Marrin News

Wali Kota Tual: Vaksinasi Tidak Mengurangi Kesiapan Kita Untuk Terus Menerapkan 3M

Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge membacakan sambutan Wali Kota Tual Adam Rahayaan sekaligus membuka secara resmi Kick Off Vaksinasi Covid-19 Kota Tual, Sabtu (30/01/2021). Foto: Nick Renleuw
Tual, Marrinnews.com – Wali Kota Tual Adam Rahayaan kembali mengingatkan bahaya penularan virus Covid-19 yang telah menelan puluhan ribu korban jiwa. Ia juga menggarisbawahi bahwa tidak sedikit dana dan tenaga yang telah dikorbankan untuk menanggulangi penyakit ini.

Demikian diungkapkan Wali Kota dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge saat membuka kegiatan Launching Vaksinasi Covid-19 Kota Tual di Rumah Sakit Umum (RSU) Maren, Sabtu (30/01/2021) pagi.

Secara rinci, Rahayaan memaparkan data situasi Covid-19 di Kota Tual per tanggal 27 Januari 2021. Data tersebut menunjukkan bahwa kasus orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tual telah mencapai angka 209 orang dengan 25 di antaranya adalah para nakes.

Dari data yang sama, 172 orang telah dinyatakan sembuh dan 4 orang meninggal dunia. Meski demikian, Wali Kota juga menyampaikan rasa syukurnya karena hingga saat ini tidak ada kasus kematian nakes akibat Covid-19 di Kota Tual. Meski demikian, data tersebut menunjukkan bahwa Kota Tual tidak lepas dari imbas penyebaran Covid-19.

Wali Kota menekankan bahwa Launching Vaksinasi Covid-19 Kota Tual akan menjadi bagian dari seluruh gerakan dalam masyarakat untuk bisa bersama-sama ikut serta dalam proses vaksinasi ini. Ia mengingatkan bahwa pelaksanaan kick off vaksinasi Covid-19 merupakan langkah awal dari serangkaian proses panjang dalam pelaksanaan vaksinasi.

Vaksinasi Covid-19, lanjutnya, bertujuan untuk mengurangi transmisi atau penularan Covid-19 serta menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19. Dengan vaksinasi, diharapkan dapat tercipta Herd Imunity atau sistem kekebalan kelompok sehingga masyarakat dapat terlindungi dari wabah Covid-19 dan tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

“Harus juga kita sampaikan kepada masyarakat adalah bahwa vaksinasi tidak mengurangi kesiapan kita untuk terus menerapkan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” tegasnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau bagi seluruh masyarakat Kota Tual di mana saja dan juga seluruh elemen terkait yang tergabung dalam satuan tugas penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi Kota Tual, kita harus tetap disiplin dan konsisten melakukan 3M.

Ia berharap, dengan proses vaksinasi, kerja keras nakes dan kepatuhan masyarakat menjaga protokoler kesehatan dapat menjadi kolaborasi ampuh untuk menghentikan laju penyebaran pandemi Covid-19, teristimewa untuk wilayah Kota Tual dan sekitarnya.

“Mari kita cegah penyebaran Covid-19 dengan bermasker, mencuci tangan dan menjaga jarak dalam aktivitas kita di luar rumah dalam setiap waktu dan tempat,” pungkasnya. (Nick Renleuw)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar