Marrin News

Empat Tokoh Awali Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Maluku Tenggara

Empat tokoh penerima vaksin COVID-19 perdana di Kabupaten Maluku Tenggara, Jumat (29/1/2021). FOTO/Chemo Labetubun

Langgur, Marrinnews.com - Program Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Maluku Tenggara berlangsung, Jumat (29/1/2021) pagi. Penyuntikan perdana vaksin sinovac dilakukan terhadap empat orang tokoh Pejabat Publik dan masyarakat, bertempat di RSUD Karel Sadsuitubun Langgur. 

Keempat orang yang menerima vaksin perdana itu, yakni Kepala Kejaksaan Negeri Tual Dicky Darmawan, Danramil Kei Kecil Richard J. Sapury dan Kepala Dinas Kominfo Maluku Tenggara, Antonius Walken Raharusun serta unsur Pers yang mewakili masyarakat, Gerardus Ngamel. 

Selain keempat tokoh tersebut, turut pula beberapa petugas kesehatan rumah sakit setempat yang divaksin sesaat kemudian. 

Terpantau Marrinnews.com, sebelumnya untuk pejabat publik yang terdaftar sebagai peserta VVIP, seperti Bupati M. Thaher Hanubun dan beberapa pimpinan Forkopimda lainnya dinyatakan tidak dapat mengikuti vaksinasi setelah melalui tahapan skrining pada meja dua. Hal itu dikarenakan faktor usia dan gangguan kesehatan. 

Sementara itu, setiap penerima vaksin akan menerima dua kali suntikan. Untuk empat orang yang terlibat dalam penyuntikan dosis pertama ini, rencananya akan kembali menerima suntikan dosis ke dua pada 14 hari kemudian. 

"Vaksinasi Covid-19 ini akan diberikan sebanyak 2 dosis pada pemberian dosis pertama, maka akan diulang 14 hari kemudian untuk mendapatkan dosis ke 2. Jika sudah lengkap mendapatkan dosis pertama dan dosis  kedua maka akan diberikan Sertifikat Imunisasi," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Maluku Tenggara, dr. Katrinje Notanubun. 

Notanubun menjelaskan, vaksinasi adalah suatu cara untuk meningkatkan kekebalan seseorang  secara aktif terhadap suatu antigen. Dengan demikian bila terpajan dengan antigen yang sama tubuh sudah mempunyai kekebalan anti bodi sehingga tidak terjadi penyakit.

"Vaksinasi Covid-19 merupakan upaya untuk  mempercepat perhentian Pandemi Covid yang sudah berlangsung kurang lebih 11 bulan yang kasusnya semakin meningkat di Indonesia dan juga di Maluku Tenggara," imbuh dia. 

Ketty menyebutkan, kelompok sasaran penerima vaksinasi Covid-19 terdiri dari kelompok pertama petugas kesehatan yang dimulai dari Januari hingga Maret 2021. Kelompok kedua pelayanan publik dan kelompok ketiga yakni masyarakat usia 18 sampai 59 tahun. Dua kelompok ini akan menerima vaksin pada bulan Maret 2021 hingga April 2022.

Kepala Kejaksaan Negeri Tual, Dicky Darmawan saat disuntik vaksin Covid-19. FOTO/CL
Sementara itu, Kepala Kejari Tual Dicky Darmawan kepada wartawan usai divaksin mengaku, tidak merasakan efek apapun dari vaksin yang disuntikan kepadanya. Lantas ia pun mengajak seluruh warga masyarakat untuk ikut menjadi peserta penerima vaksin Covid-19.

“Ayo semua mari vaksin. Saya yakinkan kepada semua masyarakat bahwa vaksin ini aman dan halal. Lihat saya sudah istirahat selama lima belas menit tetapi tidak ada gejala apa-apa. Mari semua saudara, mari ikut vaksinasi jangan menolak vaksin ini karena ini adalah untuk keselamatan kita. Vaksin ini aman dan halal,” ujar dia. 

Dicky mengatakan, program vaksinasi ini adalah salah satu upaya Pemerintah untuk meminimalisasi wabah virus corona. Dengan vaksin, kekebalan tubuh akan terbenruk dan membendung serangan virus mematikan ini.

"Jangan takut dan ragu. Mari kita semua mendukung program vaksinasi ini,” tutur Dicky. 

Darmawan menegaskan, Covid-19 harus dilawan dengan cara kerjasama semua pihak. Disisi lain, vaksinasi ini diberikan Pemerintah secara gratis.

"Imunisasi ini gratis dan tidak dipungut biaya. Karena itu, saya mengajak semua masyarakat mari kita semua mendukung program vaksinasi ini. Kita di vaksin untuk apa, pastinya untuk keselamatan kita kedepan,” cetus dia. 

Kejari meminta masyarakat agar tidak terprovokasi dengan berita bohong tentang vaksin Covid-19. Ia pun meminta semua berita bohong yang dimunculkan di media sosial dihilangkan.

“Jangan terprovokasi oleh berita-berita bohong karena tujuan program vaksinasi ini sangat jelas demi keselamatan kita semua,” tandas Dicky.

Untuk diketahui, proses vaksinasi perdana di Maluku Tenggara disaksikan langsung boleh Bupati M. Thaher Hanubun dan Kepala Dinas Kesehatan Malra dr. Katrinje Notanubun. (Ghege)

Wartawan Marrinews.com, Gerardus Ngamel saat disuntik vaksin COVID-19. FOTO/CL

Danramil Tual, Richard saat disuntik vaksin Covid-19. FOTO/CL

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Maluku Tenggara, Walken Raharusun saat disuntik vaksin COVID-19. FOTO/CL




Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar