagai salah satu anak buah kapal (ABK) KMN. Pahala Melimpah 8. Sebelum meninggal, ia punya gejala sakit ginjal dan sempat mengeluhkan sakit perut.

KMN. Pahala Melimpah 8 tiba di Dermaga PPN Dumar sekitar pukul 10:40 WIT. Sebelumnya, kapal melakukan aktivitas pencarian ikan di Fishing Ground Tual. Sekitar pukul 11:40 WIT, Satgas Laut segera menerapkan protokol Covid-19 berupa pemeriksaan suku tubuh dan rapid tes terhadap ABK yang berjumlah 28 orang. Hasilnya, tidak ditemukan suhu badan yang menonjol ataupun hasil reaktif.

Pasops Lanal Tual Mayor Laut (P) Wahyudi kemudian memberikan pengarahan kepada seluruh ABK. Ia antara lain mengingatkan para ABK untuk selalu menjaga kesehatan pada masa pandemi Covid-19, terlebih karena saat ini ada varian baru virus yang lebih berbahaya.

Lebih lanjut, Wahyudi juga mengingatkan ABK untuk tidak membuang sampah di laut. Hal itu, menurutnya, merupakan wujud rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap anak cucu.

“Dermaga ini adalah halaman rumah kita yang luasnya 16 Ha sehingga harus di jaga dan di rawat dengan cara menjaga kebersihannya sampah karena sampah ini masuk dalam isu global,” ungkapnya.

Selain itu, Wahyudi juga meminta ABK untuk memperhatikan keamanan dan jangan sampai ada yang kecurian. Apabila ada kendala, ia mempersilahkan ABK untuk berkoordinasi dengan pihak keamanan yang ada baik keamanan dari pihak PPN maupun dari pihak Lanal.

Usai penyampaian pengarahan dari Mayor Laut (P) Wahyudi, pihak Kepolisian Resor Kota Tual segera melakukan proses evakuasi jenazah ABK menuju RSUD Karel Sadsuidtubun Langgur untuk proses autopsi. Seluruh aktivitas di Pelabuhan Dumar berjalan aman dan lancar hingga selesai sekitar pukul 13.30 WIT.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Dansatgas Angkutan Laut Covid-19 yang juga Danlanal Tual Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Wisnawa, M.Tr. (Hanla), beserta Perwira Staf dan Anggota. Tampak hadir antara lain Kepala PPN Tual,  Sil MC. Jaftoran, S.Pi, M.Si., beserta anggota, Kepala Pangkalan PSDKP Tual, Sigit Biantoro S.Pi. beserta anggota, tim forensik Polres Tual serta Health Quarantine (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Paulus.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar