Marrin News

Wali Kota Buka Musrenbang RKPD Tual 2022

 

Pembukaan Musrembang RKPD Kota Tual Tahun 2020. Tampak Wali Kota Tual, Adam Rahayaan memukul tiap sebagai tanda kegiatan dibuka. FOTO: NickR

Tual, Marrinnews.com - Wali Kota Tual Adam Rahayaan membuka secara resmi Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Tual Tahun 2022 di Aula Balai Kota Tual, Kamis (25/02/2021) pagi.

Musrenbang RKPD Kota Tual Tahun  mengambil tema Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Pelayanan Dasar Berbasis SDG's (Sustainable Development Goals/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan).

Dalam laporannya, Ketua Panitia Omar Mohtar Matdoan menjelaskan kegiatan ini seyogianya diikuti oleh 200-an peserta. Tetapi mengingat situasi pandemi Covid-19, jumlah peserta dibatasi. Adapun peserta yang hadir berasal dari unsur pemerintah pusat, pemerintah provinsi, DPRD Kota Tual, OPD, instansi vertikal, serta unsur tokoh masyarakat dan agama.

Wali Kota Tual Adam Rahayaan dalam sambutannya antara lain menekankan pentingnya proses Musrenbang untuk menentukan arah pembangunan Kota Tual tahun 2022. Oleh karena itu, ia berharap seluruh pemangku kepentingan untuk secara serius terlibat dalam pelaksanaan Musrenbang.

"Perencanaan pembangunan yang kita rancang diharapkan tidak hanya berupaya untuk menyelesaikan permasalahan saat ini, namun juga mampu mengantisipasi permasalahan di masa mendatang. Untuk itu diperlukan kepekaan dan komitmen yang tinggi terhadap permasalahan pembangunan di sekitar kita," tegasnya.

Selain itu, Wali Kota juga mengingatkan bahwa situasi keterbatasan anggaran yang dialami akibat pandemi Covid-19. Oleh karena itu ia  meminta seluruh jajarannya untuk lebih cermat dalam menentukan prioritas program pembangunan.

Sementara itu, Kepala Bappeda Tual Dr. Fahri Rahayaan dalam sambutannya mengungkapkan, telah terjadi pergeseran tema. Menurutnya, tema nasional tahun 2021 mencakup 3 aspek yakni pemulihan ekonomi, penanganan Covid-19 dan jaring pengaman sosial.

"Karena berbagai alasan, saat kick off RKP 2022 yang dibuka langsung Menteri Bappenas, terjadi pergeseran yang cukup drastis untuk RKP 2022 yakni mencakup 2 aspek yaitu pemulihan ekonomi dan reformasi struktural," paparnya.

Doktor Fahri menjelaskan, kedua aspek ini sudah diselaraskan dalam konsultasi publik dan forum OPD yang sudah diselenggarakan sebelumnya. Selanjutnya, lanjut Fahri, untuk penentuan prioritas pembangunan dalam RKP 2022 juga diselaraskan dengan arahan kepala daerah, aspirasi masyarakat, serta kondisi keuangan daerah.

Pembukaan Musrenbang ditandai dengan pemukulan tifa bersama-sama oleh Wali Kota Tual Adam Rahayaan dan Wakil Ketua DPRD Ali Mardana. Turut mendampingi Wakil Wali Kota Usman Tamnge, Sekda Ahmad Yani Renuat dan seluruh pemateri. Selanjutnya, Wali Kota, Wawali, Sekda dan Wakil Ketua DPRD mengalungkan bunga kepada para pemateri sebagai ungkapan selamat datang. (Nick Renleuw)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar