Marrin News

Pemerintah Kecamatan KKB Rekomendasikan 46 Program Prioritas untuk Tahun 2022

Proses serah terima berita acara dan lampiran program kegiatan prioritas perencanaan pembangunan Kecamatan Kei Kecil Barat (KKB), dari Camat KKB Jacob Rahajaan kepada Kabid Litbangda Maluku Tenggara Ola Pasanea, bertempat di gedung serbaguna Ohoi Ohoira, Rabu (10/2/2021). FOTO/Dok : Gg

Langgur, Marrinnews.com - Pemerintah Kecamatan Kei Kecil Barat, Kabupaten Maluku Tenggara telah menggelar Musrenbang RKPD tahun 2022 pada Rabu (10/2/2021). Kegiatan tersebut berlangsung di gedung serbaguna Ohoi Ohoira. 

Melalui musrenbang itu, Pemerintah Kecamatan Kei Kecil Barat (KKB) merekomendasikan 46 program sebagai kegiatan prioritas pembangunan di tahun 2022 mendatang. Program-program tersebut diajukan untuk nantinya dibahas di tingkat kabupaten. 

Hal itu disampaikan Camat KKB, Jacob Rahajaan dalam keterangan pers yang diterima Marrinnews.com di Langgur, Kamis (18/2/2021). 

Rahajaan merinci, sebanyak empat program merupakan pembangunan jalan, tiga program berupa pembangunan talud penahan dan pemecah ombak, satu program pembangunan tambatan perahu, dua program pembangunan MCK dan jamban keluarga serta satu program pembangunan menara Telkomsel. 

Satu program pembangunan tempat pembuangan akhir sampah, 6 program berupa pembangunan sumur bor air bersih dan pipanisasi, 2 program rehabilitasi jembatan atau tambatan perahu, 2 program berupa pengadaan lampu jalan tenaga surya, 4 program pengadaan bibit tanaman holtikultura, satu program berupa beda rumah serta rehabilitasi Pustu. 

Selain itu tambah dia, ada pula satu program berupa pembangunan dranaise, pembangunan gedung rawat inap dan fasilitas puskesmas, pembangunan rumah medis dan para medis, pembangunan balai pertemuan camat, pembangunan rumah dinas sekcam dan rehabitasi rumah dinas camat, serta dua program pembangunan pagar kantor camat dan puskesmas Ohoira. 

Selanjutnya, ada juga 1 program berupa pengadaan sanggar seni dan budaya pada SMA Negeri 4 Malra, pemugaran rumah adat, pengadaan buku bacaan, serta satu program berupa pengadan ternak kambing. 

Suasana Musrenbang RKPD Tahun 2022 tingkat Kecamatan Kei Kecil Barat. Tampak pihak Balitbangda Malra sedang memberikan materi. Kegiatan berlangsung di gedung serbaguna Ohoi Ohoira, Rabu (10/2/2021). FOTO/Dok : Gg
Jopie, sapaan akrab Camat KKB menjelaskan, dari ke-46 program prioritas yang diusulkan tersebut merupakan program yang sifatnya pembangunan kapasitas infrastruktur dan pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat. 

"Berita acara dan lampiran daftar usulan program kegiatan untuk wilayah kecamatan ini sudah saya serahkan langsung kepada pihak Balitbangda pada saat pelaksanaan musrembang yang digelar beberapa waktu lalu," sebut Rahajaan. 

Jopie menegaskan, program perencanaan yang direkomendasikan pemerintah kecamatan itu adalah  program-program yang diusulkan dari 10 Ohoi yang berada di wilayah Kecamatan Kei Kecil Barat. Usulan-usualan itu juga sebelumnya telah dimusyawarakan oleh masyarakat dan pemerintah desa masing-masing melalui musrenbang RKPD di tingkat desa. 

"Proses perencanaan pembangunan di wilayah ini dilakukan secara bottom up, yang mana program-program yang kami rekomendasikan itu adalah hasil dari musyawarah Ohoi yang dilaksanakan pada bulan November 2020," kata dia. 

Sementara itu, Camat mengungkapkan bahwa progres usulan program melalui musrenbang sejak tahun 2017 hingga 2020 kemarin, sebagian telah terealisasi. 

Kendati begitu Jopie akui, hampir sebagian besar program pembangunan di ohoi-ohoi dalam wilayah kecamatan KKB yang direkomendasikan tersebut, belum terjawab hingga saat ini. Padahal menurut dia, program-program kebutuhan itu sangat dibutuhkan masyarakat setempat. 

"Kita sadari sungguh bahwa kemampuan keuangan daerah sangatlah terbatas. Namun, disisi lain juga dukungan keberpihakan kebijakan pembangunan belum secara optimal menyasar masyarakat Ohoi di wilayah berjuluk Tuun en Fit'Lair en Tel," tutur Camat KKB. 

Rahajaan berharap, program prioritas yang direkomendasikan dapat menjadi perhatian serius dan tanggung jawab bersama, dalam hal ini dinas-dinas terkait dan Anggota DPRD Maluku Tenggara perwakilan Dapil III. (Ghege)

Potret lima Anggota DPRD Maluku Tenggara, perwakilan Dapil III sementara berdiskusi dan memberikan materi pengayaan dalam kegiatan musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Kei Kecil Barat. FOTO/Dok : Gg

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar