Marrin News

Momentum PHBI, Millenial Kei Deklarasikan Bengkel Sastra Nuhu Evav

Pembacaan naskah deklarasi pendirian Bengkel Sastra Nuhu Evav di Pantai Sarnadan, Ohoililir, Kabupaten Maluku Tenggara, Minggu (21/2/2021). FOTO/Dok: Ghege

Langgur (Ohoililir), Marrinnews.com - Sederet peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri pada tanggal 21 Februari. Salah satunya peringatan Hari Bahasa Internasional. 

Bertepatan dengan momentum bersejarah itu, sebuah komunitas baru bergenre pengembangan sastra dideklarasikan di Pantai Sarnadan, Ohoililir, Kabupaten Maluku Tenggara, Minggu (21/2/2021). 

Komunitas baru tersebut bernama Bengkel Sastra Nuhu Evav (BSNE). Naskah Deklarasi dibacakan oleh Nadra Rengifur dan Gerits Kelmaskosu, diikuti seluruh anggota komunitas yang hadir.  

"Bahwa leluhur orang Evav adalah insan-insan yang kami kenal memiliki budi pekerti luhur, yang menghormati Sang Pencipta, menghormati sesama makhluk hidup, dan menghormati Bumi dan segala isinya.

Bahwa leluhur orang Evav telah mengelola bahasa daerah Vave Evav dalam komunikasi sehari-hari dan telah mengekspresikan nilai-niai kehidupan dalam wujud sastra Evav pada seluruh aspek kehidupannya.

Seiring dengan perjalanan sejarah dan perkembangan zaman, kami menyadari perlunya merawat, menjaga, menumbuhkan, mengembangkan, melestarikan, dan memajukan bahasa dan sastra Evav secara berapi-api sebab dari sanalah, Ibunda Evav telah menyediakan bahasa dan sastra sebagai rahim kebudayaan dan hukum adat bagi orang-orang Evav.

Atas dasar itu, sambil memohon rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan doa restu para leluhur Evav di semua woma, kami orang-orang muda yang berkumpul di Pantai Sarnadan Ohoililir, dengan mengusung spirit ain ni ain, fau fo banglu vatu ne foeng fo kut ain mehe, kami menyatakan berhimpun dalam satu wadah kreatif bernama Bengkel Sastra Nuhu Evav demi memuliakan manusia dan kebudayaan Nuhu Evav," demikianlah pernyataan yang disampaikan para deklarator. 

Usai deklarasi, dilakukan pula pengukuhan badan pengurus. Pengukuhan dilakukan oleh dua orang penggagas komunitas yakni Oppa Rudi Fofid (penyair dan jurnalis) dan Argonex (rapper).  

Pengurus BSNE periode 2021-2025, dipimpin Muhammad Fahd Difinubun (ketua), Syukri Gozali Fakaubun (sekretaris), Nadra N. Rengiwur (bendahara).  Pengurus dilengkapi empat wakil ketua yakni Vincensia Maturan (Wakil ketua bidang pendidikan), Ronald Fangohoy (wakil ketua bidang kreativitas), Emus Larmawata (wakil ketua bidang produksi), dan Aisyah Rahayaan (wakil ketua bidang organisasi).  

Setiap bidang terdiri dari sejumlah biro, yang secara kolektif ditujukan untuk mewujudkan visi "memuliakan manusia dan kebudayaan Nuhu Evav". 

Badan pengurus BSNE didampingi lembaga konsultatif bernama Dewan Saniri BSNE, terdiri dari Oppa Rudi Fofid, Argonex, Dr Mariana Lewier, dan Falantino Latupapua SPd MA. Anggota komunitas BSNE yang terdata saat ini sebanyak 76 orang. Jumlah tersebut diperkirakan masih terus bertambah. 

Berikut susunan pengurus lengkap BSNE:

Dewan Saniri BSNE; Oppa Rudi Fofid, Argonex, Dr. Mariana Lewier, Falantino Latupapua, S.Pd, MA. 

Muhammad Fahd Difinubun (Ketua), Vincensia Maturan (Wakil Ketua), Ronald Fangohoy (Wakil Ketua), Emus Larmawata (Wakil ketua, Aisyah Rahayaan (Wakil Ketua). 

Syukri Gozali Fakaubun (Sekertaris), Vivian Elkel Far-Far (Wakil Sekertaris), Nadra N. Rengiwur (Bendahara), Enty Renyaan (Wakil Bendahara). 

Bidang Pendidikan

Biro Pendidikan dan Pengajaran Sastra; Hendrik Imanuel, Berkat Krisye, Biro Pengembangan Bahasa dan Sastra Evav; Gerry Ngamel, Biro Pengembangan Sastra Anak; Gerits Kelmaskossu, Biro Penelitian dan Pengembangan; Jqlin Narah, Petter Letsoin, Biro Pendokumentasian Sastra Evav; Dewa Orion. 

Bidang Kreativitas

Biro Penulisan Karya Puisi; Yayu Ubrusun, Biro Penulisan prosa; Raul, Biro Teater Tradisional; Akib Muhamad Perfek Tatroman, Biro Musikalisasi Puisi; Ricky Savana Tallaut, Fafa Labetubun, Masganz

Bidang Produksi

Biro Penerbitan Karya Sastra; Leven Wear, Biro Produksi visual; Andrey Jacob, Biro Pertunjukan sastra; Matho Fakoubun, Revoo Komarudin. 

Bidang Organisasi

Biro Organisasi dan Keanggotaan; Luis Lefitar, Wajid Nuhuyanan, Hani Nuhuyanan. Biro Kerja Sama dan Pendanaan; Mario Tamnge, Biro Kesekretariatan; Masganz, Biro Komunikasi publik; Axello Vovot Telyoar Refo. (Ghege) 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar