Marrin News

Pemda Malra Komitmen Bangun Pulau Kei Besar "Ada 203 Proyek di Tahun 2021"

Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun memberikan sambutan saat membuka Musrembang campur di Kecamatan Kei Besar Selatan, Selasa (9/2/2021). FOTO/Dok. : Prokopim Malra

Langgur, Marrinnews.com - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara berkomitmen untuk senantiasa membangun Pulau Kei Besar.

"Komitmen untuk membangun Pulau Kei Besar tetap menjadi prioritas kami," kata Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun dalam sambutannya saat membuka Musrembang RKPD di Kecamatan Kei Besar," Selasa (9/2/2021). 

Bupati Hanubun mengungkapkan, dari total 323 proyek prioritas yang dilaksanakan di bumi Larvul Ngabal pada tahun 2021 ini, sebanyak 203 proyek atau 62,85 persen berlokasi di Pulau Kei Besar. Sisanya, 120 proyek atau 37,15 persen di wilayah pulau Kei Kecil.

"Angka ini menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Pada tahun-tahun sebelumnya persentase alokasi selalu lebih besar di Pulau Kei Kecil, kini dapat kita balik sesuai prioritas dan komitmen kita bersama. Kei Besar harus berkembang, Kei Besar harus bangkit," ujar Thaher.

Sementara itu, prioritas pembangunan daerah Kabupaten Maluku Tenggara dalam tahun 2022 mendatang akan difokuskan pada peningkatan kapasitas infrastruktur dan pemulihan sosial ekonomi. 

"Termasuk, ketahanan Kecamatan Kei Besar sebagai pusat pelayanan di wilayah Pulau Kei Besar,"kata Bupati. 

Hanubun mengklaim, fokus tersebut dilakukan untuk menjawab ketahanan daerah dalam menghadapi pandemi COVID-19. 

Bangun Kecamatan Kei Besar Selatan

Bupati Thaher Hanubun mengungkapkan, salah satu wilayah kecamatan yang menjadi sasaran prioritas pembangunan adalah Kecamatan Kei Besar Selatan. 

"Kecamatan Kei Besar Selatan adalah salah satu kecamatan yang perlu mendapat perhatian serius Pemerintah daerah. Pelayanan kesehatan dan pendidikan beserta sarana dan prasarananya, juga ekonomi dan sosial harus ditingkatkan. Demikian halnya dengan infrastruktur," ujar Thaher saat membuka Musrembang RKPD di Kecamatan Kei Besar Selatan," Selasa (9/2/2021). 

Hanubun menegaskan, kapasitas infrastruktur dan konektivitas di wilayah itu perlu ditingkatkan. "Pembangunan atau peningkatan jalan, akses air bersih dan sanitasi, perumahan layak huni dan modal transportasi harus dapat ditangani," kata Thaher. 

Orang nomor satu di bumi Larvul Ngabal ini mengaku, ada beberapa proyek strategis yang akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Kei Besar Selatan dalam tahun 2021 ini. 

Ia merincikan, proyek-proyek tersebut diantaranya, peningkatan jalan hotmix ruas jalan Elat-Weduar, termasuk segmen Tamangil-Weduar. Pembangunan jembatan, talud pengaman pantai dan penahan tanah dibeberapa titik. Rehabilitasi ruang kelas dibeberapa sekolah. 

"Pembangunan rumah swadaya dan rumah dinas Guru. Peningkatan jalan strategis, penyediaan sarana air bersih dibeberapa ohoi dan fasilitas kesehatan serta beberapa paket kegiatan lainnya," beber Thaher. 

Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun memberikan sambutan saat membuka Musrenbangcam di Kecamatan Kei Besar, Selasa (9/2/2021). FOTO/Dok. : Prokopim Malra
Proyek 2021 di Kecamatan Kei Besar

Sama halnya dengan wilayah Kecamatan Kei Besar Selatan, Kecamatan Kei Besar juga menjadi salah satu wilayah yang akan diprioritaskan. 

"Sebagai pusat pelayanan di wilayah Kei Besar, Kecamatan Kei Besar juga perlu mendapat perhatian serius. Permasalahan kapasitas infrastruktur dan konektitivitas masih perlu ditingkatkan," ungkap Bupati Thaher. 

"Begitu pula air bersih dan sanitasi serta penataaan ruang wilayah perkotaan dan kawasan pemukiman kumuh harus ditata agar keluar dari kesan kumuh," jelas dia. 

Bupati Hanubun menyatakan, beberapa proyek strategis akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Kei Besar dalam tahun 2021 ini. 

Proyek-proyek tersebut, sebut Thaher, akan dilaksanakan pembangunan jalan dan jembatan dalam Kota Elat (Wear-Su dan akses masuk kantor klasis. Pemasangan penerangan jalan umum (PJU) di dalam Kota Elat. 

"Rehabilitasi lapangan Ngurmas Yamlim dan renovasi tugu Kota Elat. Pembangunan pasar yang dibiayai pinjaman SMI. Bantuan perumahan swadaya di Ohoi Waur. Pembangunan MCK skala individual di Ngefuit Atas," papar MTH. 

Thaher menambahkan, ada juga proyek pembangunan jalan desa strategis ruas jalan Ohoi Karkarit. Peningkatan jalan hotmix ruas jalan Elat-Werka-Karkarit-Wetuar-Tamangil-Weduar Feer (Segmen Karkarit-Harangur).

Selain itu, pembangunan makam Habib di Ler Ohoilim. Pembangunan jembatan di Ohoiwait dan penyediaan sarana air bersih di beberapa ohoi serta beberapa paket kegiatan lainnya.

Bupati MTH menambahkan, dalam tahun 2021 ini juga akan dilaksanakan pemberian hibah pembangunan tempat ibadah. 

"Di wilayah Kecamatan Kei Besar Selatan ada beberapa desa yang mendapat dana hibah. Begitu juga di wilayah Kecamatan Kei Besar. Untuk itu, saya harapkan peruntukan dana hibah itu dapat dimanfaatkan secara baik, sehingga pembangunan segera dirampungkan," tandas Thaher. (Ghege)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar