Marrin News

Bupati Maluku Tenggara Akan Disuntik Vaksin Sinovac 27 Januari

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Maluku Tenggara, dr. Katrinje Notanubun saat diwawancarai awak media di pelataran kediaman Bupati Malra, Senin (25/1/2021). FOTO/Dok. Ghege

Langgur, Marrinnews.com - Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun akan menjadi orang pertama di negeri berjuluk Larvul Ngabal yang menerima vaksin Covid-19 pada 27 Januari 2021 nanti. 

Selain Bupati, terdapat juga sembilan Pejabat Publik lainnya di daerah ini yang akan menerima suntikan vaksin Sinovac.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh juru bicara Satuan Tugas Pengamanan COVID-19 Maluku Tenggara, dr. Katrinje Notanubun ketika diwawancarai Wartawan di kediaman  Bupati, Senin (25/1/2021). 

"Jadi sesuai instruksi Pemerintah Provinsi Maluku bahwa kami juga harus melakukan pencanangan awal pemberian vaksin pada tanggal 27 Januari nanti. Untuk itu, dalam proses pencanangan ini akan diikuti oleh 10 Pejabat publik. Yakni, Pa Bupati, Sekda, Ketua DPRD, Pimpinan Forkopimda, dan Kepala Dinas Kesehatan serta Kepala Rumah Sakit," beber dr. Ketty (sapaan akrab Katrinje Notanubun). 

Kepala Dinas Kesehatan Malra ini memastikan, pencanangan awal vaksinasi Covid-19 akan dilangsungkan Rabu (27/1/2021), bertempat di RSUD Karel Saidsitubun Langgur. Pencanangan dimaksud kemudian diikuti dengan penyuntikan vaksin perdana bagi 10 Pejabat Publik sebagaimana disebutkan. 

Sedangkan vaksinasi untuk kelompok tenaga kesehatan akan dilakukan setelah pencanangan perdana. 

"Setelah pencanangan itu baru diikuti dengan seluruh tenaga kesehatan yang ada di 18 Puskesmas dan 2 rumah sakit. Kurang lebih sebanyak 1.200 orang tenaga kesehatan yang menerima suntikan vaksin ini," katanya. 

Menurut Notanubun, sesuai kesepakatan dalam rapat koordinasi Tim Satgas Malra, Senin (25/1), cairan vaksin akan diberikan dengan takaran 2 dosis. 

Ketty menegaskan, dengan adanya pencanangan perdana pemberian vaksin bagi para pimpinan tinggi di daerah ini pada 27 Januari nanti, itu bertanda vaksinasi di Kabupaten Maluku Tenggara telah dimulai. 

"Presiden Jokowi dan Gubernur Maluku sudah divaksin, begitu juga dengan Bupati Maluku Tenggara yang juga akan divaksin. Dengan demikian maka masyarakat juga harus mengikuti vaksinasi," ujarnya

Notanubun menyebut, kelompok sasaran pemberian vaksin adalah orang yang telah berumur 18 sampai 59 tahun. Kendati demikian, dari kelompok umur tersebut ada ketentuan lain yang diperkenankan bagi mereka untuk tidak diikutsertakan dalam vaksinasi. 

"Kita harus capai kurang lebih 70 persen dari kelompok ini.  Namun, tentu saja bahwa dalam kelompok-kelompok itu, ada orang dengan kategori yang tidak memenuhi syarat, seperti ibu hamil dan menyusui serta menderita penyakit khusus lainnya, kami tidak akan berikan vaksinasi," jelasnya. 

Lebih lanjut, Plt. Direktur RSUD Karel Saidsitubun ini mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi di Maluku Tenggara sebelumnya direncanakan baru akan dimulai pada bulan Februari mendatang. 

Kendati begitu, ia katakan bahwa pengadaan vaksin Sinovac untuk Kabupaten Maluku Tenggara akan tiba pada Selasa (26/1/2021) dengan menggunakan pesawat Wings Air. Pesawat yang mengangkut vaksin ini direncanakan berangkat dari Ambon pukul 12.00 WIT. 

"Saat vaksin tiba di bandara Karel Saidsitubun Langgur, akan ada pengawalan dan pengamanan ketat dari pihak Kepolisian. Untuk proses pengamanannya, tadi sudah disampaikan langsung oleh Kapolres Malra dalam rapat koordinasi bersama Pa Bupati," tandas Notanubun. (Ghege)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar