Marrin News

DPRD Tual Minta Tim Gugus Covid-19 Lebih Proaktif



Tual, Marrinnews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tual meminta Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota (Pemkot) Tual untuk lebih proaktif dalam bekerja. Hal ini ditegaskan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar DPRD Tual bersama Dinas Kesehatan dan sejumlah OPD terkait di Ruangan Sidang Utama DPRD Tual, Rabu (27/01/2021).

“Dasar RDP ini karena pertama itu kita berdasarkan SK, bahwa sampai dengan saat ini masih ada tim gugus (penanganan Covid-19). Yang kedua, mencermati perkembangan Covid-19 yang berada di Kota Tual sampai saat ini itu mengalami peningkatan, jadi kondisinya fluktuaktif ada yang naik ada yang turun,” ungkap Ketua DPRD Tual, Hasan S Borut kepada Marrinnews.com usai gelaran RDP.

Borut menjelaskan, terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang cukup signifikan sejak bulan Desember 2020 sampai dengan Januari 2021. Bahkan dalam periode waktu tersebut, lanjutnya, ada 4 orang yang telah meninggal akibat wabah Covid-19.

“Itu yang membuat DPRD selaku wakil rakyat itu kita berniat untuk memanggil Tim Satgas untuk kemudian mengkonfirmasi sebagaimana apa yang telah mereka lakukan terkait dengan pencegahan sampai dengan penanggulangan (Covid-19) saat ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Senator dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengungkapkan, ada 3 sektor padu yang disoroti Parlemen Tual terkait penanganan Covid-19 yakni sektor kesehatan, ekonomi dan sosial. Ia menambahkan, termasuk bahwa Parlemen Tual juga minta pertanggungjawaban penggunaan anggaran.

“Jadi tadi kita sebenarnya minta data, tapi datanya disampaikan secara lisan saja. Tadi oleh Plt. Kepala Badan Keuangan itu telah disampaikan namun sekali lagi itu sifatnya lisan jadi kita akan minta datanya besok dalam RDP lanjutannya besok,” paparnya.

Oleh karena itu, jelas Borut, Parlemen Tual meminta kepada tim gugus tugas untuk lebih proaktif dalam bekerja. Dalam pandangan DPRD, lanjutnya, ada penurunan kinerja dari tim gugus tugas dalam melaksanakan tugasnya di periode akhir tahun 2020 hingga awal 2021, termasuk dalam pelaksanaan tanggung jawab sebagai petugas di lapangan.

“Yang diandalkan dalam pandangan kami (DPRD Tual) itu hanya Dinas Kesehatan dan itu tenaga medis,” tegasnya.

Selain itu, Borut juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menaati protokoler kesehatan dengan melaksanakan 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (Nick)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar