Marrin News

Wabup Malra dan Wawali Tual Pimpin Jalan Santai Peringatan HPN ke 75 di Kepulauan Kei

Gerak Jalan Santai Peringatan HPN ke 75 di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, Sabtu (13/2/2021). FOTO/Dok. Gg

Langgur/Tual, Marrinnews.com - Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke 75 yang jatuh pada tanggal 9 Februari telah diperingati dengan sederhana di Jakarta, beberapa waktu lalu. Peringatan itu diikuti oleh seluruh insan Pers dari berbagai daerah di Indonesia melalui video confers. 

Tak ketinggalan insan Pers di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual. Selain melalui vidcon, peringatan HPN di dua daerah  ini juga dilakukan dengan cara yang berbeda, yakni dengan menggelar gerak jalan santai dan bagi-bagi masker kepada masyarakat. 

Kegiatan ini turut melibatkan kerjasama dan partisipasi jajaran Pemerintah daerah dua daerah saudara dan pihak TNI/Polri di wilayah Kepulauan Kei. 

Adapun Wakil Bupati Maluku Tenggara Ir. Petrus Beruatwarin dan Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge memimpin gelaran jalan santai tersebut, dengan titik start dari Ohoijang-Malra dan finish di lapangan Lodar El Kota Tual, Sabtu (13/2/2021). 

Wakil Bupati Maluku Tenggara, Ir. Petrus Beruatwarin saat diwawancarai Wartawan di Lapangan Lodar El Kota Tual, Sabtu (13/2/2021). FOTO/Dok. Gg

Wakil Bupati Malra, Ir. Petrus Beruatwarin kepada awak media usai kegiatan tersebut mengatakan bahwa Pers memiliki kedudukan penting dalam mensosialisasikan pembangunan daerah, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat. 

Apalagi, jelas Wabup, peran Pers dan pemerintah kini tengah diperhadapkan pada situasi pandemi Covid-19. Untuk itu, Ia meminta Insan Pers senantiasa bekerjasama dan mendukung Pemerintah dalam mewujudkan program-program pembangunan yang mengarah pada pemberdayaan masyarakat. 

"Gerak jalan santai dalam  momentum Hari Pers Nasional tahun ini merupakan titik awal untuk bagaimana kita memulihkan pandemi Covid-19. Tentunya bahwa penularan wabah COVID-19 ini sangat meresahkan masyarakat. Dengan begitu, mari kita sama-sama mensosialisasikan sekaligus memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat, baik yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara mapluoun Kota TualTual tentang protokoler kesehatan sehingga kita semua bisa terhindar dari wabah ini," ujar Petrus. 

Wakil Bupati Maluku Tenggara Ir Petrus Beruatwari M.Si bersama Wakapolres Tual Kompol Deni Ubro. FOTO/Dok. MN

Beruatwarin mengklaim, insan Pers di bumi Larvul Ngabal dan Maren Kota Tual memiliki kemampuan intelaktual untuk mempersatukan masyarakat. Termasuk menyampaikan program-program pembangunan daerah ditengah situasi saat ini melalui pemberitaan media Pers. 

"Saya sangat yakin, Pers di Malra dan Kota Tual ini punya pemikiran yang cerdas dan sehat untuk hal-hal itu. Semoga melalui momentum HPN kali ini,  bersama-sama kita galang persatuan dan kesatuan diantara kita, terutama masyarakat di Malra dan Kota Tual sehingga kita semua senantiasa terhindar dari berbagai penyakit dan bencana. Selamat memperingati HPN Ke 75 dan sukses selalu bagi seluruh insan Pers," kata Etus, sapaan akrab Wabup Malra. 

Senada dengan Wabup Malra, Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge turut meminta dukungan Pers untuk menjalin  kerjasama yang baik dengan Pemerintah dalam upaya membangun daerah.

"Sebagai Pers tentunya dapat memberikan informasi terkait program-progtam pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah daerah. Baik dari proses perencanaan hingga sejauh mana program tersebut telah dilaksanakan. Dengan begitu, program pembangunan yang mengarah pada pemberdayaan masyarakat dapat berjalan sebagaimana mestinya," ujar Tamnge. 

Tampak Wakil Walikota Tual Usman Tamnge membagikan Masker kepada warga di sela-sela gerak jalan santai dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke 75 di Kepulauan Kei. 
Sementara itu, Dandim 1503 Tual Letkol. Inf. Mario Christian Noya menegaskan, seluruh elemen masyarakat kini tengah diperhadapkan pada situasi pandemi COVID-19. Ditengah situasi itu, segala perjuangan dilakukan. 

"Perjuangan kita perjuangan yang sangat panjang yang belum berakhir hingga sekarang. Maka momentum saat ini perlu  dimanfaatkan sebaik-sebaik-sebaiknya oleh Pers sebagai pejuang yang memberikan informasi," ungkap Noya. 

Dandim mengatakan, informasi merupakan hal penting yang dilakukan oleh personil Pers. "Pers mampu memberikan edukasi dan sosialisasi kepada seluruh masyarakat ditengah situasi pandemi COVID-19 saat ini," imbuh dia. 

Lantas, Bagi Dandim, Pers harus menjadi sarana komunikasi dan informasi yang benar dan tepat dan tidak menyimpang. Hal itu agar dapat menghindari berita hoax yang menyesatkan masyarakat. 

"Saat ini banyak berita-berita hoax yang muncul dan itu sangat berdampak pada kondisi masyarakat. Sehingga diharapkann Pers mampu memberikan edukasi dan sosialisasi yang baik, benar dan tepat kepada masyarakat," tandas Noya (Ghege) 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar