Marrin News

Dinkes Tual Kembali Salurkan Vaksin ke Sejumlah Puskesmas Untuk Penyuntikan Kedua Bagi Nakes

Suasana pendistribusian vaksin ke sejumlah puskesmas di Kota Tual, Rabu (17/02/2021) pagi. Foto: Humas Polres Tual

Tual, Marrinnews.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tual kembali menyalurkan vaksin ke sejumlah Puskesmas di dalam wilayah Kota Tual, Rabu (17/02/2021) pagi, sekitar pukul 08:00 WIT. Distribusi kali ini menyasar pada 3 (tiga) puskesmas yang ada di dalam kota yakni Puskesmas UN, Puskesmas Taar dan Puskesmas Fiditan.

“Distribusi untuk ketiga puskesmas hari ini bertujuan untuk tahap (penyuntikan) bagi nakes (tenaga kesehatan) puskesmas yang sudah selesai disuntik tahap pertama. Jadi distribusi hari ini adalah yang kedua yakni 14 hari sesudah penyuntikan tahap pertama kali lalu (3 Februari 2021),” demikian disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Plt. Kadinkes) Kota Tual, drg. Maxie Tinggogoy.

Berdasarkan data yang dihimpun Marrinnews.com, jumlah vaksin yang didistribusi kali ini adalah sebanyak 81 vial atau dosis. Vaksin tersebut didistribusikan kepada ke-3 puskesmas dengan rincian 24 vial untuk Puskesmas Taar, 25 vial untuk Puskesmas Fiditan, dan 32 vial untuk Puskesmas UN.

Terkait perkembangan proses vaksinasi di Kota Tual, Dokter Maxie menegaskan bahwa pihaknya sedang berproses untuk menuntaskan vaksinasi bagi seluruh nakes di Kota Tual. 

Meski demikian, lanjut dia, terkait eksekusi di lapangan menurutnya akan lebih objektif untuk mengecek langsung datanya di masing-masing puskesmas mengingat penyuntikan vaksinasi tahap kedua bagi nakes baru saja dimulai.

“Yang jelas sekarang ini kita lagi berproses untuk penyelesaian (vaksinasi) bagi tenaga kesehatan!” pungkasnya.

Proses distribusi vaksin menuju 3 puskesmas hari ini mendapat pengawalan ketat dari pihak TNI/Polri. Pengawalan dipimpin oleh Bripka Christian Rumapea, SE dengan bantuan 4 personil TNI/Polri. Keempat personil tersebut yakni Bripda Brian Waas dari Sat Sabhara Polres Tual, Briptu Gidions Yohansz dari Brimop Yon C Pelopor 1, serta Sertu Jermias dan Koptu Bosko dari Kodim 1503/Tual.

Sesuai pantauan, distribusi vaksin Covid-19 pada Puskesmas Taar, Puskesmas Fiditan, dan Puskesmas UN kali ini berjalan dengan aman terkendali serta tidak terdapat hal-hal yang menonjol. (NickR)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar